Fitur Baru dan Harga Football Manager 2021 di PC, Android, dan iOS

Share artikel:

GAMEFINITY.ID, Jakarta – Sega resmi merilis game olahraga terbaru, Football Manager 2021. Game simulasi manajer sepak bola ini tersedia untuk platform PC (Steam), Android, dan iOS. Sama seperti serial sebelumnya, di FM21 pemain akan berperan sebagai pelatih yang ditugaskan untuk mengelola tim profesional. Terdapat lebih dari 2.500 klub dari 50 negara yang dapat dipilih dan dikelola oleh pemain.

Ada beberapa fitur baru yang dapat dinikmati di FM21. Salah satu pembaruannya adalah menu tampilan (user interface) yang memungkinkan pemain untuk langsung memilih taktik secara cepat. Pada menu ini, pengguna dapat memilih beragam macam taktik yang tersedia mulai dari tiki-taka, gegenpress, dan masih banyak lagi. Pemain juga akan mendapati rangkaian tabel yang memuat penjelasan taktik secara detail.

Football Manager 2021 juga kedatangan fitur Gestures baru, yakni fitur yang menampilkan ekspresi dan gerakan yang mewakili emosi pemain. Adapun fitur gestur tubuh ini memiliki beberapa gerakan, salah satunya adalah gerakan menendang botol ketika pemain sedang marah.

Fitur Expected Goal (xG) juga menjadi yang pertama hadir pada Football Manager 2021. Sesuai dengan namanya, fitur ini mampu memprediksi sinergi tim dan melakukan kalkulasi tingkat keberhasilan tim yang dibuat pemain. Bukan cuma dari sisi gameplay, Football Manager 2021 juga mengalami peningkatan dari sektor grafis, yang kini terlihat lebih realistis dibanding versi sebelumnya.

Sementara untuk harga, Football Manager 2021 dijual dalam dua harga yang berbeda. Untuk versi PC (Windows dan Mac), game ini dijual di platform Steam dengan banderol harga Rp490.000. Sementara pada Google Play Store (Android) dan App Store (iOS), Football Manager 2021 bisa diunduh dengan membayar harga Rp150.000.

MPL ID Season 12

MPL ID Season 12 Hadirkan MPL ID Industry Awards Penghargaan Pertama Industri Esports di Indonesia

Share artikel:

GAMEFINITY, Jakarta – MPL ID Industry Awards, sebuah ajang penghargaan di Industri Esports yang baru ada pertama kali dan dihadirkan oleh Moonton. Ajang itu akan diadakan pada babak playoffs MPL ID Season 12 yang akan diadakan di Mahaka Square.

MPL ID Season 12 telah membawa banyak kejutan yang mendebarkan bagi para penggemar esports. Musim ini disaksikan dengan kehadiran tim-tim baru, pergeseran pemain dari satu tim ke tim lain, dan klasemen yang tak terduga hingga mencapai Week 8 regular season.

Penghargaan prestisius MPL ID Industry Awards ini akan mencakup lima kategori utama, yaitu sebagai berikut:

  1. Penyelenggara turnamen pihak ketiga
  2. Media
  3. Tiktok
  4. Youtube
  5. Brand

Kelima kategori itu adalah bagian yang mendukung ekosistem esports terus berkembang khususnya MPL ID yang sudah memasuki season 12.

Azwin Nugraha, Moonton Games MPL Indonesia PR Lead, menyatakan, “Kesuksesan MLBB esports telah memberikan dampak besar bagi pertumbuhan ekosistem merek, pencipta konten, penyelenggara turnamen, dan media yang telah berkontribusi luar biasa dalam bidang masing-masing. Saatnya bagi kita untuk mengakui dan merayakan pencapaian luar biasa mereka dalam dunia yang kita cintai.”

Bentuk Terima Kasih dan Kolaborasi Mobile Legends

 MPL ID Season 12
RRQ vs AURA Fire MPL ID S12

Dalam kategori Penyelenggara Turnamen Pihak Ketiga, terdapat dua sub-kategori, yaitu “Best Major Third Party Tournament” untuk turnamen pihak ketiga terbaik yang diselenggarakan oleh mitra pada periode Juli 2022-Agustus 2023, dan “Best Community Third Party Tournament” untuk turnamen pihak ketiga yang digelar oleh komunitas lokal dalam periode yang sama.

Baca juga: 

Awards untuk Media dan Content Creator di MPL ID Season 12

Di sektor Media, penghargaan akan diberikan kepada “Jurnalis Terbaik 2023” dan “Best Media Use of Social” untuk media dengan penggunaan media sosial terbaik yang menciptakan konten esports MLBB yang viral dan menarik perhatian sepanjang tahun.

Dalam ranah YouTube, terdapat tiga kategori, yaitu “YouTube Creator of the Year,” “Indonesian Restreamer of the Year,” dan “International Restreamer of the Year.” Sementara itu, di platform TikTok, penghargaan akan diberikan kepada “TikTok Creator of the Year” yang merupakan kreator TikTok paling berpengaruh dalam esports MLBB dengan dampak luar biasa pada komunitas pada tahun 2023.

Baca juga: 

Awards Khusus Bagi Brand dan Team di MPL ID

MPL ID Season 12
Daftar Tim Peserta MPL ID S12

Selain itu, akan ada penghargaan khusus untuk sembilan tim MPL ID, yaitu “MPL ID Team Marketing Campaign of the Year.” Kategori ini akan memberikan penghargaan kepada tim yang secara signifikan berkontribusi dalam pertumbuhan komunitas tim, kesadaran merek, serta minat komunitas dari Juli 2022 hingga Agustus 2023.

Bagi mereka yang terlibat dalam industri esports, baik sebagai pencipta konten, jurnalis, pengguna media sosial, atau terkait dengan kategori-kategori di MPL ID Industry Awards, mereka dapat mengajukan proposal mereka melalui email ke [email protected] hingga tanggal 27 September dengan informasi lebih lanjut yang dapat ditemukan pada artikel MPL ID Industry Awards.