Share yuk !

GAMEFINITY.ID, Jakarta – Melalui sesi tanya jawab My Nintendo, terhitung mulai tanggal 27 Maret 2023 Nintendo resmi menutup segala pelayanan baik pra maupun purnajual untuk platform 3DS dan WII U, selain itu pengguna juga tidak dapat lagi mengunduh konten secara gratis termasuk semua game demo. Alasan dibalik penutupan layanan tersebut adalah fokus Nintendo terhadap perangkat Switch dan kedua perangkat tersebut sudah jarang bahkan tidak pernah  lagi digunakan. Tutupnya eShop ini juga berimbas pada layanan purnajual diluar sana diantaranya Nintendo Badge Arcade, Streetpass Mii Plaza, dan Theme Shop.

Penutupan Nintendo eShop 3DS Dan Wii U Dilakukan Tahap Demi Tahap

eShop 3DS dan Wii U
Perangkat 3DS dan Wii U

Nintendo selaku pemilik Franchise 3DS dan Wii U mengatakan bahwa penutupan ini berlangsung secara bertahap sebagaimana yang dijabarkan pada sesi Tanya jawab adalah sebagai berikut

  • Per 23 Mei 2022, Pengguna sudah tidak lagi dapat menggunakan kartu kredit untuk menambah metode pembayaran pada akun Nintendo eShop baik perangkat 3DS maupun Wii U
  • Per 29 Agustus 2022, Pengguna tidak dapat lagi menggunakan kartu khusus Nintendo eShop untuk menambah metode bayar pada akun di Nintendo eShop baik platform 3DS maupun Wii U. Namun kamu masih dapat menukarkan kode voucher sampai dengan 27 Maret mendatang.

Pengguna yang telah menghubungkan akun Nintendo Network (dompet elektronik untuk melakukan transaksi pada perangkat 3DS dan Wii U) dengan Nintendo Account (untuk transaksi pada perangkat switch) sampai dengan tanggal penutupan masih dapat membeli beberapa game. Setelah itu pengguna hanya bisa bertransaksi melalui dompet elektronik Nintendo Account saja.

Baca juga: Review OH! My Office, Kelola Perusahaan Yang Baik Dan Benar

Namun kalian tidak perlu khawatir, setelah eShop tersebut pensiun pengguna masih dapat mengunduh ulang game dan konten tersebut, menerima pembaruan software, dan menikmati permainan online di Wii U dan 3DS. Dan kami mengucapkan Terimakasih atas dukungan kalian terhadap 3DS dan Wii U Nintendo eShop selama ini. Kita berharap jika kalian masih tetap melanjutkan platform ini, dan kami telah menyiapkan sebuah situs dimana kalian dapat bernostalgia kembali pencapaian yang pernah diraih melalui statistika bermain kalian dengan meng-klik di sini. Nintendo lantas menutup pernyataan tersebut.

Sedih karena tidak bisa lagi mengunduh game di 3DS ataupun Wii U ya? Kembalikan semangatmu dengan mengikuti berbagai berita teraktual kami.

Kalian dapat menikmati kabar games terbaru, guide, tips dan trik serta review games kesayangan di Gamefinity. Nikmati juga kemudahan dalam melakukan top up dan voucher games dengan harga yang murah di Gamefinity.id.

Share yuk !