Penikmat eSports Diperkirakan 2 Kali Lipat Penduduk Indonesia Pada 2021

Share artikel:

GAMEFINITY.ID, Jakarta – Pertumbuhan luar biasa ditunjukan oleh industri game melalui eSports. Pertahunnya, eSports menunjukan angka pertumbuhan yang luar biasa terutama dari segi peningkatan penikmat eSports. Tingginya penikmat eSports tersebut tentu saja berkontribusi langsung terhadap pertumbuhan pendapatan para stakeholder yang berkecimpung dalam industri ini.

Brand tentu saja melihat potensi besar ini demi menjangkau target marketnya. Mereka akhirnya berani berinvestasi dalam angka yang cukup besar di industri eSports. Bahkan ada sebuah data yang memprediksi jika eSports akan memiliki jumlah penikmat setara 2 kali lipat penduduk Indonesia.

Data tersebut kami dapatkan dari Newzoo, sebuah perusahaan analisa industri game. Sejak 2016, peningkatan signifikan dari segi penikmat eSports sudah mulai terlihat. Baik dari segment penikmat eSports casual ataupun enthusiast. Antara tahun 2016 ke 2017, ada peningkatan sebesar 19,3% pertahunnya. Di tahun 2017, tercatat ada 192 juta orang penikmat eSports kasual dan 143 juta penikmat eSports kelas enthusiast. Sehingga total penontonnya menjadi 335 juta di tahun 2017.

Pertumbuhan Audience eSports Global Foto IstimewaGamefinityid

Sayangnya, di tahun 2018 tingkat pertumbuhan eSports tahun ke tahun menurun di angka 13,8%. Di tahun tersebut, tercatat ada total penikmat eSports sebesar 380 juta orang baik dari segmen kasual maupun enthusiast.

Nah yang paling menarik, di tahun 2021 Newzoo memperkirakan jika pertumbuhan penikmat eSports akan tumbuh sangat pesat bahkan mencapai 14%. Jumlah penikmat eSports ini diperkirakan akan mencapai total 557 juta orang. Angka tersebut tentu saja sangat fantastis bahkan bisa dibilang sudah setara dengan 2 kali lipat penduduk Indonesia.

Di Indonesia sendiri eSports sudah cukup bertumbuh begitu pesat. Newzoo juga pernah merilis data jika eSports Indonesia per Januari 2019 sudah berkontribusi pendapatan sekitar USD 1.084 juta atau setara dengan Rp. 15 triliun.

MPL ID Season 12

MPL ID Season 12 Hadirkan MPL ID Industry Awards Penghargaan Pertama Industri Esports di Indonesia

Share artikel:

GAMEFINITY, Jakarta – MPL ID Industry Awards, sebuah ajang penghargaan di Industri Esports yang baru ada pertama kali dan dihadirkan oleh Moonton. Ajang itu akan diadakan pada babak playoffs MPL ID Season 12 yang akan diadakan di Mahaka Square.

MPL ID Season 12 telah membawa banyak kejutan yang mendebarkan bagi para penggemar esports. Musim ini disaksikan dengan kehadiran tim-tim baru, pergeseran pemain dari satu tim ke tim lain, dan klasemen yang tak terduga hingga mencapai Week 8 regular season.

Penghargaan prestisius MPL ID Industry Awards ini akan mencakup lima kategori utama, yaitu sebagai berikut:

  1. Penyelenggara turnamen pihak ketiga
  2. Media
  3. Tiktok
  4. Youtube
  5. Brand

Kelima kategori itu adalah bagian yang mendukung ekosistem esports terus berkembang khususnya MPL ID yang sudah memasuki season 12.

Azwin Nugraha, Moonton Games MPL Indonesia PR Lead, menyatakan, “Kesuksesan MLBB esports telah memberikan dampak besar bagi pertumbuhan ekosistem merek, pencipta konten, penyelenggara turnamen, dan media yang telah berkontribusi luar biasa dalam bidang masing-masing. Saatnya bagi kita untuk mengakui dan merayakan pencapaian luar biasa mereka dalam dunia yang kita cintai.”

Bentuk Terima Kasih dan Kolaborasi Mobile Legends

 MPL ID Season 12
RRQ vs AURA Fire MPL ID S12

Dalam kategori Penyelenggara Turnamen Pihak Ketiga, terdapat dua sub-kategori, yaitu “Best Major Third Party Tournament” untuk turnamen pihak ketiga terbaik yang diselenggarakan oleh mitra pada periode Juli 2022-Agustus 2023, dan “Best Community Third Party Tournament” untuk turnamen pihak ketiga yang digelar oleh komunitas lokal dalam periode yang sama.

Baca juga: 

Awards untuk Media dan Content Creator di MPL ID Season 12

Di sektor Media, penghargaan akan diberikan kepada “Jurnalis Terbaik 2023” dan “Best Media Use of Social” untuk media dengan penggunaan media sosial terbaik yang menciptakan konten esports MLBB yang viral dan menarik perhatian sepanjang tahun.

Dalam ranah YouTube, terdapat tiga kategori, yaitu “YouTube Creator of the Year,” “Indonesian Restreamer of the Year,” dan “International Restreamer of the Year.” Sementara itu, di platform TikTok, penghargaan akan diberikan kepada “TikTok Creator of the Year” yang merupakan kreator TikTok paling berpengaruh dalam esports MLBB dengan dampak luar biasa pada komunitas pada tahun 2023.

Baca juga: 

Awards Khusus Bagi Brand dan Team di MPL ID

MPL ID Season 12
Daftar Tim Peserta MPL ID S12

Selain itu, akan ada penghargaan khusus untuk sembilan tim MPL ID, yaitu “MPL ID Team Marketing Campaign of the Year.” Kategori ini akan memberikan penghargaan kepada tim yang secara signifikan berkontribusi dalam pertumbuhan komunitas tim, kesadaran merek, serta minat komunitas dari Juli 2022 hingga Agustus 2023.

Bagi mereka yang terlibat dalam industri esports, baik sebagai pencipta konten, jurnalis, pengguna media sosial, atau terkait dengan kategori-kategori di MPL ID Industry Awards, mereka dapat mengajukan proposal mereka melalui email ke [email protected] hingga tanggal 27 September dengan informasi lebih lanjut yang dapat ditemukan pada artikel MPL ID Industry Awards.