Share yuk !

GAMEFINITY.ID, PATI – Menurut laporan Kommersant, beberapa perusahaan teknologi besar Rusia, termasuk sosial media terbesar Rusia VKontakte, baru-baru ini membujuk pemerintah Rusia untuk mengalokasikan miliaran rubel untuk mendanai proyek “National Game Engine” Rusia.

game engine
Image Source: kommersant.ru

Game Engine Nasional Milik Rusia

game engine
Unreal Engine 5 | Source: Unreal Engine

Saat ini beberapa perusahaan raksasa teknologi di Rusia sedang berdiskusi dengan Kementerian Pengembangan Digital untuk mendanai pembuatan game engine seperti Unity dan Unreal Engine, sebagai bentuk antisipasi apabila kedua game engine tersebut menghentikan layanannya di Rusia akibat invasi ke Ukraina.

Pemerintah Rusia telah menyetujui proyek pembuatan game engine ini sejak pertama kali diajukan pada akhir Mei. Mereka juga berpendapat bahwa proyek ini termasuk proyek yang “penting dan mendesak”.

Perusahaan-perusahaan besar seperti VKontakte telah menawarkan miliaran rubel demi mendukung pembuatan game engine nasional ini. Rostelecom sebagai perusahaan service provider terbesar di Rusia juga ikut mendukung proyek ini. Fakta bahwa proyek ini mendapat dukungan dari VKontakte dan Rostelecom menunjukkan bahwa langkah ini sudah mendapat dukungan besar – besaran yang bahkan lebih tinggi dari dukungan pemerintah itu sendiri.

Baca Juga: Game Tomb Raider Baru Akan Gunakan Unreal Engine 5

Masalah Yang Harus Dihadapi

game engine
War Thunder, salah satu game dari Studio Rusia Gaijin Entertainment | Source: Gaijin Entertainment

Tetapi meski telah mendapat dukungan besar, gagasan ini masih harus menghadapi rintangan yang ditimbulkan oleh isolasi Rusia yang semakin ketat di mata internasional. Pasalnya mengembangkan game engine yang benar – benar baru dari awal bukanlah tugas yang mudah. Belum lagi perusahaan seperti AMD dan juga Nvidia juga telah menghentikan penjualan mereka di Rusia. Menambah tantangan bagi Rusia dalam mengembangkan game engine mereka.

Masalah lainnya terdapat pada game engine itu sendiri. Game engine seperti Unity dan Unreal sangat populer karena mereka telah didukung oleh kumpulan aset, tool, dan keahlian yang sangat besar yang tidak bisa didapatkan dengan mudah begitu saja, bahkan dengan uang yang sangat besar sekalipun. Game engine nasional milik Rusia akan kekurangan dukungan eksternal selama bertahun-tahun yang sudah dimiliki kedua game engine populer tadi.

Sulit untuk membayangkan apakah proyek ini akan menghasilkan game engine yang benar-benar dapat bersaing dengan Unity dan Unreal. Tetapi jika ingin industri game Rusia tetap hidup di tengah isolasi internasional ini, mau tidak mau mereka harus mengambil langkah besar ini.

Bagaimana menurut kalian? Apakah Rusia akan berhasil dengan game engine mereka ini?

Jika kalian ingin tahu lebih banyak berita seputar game, kalian bisa mengunjungi Gamefinity. Buat kalian yang mau gacha atau top up game kesayangan kalian bisa langsung klik Gamefinity.id

Share yuk !