Share yuk !

GAMEFINITY.ID, Jakarta – Panda Global merupakan badan organisasi Esport yang berpusat di Amerika Serikat. Didirikan oleh Alan Bunney dan David Wu pada tahun 2015 dengan tujuan memfasilitasi serta memberikan kesempatan pemainnya berkembang di bidang Esport. Organisasi tersebut pernah mensponsori kompetisi Dragon Ball Fighter Z, Splatoon, Tekken, dan yang terbaru Smash World Tour.

Baru-baru ini Panda Global tengah mengalami permasalahan dengan CEO mereka. Alan Bunney selaku CEO yang dipegangnya sejak awal didirikan pada 2015 harus mengundurkan diri lantaran diduga telah melakukan sabotase dengan mengatakan bahwa Nintendo telah membatalkan  event Smash World Tour.

Penyelenggara mengklaim bahwa dirinya dan Nintendo telah melakukan negosiasi guna mendapatkan lisensi Smash World Tour, namun Nintendo membantah klaim tersebut dikarenakan adanya kejanggalan pada proposal yang diajukan oleh Smash World Tour, Nintendo mengatakan bahwa semua mitra yang bekerjasama dengannya harus mematuhi segala pedoman yang ada.

Alan Bunney Diduga Sabotase Event Smash World Tour Untuk Lindungi Lisensi Panda Cup, Nintendo Beri Klarifikasi

Dilansir dari VGC, akibat tuduhan yang dilayangkan olehnya 10 dari 17 sponsor yang terdaftar pada badan tersebut memutuskan untuk undur diri. Sabotase yang dilakukan oleh Bunney tersebut bertujuan untuk melindungi lisensi dari Panda Cup yang diklaim eksklusif antara Nintendo dengan Panda Global.

Baca juga: Nintendo Resmi Batalkan Smash World Tour 2022 Dan 2023

Nintendo selaku sponsor membantah tuduhan Bunney tersebut, Nintendo mengatakan bahwa lisensi yang dikeluarkannya tidak bersifat eksklusif. Dalam post Panda Global yang diterbitkan di Medium Nintendo menambahkan jika segala lisensi yang dikeluarkannya terbuka dan jelas.

Penyelenggara Smash World Tour juga menduga lisensi tersebut digunakan untuk merebut hak siar Beyond the Summit (BTS) pada beberapa turnamen yang bermitra dengan produser. Bunney diklaim telah memaksa BTS untuk menyiarkan Smash World Tour. Sayangnya BTS menolaknya dan berencana untuk tidak bekerjasama dengan acara yang diketuai Bunney tersebut, hal ini disampaikan oleh influencer LD dalam twitternya.

“Alan Bunney telah melakukan Protection Racket sejak berbulan-bulan lalu dan kamu harusnya malu kalau acara tersebut batal karena gagal mendapatkan lisensi.” Tulisnya.

Manajemen Panda Global Resmi Pecat Alan Bunney Terkait Fitnah Yang Dilakukannya

Merespons komunitas Smash atas tindakan memalukan yang dilakukan oleh Bunney, manajemen Panda Global putuskan untuk memecat Alan Bunney dari kursi CEO dan diikuti dengan pernyataan yang dikeluarkannya di Twitter mereka.

Panda Global final statement
Manajemen Panda Global Resmi Pecat CEO Alan Bunney ( Twitter )

“Menanggapi respons yang diberikan oleh komunitas Smash World, kami secara langsung menindaknya dengan memecat CEO Alan Bunney. Untuk sementara kami bekerjasama dengan penasihat luar untuk membentuk Komite Manajemen Sementara (IMC) untuk menggantikan CEO kami. Demi alasan keamanan kami akan merahasiakan seluruh anggota IMC.

Tujuan pembentukan IMC ini adalah membantu anggota yang telah mengundurkan diri untuk pembebasan kontrak  serta mendukung anggota yang terabaikan dengan mencarikan tempat baik melalui Panda atau organisasi lainnya. Kami meminta semua komunitas untuk memperlakukan korban dengan baik dan tidak sungkan untuk melaporkan jika terindikasi pelecehan atau penyebaran data pribadi korban. “

Dalam pernyataan tersebut manajemen juga menunda event Panda Cup dengan alasan keamanan. Panda Global selaku manajemen juga telah lakukan refund pada seluruh partisipan yang hadir.

Sponsor Putuskan Untuk Undur Diri Dari Organisasi

Melalui cuitan yang dipost di Twitter, beberapa peserta dari Smash World Tour memutuskan untuk mengundurkan diri dari Panda Global. Pemain tersebut diantaranya Plup, WaDi , dan Ibdw. Sementara itu Punk dan Marine juga melakukan hal serupa.

“Saya telah keluar dari Panda. Selama ini saya benar-benar menghabiskannya disana. Dan mereka telah memperlakukan saya dengan begitu baik.” Tulis Plup

Sementara itu, ada lima sponsor lainnya yang juga akan pergi dari Panda Global, Little Z merupakan satu sponsor yang telah putuskan untuk undur diri, “Saya telah keluar dari Panda, dengan senang hati saya telah mengikuti berbagai kesempatan yang diberikannya selama ini, saya juga telah bertemu dengan orang – orang yang berkesan saat itu.”

Update informasi menarik lainnya seputar game hanya di Gamefinity. Gamefinity.id menyediakan jasa pengisian top up dan voucher game dengan cara yang mudah dan pastinya terjangkau.

Share yuk !