Dukung Developer Game Lokal, Kemkominfo Kembali Adakan IDGX

Share artikel:

GAMEFINITY.ID, Singkawang – Kementrian Komunikasi dan Informasi (Kemkominfo) Republik Indonesia menggelar sebuah event untuk para developer game di Indonesia.

Event yang digelar oleh Kemkominfo bersama Asosiasi Game Indonesia (AGI) bernama Indonesia Game Developer Exchange (IGDX) ini bertujuan untuk mendorong industri game di Indonesia.

Kami akan bekerja sama dengan ekosistem supaya game Indonesia tumbuh,” ujar Direktur Jenderal Aplikasi Informatika, Kominfo, Semuel Abrijani Pangerapan pada pers-nya beberapa waktu lalu.

IDGX pertama kali dilakukan pada tahun 2019 lalu, namun karena masalah pandemi IDGX tidak diselenggarakan pada tahun 2020.

Acara IDGX dikenal sebagai ajang pertemuan dan pelatihan oleh para mentor-mentor berpengalaman dibidang industri game yang berasal dari dalam maupun luar negeri.

Pada acara kali ini, Kemkominfo merencanakan IDGX 2021 diadakan pada tanggal 2 Agustus 2021 mendatang. Nantinya akan ada tiga program yang mengisi acara IDGX, yaitu IGDX Academy, IGDX Business dan IGDX Conference.

Sesuai namanya, IDGX Academy berisi tentang pelatihan dari para mentor yang berpengalaman di industri game sejak lama.

Cipto Adiguno selaku Presiden Asosiasi Game Indonesia menegaskan bahwa pelatihan ini akan dilakukan secara intensif bagi para pemula maupun tingkat menengah dengan tujuan kemampuan mereka akan berkembang dan dapat bersaing dengan game internasional.

Kemkominfo mencatat peserta acara IDGX 2019 lalu didominasi profesional (66,1 persen), lalu disusul mahasiswa sebanyak 16,1 persen. Mereka berharap IDGX tahun ini akan berjalan lancar dengan peserta lebih banyak dari IDGX sebelumnya dan dapat membawa perubahan bagi industri game di Indonesia.

Artikel lainnya:

Hero Mobile Legends yang mirip artis

7 Hero Mobile Legends Mirip Artis, Ada Kekeyi dan Pak Tarno!

Share artikel:

GAMEFINITY.ID, Jakarta – Hero-hero Mobile Legends mempunyai desain yang menarik dan memorable. Beberapa hero Mobile Legends terlihat mirip dengan orang terkenal bahkan artis Indonesia. Namun, kamu jangan sembarangan menyamakan hero Mobile Legends dengan artis ya! Terutama hero-hero yang memiliki desain seram dan aneh seperti Balmond dan Cyclops.

Berikut adalah daftar artis yang memiliki kesamaan dalam branding atau gaya dengan desain hero dalam Mobile Legends!

Hero Mobile Legends yang Mirip dengan Artis

1. Iko Uwais Mirip Chou

Hero Chou Mobile Legends mirip Iko Uwais
Iko Uwais Perankan Chou di Event Winter Gala 2020 Mobile Legends Foto Games Grid dan Hobi Game

Pada sebuah acara Mobile Legends, Iko Uwais berperan sebagai Chou. Iko Uwais dan Chou memiliki kesamaan dalam citra sebagai petarung atau fighter. Chou merupakan seorang hero yang mengandalkan pukulan dan tendangan, tanpa menggunakan kekuatan sihir atau senjata. Hal ini sejalan dengan Iko Uwais yang terkenal sebagai aktor laga dengan sejumlah film bertema silat yang menjadi karyanya.

2. Jessica Iskandar Mirip Layla

Jessica Iskandar Layla Mobile Legends
Jessica Iskandar Mirip Layla Mobile Legends Foto FacebookMobile Legends Bang Bang dan Fandom

Jessica Iskandar menjadi pengisi suara untuk hero Layla dalam versi Bahasa Indonesia Mobile Legends. Oleh karena itu, suara yang kita dengar saat bermain tutorial Mobile Legends adalah suara dari artis Jessica Iskandar. Namun, kesamaan antara Jessica Iskandar (Jedar) dan Layla tidak hanya terbatas pada suara saja. Jedar juga memiliki rambut pirang yang sangat mirip dengan Layla! Jedar sendiri merasa bahwa dirinya mirip dengan Layla karena keduanya memiliki sifat lucu dan keren.

Baca juga:

3. Chelsea Islan Mirip Pharsa Mobile Legends

Chelsea Islan Pharsa
Chelsea Islan mirip Pharsa Mobile Legends Foto Kapanlagi dan Hobi Game

Chelsea Islan memerankan superhero bernama Tira dalam film Jagat Sinema Bumi Langit. Ketika berubah menjadi Tira, Chelsea Islan menggunakan topeng yang menutup matanya. Penampilan Chelsea Islan sebagai Tira memiliki kesamaan dengan karakter Pharsa, yang juga mengenakan penutup mata. Selain itu, baik Tira maupun Pharsa memakai kostum yang serba gelap dan menciptakan kesan seram. Menariknya, Chelsea Islan tidak hanya bisa menjadi Tira, tetapi juga dapat menjadi versi dunia nyata dari Pharsa yang cantik dan mempesona dengan aura mistisnya.

4. Ziva Magnolya Seperti Lylia

Ziva Magnolya mirip Lylia
Ziva Magnolya mirip Lylia Foto YoutubeIndonesian Idol 2023 dan Hobi Game

Saat mengikuti audisi Indonesian Idol, Ziva Magnolya tampil dengan gaya rambut hair bun yang menjadi ikonik baginya. Menariknya, gaya rambut Ziva tersebut memiliki kesamaan dengan rambut karakter Lylia. Selain kesamaan dalam gaya rambut, Ziva dan Lylia juga memancarkan kesan imut dan ceria yang serupa. Itulah mengapa banyak yang melihat kemiripan antara Ziva dan Lylia, sang hero mage di Mobile Legends.

Baca juga:

5. Inara Rusli – Luo Yi Mobile Legends

Inara Rusli Mirip dengan Luo Yi Mobile Legends
Inara Rusli Mirip dengan Luo Yi Mobile Legends Foto Fimela dan Hobi Game

Inara Rusli adalah seorang mantan anggota girlband Bexxa, sering tampil dengan cadarnya. Keindahan Inara Rusli yang tersembunyi di balik cadar ini menarik perhatian netizen. Bahkan, netizen menyebut Inara Rusli memiliki kemiripan dengan hero Mobile Legends, yaitu Luo Yi, yang juga mengenakan cadar dan memiliki gaya estetika Budaya Ketimuran.

6. Harley Mirip Pesulap Pak Tarno

Harley Mobile Legends mirip Pak Tarno
Harley Mobile Legends selalu dimirip miripkan dengan Pak Tarno Foto detikhot dan hobi game

Pak Tarno, seorang pesulap dengan genre traditional magic, memiliki kesamaan dengan hero mage dari Land of Dawn dalam Mobile Legends, yaitu Harley. Baik Pak Tarno maupun Harley merupakan pesulap yang dikenal dengan ciri khas topi panjang. Karena kesamaan tersebut, ketika Harley muncul di lane, sering kali dipanggil dengan sebutan “Pak Tarno” oleh pemain Mobile Legends yang mengenali kemiripan tersebut.

Baca juga:

7. Nana Mobile Legends dan Kekeyi

Nana Mobile Legends Kekeyi
Rahmawati Kekeyi cosplay sebagai Nana Mobile Legends Foto YoutubeRahmawati Kekeyi putri cantikka dan Fandom

Perjalanan Kekeyi dalam mengenal Nana dalam Mobile Legends memiliki cerita yang menarik. Awalnya, Kekeyi tidak familiar dengan permainan Mobile Legends. Dia bahkan sempat mengungkapkan,

“Aku aja nggak bisa nyetir mobil, kok disuruh main mobil legend? Yang ada mobil legendnya nabrak-nabrak kalau aku mainin!”

Namun, seiring berjalannya waktu, Kekeyi justru terlibat dalam kegiatan cosplay sebagai hero Nana dan tampil di Pasar Malam Kertosono. Dengan mengenakan kostum yang mirip dengan Nana, Kekeyi terlihat ceria dan bersemangat.

Itulah daftar hero Mobile Legends yang mirip dengan artis atau influencer. Menurut kamu, siapa lagi hero Mobile Legends yang mirip dengan artis?

Demikian pembahasan 7 Hero Mobile Legends yang Mirip Artis, Ada Kekeyi! Ikuti informasi menarik lainnya seputar game, anime, esports, pop culture, serta teknologi hanya di Gamefinity. Gamefinity.id menyediakan jasa pengisian top up dan voucher game dengan cara yang mudah dan pastinya terjangkau.