Director Larian Studios Buka Suara Terkait PHK Industri Game

Ucy Sugiarti, 16 April 2024

Director Larian Studios Buka Suara Terkait PHK Industri GameGame
Banner Ads

GAMEFINITY.ID, Jakarta – Belakangan ini, banyaknya informasi mengenai pemutusan hubungan kerja (PHK) di industri game. Banyak perusahaan yang telah mengambil keputusan ini karena berbagai faktor internal mereka.

Director Publishing Larian Studios, Michael Douse, mengungkapkan rasa muaknya terhadap kasus PHK di industri game. Mengapa demikian?

Baca juga:

Begini Tanggapan Michael Douse pada Perusaaan yang Lakukan PHK!

Larian Studios
Michael Douse (Sumber: Bandai Namco Entertainment)

Michael Douse memberikan tanggapan mengenai kasus lonjakan PHK yang terjadi belakangan ini. Ia menegaskan tidak ada risiko kebangkrutan bagi perusahaan-perusahaan tersebut.

“PHK adalah sebuah kekacauan yang tidak bisa dihindari. Tidak satu pun dari perusahaan-perusahaan ini yang berisiko bangkrut dan mereka hanya takut mengambil resiko mengecewakan para pemegang saham,” ucap Douse.

Menurutnya, PHK bukanlah kejadian kebetulan, melainkan sesuatu yang telah direncanakan oleh perusahaan sejak awal dan hanya menunggu persetujuan dari pemegang saham.

Ketika industri game mengikuti tren seperti ini dan mendapatkan izin untuk melakukan PHK menjadi lebih mudah daripada sebelumnya.

Dengan begitu, Michael Douse menegaskan rasa muaknya terhadap proses semacam itu dan ia percaya bahwa PHK seharusnya tidak boleh terjadi begitu saja.

Ketika Banyak PHK, Larian Studios Buka Lowongan Pekerjaan

Pada Februari lalu, Larian Studios menyediakan lowongan pekerjaan bagi developer game yang terkena dampak layoff.

Dalam postingannya di akun X, Michael Douse, memberikan informasi untuk para developer yang terkena PHK dapat mengajukan diri untuk bergabung dengan tim pengembang Baldur’s Gate 3.

Douse pun menyarankan para developer untuk mengajukan lamaran tanpa harus terpaku pada bidang pekerjaannya secara spesifik dengan tujuannya untuk meningkatkan peluang diterimanya.

Kemudian, dalam situasi yang tidak stabil di industri game ini membuat Douse menyadari bahwa ia tidak memiliki kendali atas apakah dan kapan Larian dapat meluncurkan ke publik.

Akan tetapi, ia yakin bahwa sebagia kesuksesan Baldur’s Gate 3 adalah karena studio tersebut tidak terikat pada keinginan pada pemegang saham.

“Untuk membuat game yang ingin kami buat, go public mungkin memberikan kami lebih banyak uang. Tapi itu akan bertentangan dengan kualitas dari apa yang kami coba lakukan,” kata Douse.

“Jadi, itu tidak akan membuat permainan kami lebih baik. Itu hanya akan membuat kami terburu-buru.” pungkasnya.

Nantikan informasi lainnya hanya di akun resmi GAMEFINITY di Facebook, Instagram dan TikTok untuk mendapatkan informasi terupdate.

GAMEFINITY.ID menyediakan jasa pengisian top up dan voucher game dengan cara yang mudah dan pastinya terjangkau.

author avatar
Ucy Sugiarti
If you have any question, please ask me anything ya!
Share Artikel:
Banner Ads

Post Terkait: