Free Fire dan FIFA Gantikan Dota 2 dan Tekken di SEA Games 2021?

Share artikel:

GAMEFINITY.ID, Jakarta – Teka-teki game esports mana saja yang akan diperlombakan di SEA Games Vietnam 2021 akhirnya mulai terkuak. Rumor yang beredar, akan ada 6 judul video game yang akan dipertandingkan. Ada dua game pengganti dari nomor yang sebelumnya dipertandingkan di SEA Games Filipina 2019, yakni Free Fire dan FIFA Online 4 yang menggantikan posisi Dota 2 dan Tekken 7.

Rumor masuknya Free Fire sebagai salah satu nomor Esports yang diperlombakan di ajang dua tahunan itu diembuskan oleh manajer divisi Free Fire Team NXL, Fisal Junior. Pada akun Instagramnya @nxlfisaljunior46, Minggu (29/11) Fisal mencantumkan screen capture dari game yang akan dipertandingkan di SEA Games 2021. Salah satunya adalah Free Fire.

Vietnam sebagai tuan rumah sekaligus komite memang berhak memilih judul game yang akan diperlombakan. Keputusan ini tentu menimbulkan pro dan kontra di antara para penggemar. Salah satunya terkait jumlah pemain dari negara-negara yang memainkan game yang diperlombakan.

Sekadar informasi, FIFA Online 4 adalah game PC yang dipublikasikan oleh Garena di wilayah Asia Tenggara,. Namun di beberapa negara termasuk Indonesia, game tersebut masih belum dirilis dan masih dalam versi FIFA Online 3. Adapun Dota 2 sebenarnya mempunyai jumlah pemain yang cukup banyak di Asia Tenggara. Jika seandainya diganti dengan Free Fire, maka pasti akan menimbulkan reaksi dari para komunitas, meski komunitas Free Fire kini juga menjadi game yang sedang berkembang pesat.

Kabarnya, empat game lain yang akan dipertandingkan ialah Starcraft 2, Hearthstone, Arena of Valor, dan Mobile Legends: Bang Bang. Starcraft 2 sendiri kurang populer di Asia Tenggara, namun di Vietnam mempunyai banyak pemain profesional. Belum ada pernyataan resmi dari komite penyelenggara SEA Games 2021, yang rencananya akan berlangsung di Hanoi, pada 21 November 2021 hingga 2 Desember 2021. Mari kita lihat, apakah akan ada perubahan nomor game yang dipertandingkan lagi yang akan menguntungkan tuan rumah atau tidak.

Esports sendiri menjadi salah satu nomor baru yang dipertandingkan di pesta olahraga se-Asia Tenggara itu. Nomor ini baru mulai dipertandingkan secara resmi pada 2019, setelah sebelumnya sempat menjadi demonstration event di Asian Games Jakarta-Palembang 2018.

MPL ID Season 12

MPL ID Season 12 Hadirkan MPL ID Industry Awards Penghargaan Pertama Industri Esports di Indonesia

Share artikel:

GAMEFINITY, Jakarta – MPL ID Industry Awards, sebuah ajang penghargaan di Industri Esports yang baru ada pertama kali dan dihadirkan oleh Moonton. Ajang itu akan diadakan pada babak playoffs MPL ID Season 12 yang akan diadakan di Mahaka Square.

MPL ID Season 12 telah membawa banyak kejutan yang mendebarkan bagi para penggemar esports. Musim ini disaksikan dengan kehadiran tim-tim baru, pergeseran pemain dari satu tim ke tim lain, dan klasemen yang tak terduga hingga mencapai Week 8 regular season.

Penghargaan prestisius MPL ID Industry Awards ini akan mencakup lima kategori utama, yaitu sebagai berikut:

  1. Penyelenggara turnamen pihak ketiga
  2. Media
  3. Tiktok
  4. Youtube
  5. Brand

Kelima kategori itu adalah bagian yang mendukung ekosistem esports terus berkembang khususnya MPL ID yang sudah memasuki season 12.

Azwin Nugraha, Moonton Games MPL Indonesia PR Lead, menyatakan, “Kesuksesan MLBB esports telah memberikan dampak besar bagi pertumbuhan ekosistem merek, pencipta konten, penyelenggara turnamen, dan media yang telah berkontribusi luar biasa dalam bidang masing-masing. Saatnya bagi kita untuk mengakui dan merayakan pencapaian luar biasa mereka dalam dunia yang kita cintai.”

Bentuk Terima Kasih dan Kolaborasi Mobile Legends

 MPL ID Season 12
RRQ vs AURA Fire MPL ID S12

Dalam kategori Penyelenggara Turnamen Pihak Ketiga, terdapat dua sub-kategori, yaitu “Best Major Third Party Tournament” untuk turnamen pihak ketiga terbaik yang diselenggarakan oleh mitra pada periode Juli 2022-Agustus 2023, dan “Best Community Third Party Tournament” untuk turnamen pihak ketiga yang digelar oleh komunitas lokal dalam periode yang sama.

Baca juga: 

Awards untuk Media dan Content Creator di MPL ID Season 12

Di sektor Media, penghargaan akan diberikan kepada “Jurnalis Terbaik 2023” dan “Best Media Use of Social” untuk media dengan penggunaan media sosial terbaik yang menciptakan konten esports MLBB yang viral dan menarik perhatian sepanjang tahun.

Dalam ranah YouTube, terdapat tiga kategori, yaitu “YouTube Creator of the Year,” “Indonesian Restreamer of the Year,” dan “International Restreamer of the Year.” Sementara itu, di platform TikTok, penghargaan akan diberikan kepada “TikTok Creator of the Year” yang merupakan kreator TikTok paling berpengaruh dalam esports MLBB dengan dampak luar biasa pada komunitas pada tahun 2023.

Baca juga: 

Awards Khusus Bagi Brand dan Team di MPL ID

MPL ID Season 12
Daftar Tim Peserta MPL ID S12

Selain itu, akan ada penghargaan khusus untuk sembilan tim MPL ID, yaitu “MPL ID Team Marketing Campaign of the Year.” Kategori ini akan memberikan penghargaan kepada tim yang secara signifikan berkontribusi dalam pertumbuhan komunitas tim, kesadaran merek, serta minat komunitas dari Juli 2022 hingga Agustus 2023.

Bagi mereka yang terlibat dalam industri esports, baik sebagai pencipta konten, jurnalis, pengguna media sosial, atau terkait dengan kategori-kategori di MPL ID Industry Awards, mereka dapat mengajukan proposal mereka melalui email ke [email protected] hingga tanggal 27 September dengan informasi lebih lanjut yang dapat ditemukan pada artikel MPL ID Industry Awards.