Share yuk !

GAMEFINITY.ID, JAKARTA – Free Fire, salah satu game yang banyak dimainkan di Indonesia ini rupanya tidak dipertandingkan di cabang olahraga Esport SEA Games 2023. event olahraga Asia Tenggara tersebut akan dilaksanakan di negara Kamboja pada tanggal 5 s.d 17 Mei mendatang. Muslih WR atau disapa Bang Fayad kemudian buka suara mengenai tidak dimasukkannya game yang sering dibecandakan “Game tanpa pintu” ini.

Begitupun AOV atau Arena of Valor, yang juga tidak diikutsertakan pada cabor Esports yang diselenggarakan untuk yang ketiga kalinya diikuti oleh League of Legends serta FIFA Online 4. Kok ada League of Legends padahal Wildrift dimasukkan? Agar tidak salah paham, League of Legends yang tidak diikutsertakan merupakan versi PC nya sementara itu Wild Rift merupakan versi mobilenya.

Free Fire Dan AOV Tidak Masuk SEA Games 2023

SEA Games 2023 Esport
Federasi Esport Kamboja akhirnya resmi mengumumkan enam game dan sembilan cabang yang akan dipertandingkan di SEA Games 2023 ( EVOS Manay )

Melalui pengumuman yang dibagikan di akun Instagram pro player Free Fire EVOS Manay, federasi Esports Kamboja akhirnya secara resmi mengumumkan bahwa total ada enam game serta Sembilan cabang yang akan dipertandingkan di event SEA Games 2023 yang diantaranya adalah AK2, PUBG Mobile, Mobile Legends: Bang-Bang, Cross Fire, League of Legend: Wildrift, serta Valorant yang akan dilaksanakan baik secara individu maupun tim.

Berikut daftar lengkap cabang Esports yang akan dipertandingkan di SEA Games 2023 bulan Mei mendatang adalah sebagai berikut:

  • AK2 PC: pria dan Wanita, tim dan individu
  • PUBG Mobile: tim dan Individu ( gender tidak disebutkan )
  • Mobile Legends Bang – Bang : pria dan wanita, tim
  • League of Legends: Wild Rift : pria, tim
  • Valorant : pria, tim
  • Cross Fire: pria, tim

Sebagian besar didominasi oleh pemain tim dan hanya dua game yang dipertandingkan secara individu yaitu PUBG Mobile serta AK2. Menariknya cabor Esport ini hanya akan mempertandingkan Mobile dan PC Games saja. Sementara itu game konsol akan ditiadakan pada kali ini.

Baca juga: Garena Kembali Adakan Free Fire Master League, Berhadiah Total 1,2 Milyar

Tanggapan Bang Fayad Tentang Ditiadakannya Game Api Gratis Di SEA Games 2023

Fayad Free Fire
Bang Fayad

Pelatih timnas Free Fire, Bang Fayad akhirnya memberikan klarifikasi mengenai tidak masuknya Free Fire ke SEA Games 2023, Bang Fayad melalui wawancaranya dengan One Esports, ia menjelaskan bahwa ada dua faktor mengapa  Free Fire tidak masuk SEA Games 2023, ia mengatakan bahwa faktor dari Tuan Rumah, yaitu negara Kamboja itu sendiri dan Publisher Free Fire, Garena.

Menurut Fayad, mengenai faktor tuan rumah ia hanya mengikuti apa yang ditentukannya. Ia menganggap mungkin Free Fire di Kamboja kurang begitu mampu memberikan prestasi wajar Free Fire tidak diikutsertakan. Sementara pada faktor Garena, ia tidak mampu memberikan penjelasan secara pasti mengingat ada faktor lainnya yang harus dipertimbangkan. Akan tetapi Bang Fayad tetap optimis jika sang penyelenggara mulai mengubah keputusan yang dibuatnya tersebut.

Share yuk !