Share yuk !

GAMEFINITYID, Bekasi – Penerbit Atlus menggambarkan proses remastering Persona 3 Portable dan Persona 4 Golden sebagai “sulit” dan “melelahkan” untuk platform modern. Penerbit pertama kali mengumumkan port ini tahun lalu, di mana ia akan menghadirkan seri tersebut ke berbagai platform setelah beberapa permintaan penggemar, terutama untuk konsol seperti Nintendo Switch. Persona 5 Royal memiliki peluncuran multiplatform pada kuartal terakhir tahun 2022, sementara adaptasi Persona 3 Portable dan Persona 4 Golden juga dirilis baru-baru ini.

Untuk menyoroti peluncuran game ini pada sistem baru, majalah Famitsu merilis wawancara dengan produser Atlus Atsushi Nomura dan direktur Tim Persona Daisuke Yajima mengenai adaptasi ini. Nomura bertanggung jawab atas versi Steam dari Persona 4 Golden yang dirilis pada tahun 2020. Yajima adalah direktur dari versi Steam yang disebutkan di atas, sekaligus direktur remaster dari versi yang baru dirilis dan remaster untuk Persona 3-5. Saat ditanya tentang proses remastering Persona 3 Portable dan Persona 4 Golden, mereka menjelaskan masalah yang mereka alami selama pengembangan.

Baca juga: Persona 3 Portable dan Persona 4 Golden Rilis di Konsol Januari 2023

Wawancara Bersama Developer dari Atlus

Atlus P3P P4G

Famitsu bertanya apakah ada lebih dari sekadar porting sederhana yang terlibat dalam remastering Persona 3 Portable dan Persona 4 Golden, karena kedua game tersebut awalnya dirilis di perangkat genggam. Yajima membenarkan hal ini, di mana ada data beresolusi tinggi untuk hal-hal seperti sprite dan ilustrasi 2D, tetapi model 3D memiliki tekstur yang membutuhkan banyak waktu untuk optimalisasi. Nomura juga menggambarkan prosesnya sulit dan melelahkan, karena elemen untuk membuat tekstur ini berfungsi dengan tampilan resolusi tinggi pada awalnya tidak ada.

Atlus telah bermitra dengan Preapp Partners, yaitu tim yang membantu developer saat mem-porting Persona 4 Golden ke Steam. Nomura mencatat bahwa setelah semua pengerjaan ulang untuk membuat data beresolusi tinggi, karakter dan latar belakang terlihat jauh lebih baik daripada aslinya, membuat tim terkesan. Yajima mencatat bahwa meskipun dengan peningkatan resolusi, masih ada koreksi yang dilakukan untuk aspek seperti tampilan dan area untuk mendukung 60 FPS baru dari game tersebut, karena game aslinya dibuat dalam 30 FPS.

Terlepas dari itu, kedua produser berharap penggemar menikmati remaster. Yajima berharap para penggemar menikmati rute protagonis wanita di Persona 3 Portable, mengingat beberapa penggemar mungkin mengenalnya tetapi belum pernah bermain seperti dia sebelumnya.

Update informasi menarik seputar anime, game, lifestyle serta teknologi hanya di Gamefinity. Gamefinity.id juga menyediakan jasa pengisian top up dan voucher game dengan cara yang mudah dan juga terjangkau.

Share yuk !