Share yuk !

GAMEFINITY.ID, Yogyakarta – Resident Evil adalah sebuah franchise game bergenre horror-shooter yang pertama kali rilis tahun 1996. Capcom selaku developer dari game ini telah merilis total 26 judul game Resident Evil. 26 Judul ini terdiri dari 10 seri utama dan sisanya cerita tambahan atau spin-off.

Sampai saat ini, banyak yang masih mengira kalau seri Resident Evil merupakan game bertema zombie. Bahkan tidak banyak orang yang berpendapat bahwa Resident Evil 7 dan 8 telah keluar jalur dari konsep awal Resident Evil.

Argumen tersebut tentu saja adalah sebuah kesalahan besar. Meskipun Resident Evil klasik awalnya memang menggunakan tema zombie, inti dari konfliknya bukanlah zombie apocalypse. Jika kalian mendalami cerita dari setiap seri Resident Evil, kalian akan paham bahwa seri ini adalah tentang pengembangan dan pembuatan senjata biologis untuk perang. Zombie atau wujud dari eksperimen T-Virus hanyalah salah satu dari sekian banyak senjata biologis di seri Resident Evil.

Kali ini, kami akan merangkum dan mengenalkan beberapa seri utama di Resident Evil agar para fans baru maupun fans lama bisa lebih paham dan tertarik dengan seri ini. Rangkuman ini tidak akan memberikan spoiler jalan cerita Resident Evil dan hanya menjelaskan latarbelakang, plot, serta beberapa bio-weapon yang muncul di serinya saja.

Resident Evil 0

Resident Evil
RE 0

Meskipun seri pertama yang dirilis oleh Capcom adalah Resident Evil 1, tapi secara cerita Resident Evil 0 lah yang mempunyai plot paling awal di game ini. Cerita dimulai dengan banyaknya kasus orang hilang dan penampakan misterius di pegunungan Arklay yang berada dekat dengan Racoon City. Kepolisian Racoon City kemudian mengirimkan spesial force mereka yang bernama S.T.A.R.S untuk menyelidiki sebuah mansion terbengkalai yang berada di pegunungan Arklay tersebut.

S.T.A.R.S sendiri adalah singkatan dari Special Tactics And Rescue Service yang terdiri dari tim Alpha dan tim Bravo. Anggota dari S.T.A.R.S ini kebanyakan akan menjadi karakter yang berperan penting di game-game RE selanjutnya.

Dalam game ini, kita akan berperan sebagai Rebecca Cambers yang tergabung dalam tim Bravo. Tim Bravo sendiri telah dikirimkan untuk menginvestigasi mansion terbengkalai tersebut terlebih dahulu. Namun, helikopter yang membawa tim ini mengalami kerusakan mesin dan jatuh, menyisakan Rebecca seorang saja yang selamat.

Resident Evil
RE 0 gameplay

Rebecca kemudian menyelidiki sebuah kereta yang berada di area tersebut dan bertemu dengan seorang tahanan bernama Billy Coen. Mereka berdua kemudian bersama-sama menyelidiki kereta tersebut dan menemukan fakta mengenai virus yang bisa mengubah orang menjadi zombie, yaitu T-Virus.

Game ini akan memberikan cerita tentang asal usul pembuatan T-Virus yang berasal dari eksperimen seorang ilmuwan bernama Oswell. E Spencer. Oswell. E. Spencer sendiri juga merupakan salah satu pendiri dari Umbrella Corporation, sebuah organisasi pengembang bio-weapon yang berada di Racoon City.

Resident Evil

Resident Evil
RE

Resident Evil merupakan seri pertama dari franchise ini yang pertama kali rilis pada 22 Maret 1996. Game ini juga mempunyai remake yang dirilis pada 2002 dengan perbaikan beberapa menanik dan visualnya, serta tambahan area dan monster baru bernama Lisa Trevor.

Dalam game ini, kita akan berperan sebagai tim Alpha S.T.A.R.S yang terdiri dari beberapa karakter penting di seri RE seperti Chris Redfield, Jill Valentine, Barry Burton, dan juga Albert Wesker. Tim Alpha mempunyai tugas yang sama dengan tim Bravo, yaitu menyelidiki mansion yang berada di pegunungan Arklay. Tim ini juga mempunyai tugas lain untuk mencari keberadaan tim Bravo yang hilang dari radar sebelumnya.

Dalam ini, kita bisa memilih 2 karakter berbeda untuk dipakai, yaitu Chris Redfield dan Jill Valentine. Masing-masing karakter mempunyai perbedaan cerita tersendiri dan juga kelebihannya masing-masing. Jill mempunyai sebuah lockpick yang bisa digunakan untuk membuka pintu-pintu tertentu di mansion tersebut tanpa perlu mencari kuncinya. Sedangkan Chris mempunyai inventory yang lebih besar, yaitu 8.

Resident Evil
RE Remake gameplay

Dalam game ini, kita akan menemukan wujud sempurna dari T-Virus yang disebut dengan Tyrant. Selain itu, kita juga bisa melihat wujud dari beberapa Bio Organic Weapon (BOW). BOW sendiri adalah sebuah monster yang dibuat dengan menyuntikkan virus kepada makhluk selain manusia, seperti hewan dan tumbuhan.

Jika menggunakan Chris Redfield, kita juga akan menemukan Rebecca Chambers di mansion ini. Belakangan juga diketahui jika mansion tersebut dimiliki oleh Spencer sebagai tempat untuk eksperimen T-Virus buatannya.

Resident Evil 2

Resident Evil
RE 2

Dalam Resident Evil 2, kita akan diperkenalkan dengan 2 karakter baru yang akan turut berperan penting di seri-seri RE selanjutnya. Dua karakter tersebut adalah Leon S. Kennedy dan juga Claire Redfield. Leon merupakan seorang polisi baru yang ditugaskan di Racoon City. Sedangkan Claire merupakan adik dari Chris Redfield yang ada di seri RE 1. Claire datang ke Racoon City untuk mencari keberadaan kakaknya yang menghilang.

Mereka berdua tidak sengaja bertemu saat baru saja datang ke kota Racoon City. Tanpa mereka tahu, kota Racoon City telah berubah menjadi kota yang dibenuhi dengan outbreak zombie. Hal tersebut terjadi karena kesalahn umbrella yang menyebabkan kebocoran T-Virus ke publik dan menyebabkan seisi kota berubah menjadi zombie.

Resident Evil 2 juga memperkenalkan virus baru bernama G-Virus. G-Virus merupakan virus yang dikembangkan oleh seorang ilmuwan umbrella bernama William Birkin, yang akan menjadi musuh utama di seri ini. William Birkin dikhianati oleh partnernya sendiri dan berakhir dengan menyuntikkan G-Virus ke tubuhnya sendiri.

Resident Evil
RE 2 gameplay

G-Virus merupakan virus yang mempunyai tingkat regenerasi dan mutasi yang jauh lebih unggul daripada T-Virus. Jika seseorang terinveksi dengan virus ini, maka orang tersebut akan mendapatkan regenerasi yang tinggi. Namun, hal tersebut juga menyebabkan mutasi yang akan mengubah orang tersebut secara perlahan menjadi monster.

Baca Juga: Review Resident Evil 2 Remake, Bukan Sekedar Nostalgia

Terdapat sebuah BOW yang sangat ikonik di Resident Evil 2 yang bernama Mr-X. Mr-X merupakan Tyrant dengan seri T-00. T-00 adalah sebuah Tyrant yang dibuat berdasarkan Tyrant yang berada di Resident Evil 1, namun dengan beberapa pengembangan. Tyrant jenis ini bisa dikendalikan oleh sistem komputer dan mampu menjalankan tugas tertentu yang telah diberikan.

Resident Evil 3

Resident Evil
RE 3

Resident Evil 3 mempunyai latar dan waktu yang sama dengan Resident Evil 2. Namun, di game ini kita akan berperan sebagai Jill Valentine yang juga berusaha untuk menyelamatkan diri dari Racoon City. Sebenarnya, tidak ada pengembangkan cerita yang signifikan dalam game Resident Evil 3. Kita hanya diberikan cerita tentang perjalanan Jill Valentine dalam melarikan diri dari Racoon City.

Namun, terdapat sebuah BOW yang sangat ikonik di game ini, bahkan menjadi BOW yang paling populer di seri RE. BOW tersebut adalah Nemesis yang mempunyai wujud besar, menyeramkan, dan membawa sebuah rocket launcher. Nemesis merupakan Tyrant T-103 biasa yang disuntikkan sebuah parasit buatan bernama NE-a atau nemesis alpha. Dalam Resident Evil 3 Remake, parasit nemesis alpha sendiri dijelaskan berasal dari pengembangan parasit plaga yang muncul di Resident Evil 4.

Resident Evil 3
RE 3 gameplay

Kita juga akan diperlihatkan Jill yang telah terinveksi T-Virus, namun berhasil disembuhkan dengan bantuan vaksin. Hal tersebut membuat Jill Valentine mempunyai fisik yang jauh lebih unggul dari manusia biasa dan juga kebal terhadap virus.

Resident Evil – Code: Veronica

Resident Evil
RE code veronica

Resident Evil Code: Veronica bisa dibilang merupakan seri yang kurang populer dibandingkan seri-seri sebelumnya. Game ini sebenarnya lebih layak untuk disebut Resident Evil 3 daripada RE 3 yang ada sekarang, karena ceritanya yang berhubungan langsung dengan RE 2.

Dalam game ini, kita akan kembali berperan sebagai Claire Redfield yang mencari kakaknya di fasilitas Umbrella corps di Paris. Latar waktu dari game ini sendiri adalah 3 bulan setelah insiden di Resident Evil 2 dan 3. Claire yang berada di fasilitas itu berakhir dengan ditangkap oleh tentara umbrella dan dijebloskan ke penjara yang berada di Rockfort Island.

Kita akan diperkenalkan dengan karakter baru bernama Alfred Asford. Seorang anak dari Asford family yang merupakan salah satu petinggi dari Umbrella. Alfred ini akan menjadi antagonis utama di seri ini pada awal sampai babak pertengahan.

Resident Evil
RE code veronica gameplay

Kita juga akan diperkenalkan dengan virus baru bernama T-Veronica. Virus ini merupakan pengembangan dari T-Virus murni. Virus ini mempunyai pengembangan yang lebih lambat jika dibandingkan dengan T-Virus. Sama seperti pendahulunya, virus ini juga akan menyebabkan penggunanya mengalami ketidakstabilan mental dan berakhir menjadi mayat hidup.

Itulah perkenalan tentang beberapa seri dari Resident Evil. Bagian ini hanya terfokus pada seri klasik RE saja yang masih berhubungan dengan Umbrella Corps. Untuk Resident Evil 4 keatas, cerita akan lebih di ekspansi lagi setelah bangkrutnya Umbrella Corporation.

Suka dengan artikel ini? Jangan lupa untuk membaca artikel menarik lainnya hanya di Gamefinity. Tetap menjadi gamer yang sultan dengan top up mudah dan murah di gamefinity.id

Share yuk !