Share yuk !

GAMEFINITY.ID, Jakarta – Minecraft adalah salah satu game video terpopuler di dunia yang dikembangkan oleh studionya, Mojang. Game sandbox ini dibuat oleh Markus “Notch” Persson dan menjadi game terlaris sepanjang masa, dengan lebih dari 738 juta pengguna pada tahun 2021, menjadikannya game keempat yang paling banyak dimainkan.

Bagaimana jika bangunan Landmark Dunia dibangun di dalam game Minecraft? Tentu akan menghabiskan waktu berminggu-minggu (jika tanpa mod) untuk membuatnya. Berikut adalah bangunan Landmark Dunia yang dibuat di game Minecraft.

Baca juga: Beberapa Shader Menawan yang Ringan di Minecraft PE

1. Komplek Piramida di Padang Pasir

Baru-baru ini, kanal YouTube Minecraft BuildBros merilis video pendek yang menunjukkan proses pembangunan kompleks piramida besar di padang pasir. Video tersebut juga diunggah ke Reddit, dan terbukti sangat populer di kalangan penggemar Minecraft di platform tersebut, terutama karena menampilkan konstruksi piramida yang sangat indah.

BuildBros membuat piramidanya menggunakan mod Dokucraft Light Minecraft, yang memberikan tekstur yang lebih realistis ke dalam game. Piramida itu dikelilingi oleh tembok yang tinggi dan parit dekoratif serta memiliki pola kisi-kisi di bagian luar. Bagian dalam gua piramida diterangi dengan lentera dan menampilkan Portal Nether yang tinggi dengan banyak Portal kecil yang tersebar di jalan menuju ke sana.

Video itu dibuka dengan pratinjau struktur yang telah selesai, diikuti dengan selang waktu pembersihan dan penataan lokasi. Bukit yang ditinggikan sebagian digunakan sebagai salah satu sudut dinding luar, yang merupakan bagian pertama yang dibangun dan menampilkan air terjun dekoratif yang mengalir ke parit yang dangkal. Setelah dinding selesai dibangun, BuildBros meletakkan fondasi piramida dan mulai membangun bagian luar. Sementara piramida dunia nyata umumnya hanya terdiri dari beberapa ruangan kecil di dalamnya. Di Minecraft, YouTuber dapat membuat struktur yang berongga.

Setelah menutup piramida dan menambahkan pola kisi-kisi dekoratif, mereka mulai membangun dan mengisi parit lain di sekitar piramida dan menghiasinya dengan ubin dan taman teratai. Kemudian, mereka menyelesaikan bagian luar dengan pintu masuk tertutup dan jalan setapak yang mengarah ke dermaga kayu kecil di sungai. Para pemain Minecraft juga mengelilingi area tersebut dengan beberapa pohon, kaktus, dan tanaman lainnya. Langkah terakhir adalah mengisi interior, dimulai dengan alas besar di sekitar Portal utama. Kemudian, mereka membangun ruang belakang besar di sekelilingnya. Ruangan itu menutupi sebagian besar lubang di dalam interior, meski ruangan tersebut masih besar dan megah.

Baca juga: Mod Pack Menarik yang Hadir untuk Emulator PPSSPP

2. Candi Borobudur Minecraft

Berawal saat seorang kreator asal Indonesia, Baww, bertanya di kanal YouTube nya tentang apa yang harus Ia buat selanjutnya di Minecraft. Pengguna DikaCraft MC menjawab “Aku tau harus buat apa, bikin candi bang!.” Sempat merasa pesimis karena itu adalah hal gila yang bisa dibuat di Minecraft Survival. Baww meng-grinding block sebanyak lebih dari 200 ribu blok. Proyek ini menghabiskan waktu lebih dari 100 jam untuk dibangun. Pembangunan ini dibagi menjadi 3 tahap. Dimulai dengan membuat outline candi, lalu membangun candi, dan sentuhan detail akhir agar lebih realistis.

Untuk membuat outlinenya, Ia sudah grinding concrete hitam dan kuning dari Dupper Farm nya yang mampu menghasilkan 36 ribu blok per jamnya. Kemudian ia harus meledakkan beberapa bukit agar outline dasarnya bisa dibangun.

Setelah outlinenya sudah jadi, Ia mengisi outlinenya dengan batu selama 39 jam. Baww membutuhkan lebih dari 150 ribu Cobble Stone. Dengan kejeniusannya, Dia membuat mesin Cobble Stone Generator 120000. Sesuai dengan namanya, mesin ini bisa menghasilkan 120 ribu Cobble Stone per jam. Selain menggunakan Cobble Stone, ia juga menggunakan Stone Bricks, Deep Slate Bricks, Mossy Stone Bricks, dan Cracked Stone Bricks.

Untuk tahap detailingnya dimulai dengan membuat tangga candi. Kemudian membuat dinding yang miring agar tidak kaku dan lebih realistis. Setelah itu masuk ke bagian paling rumit, yaitu pada bagian tembok ukiran. Tak luput juga 72 Stupa kecil pada 3 bagian teratas candi dan 1 Stupa paling besar yang berada di pucuk candi. Saking detailnya, Ia membuat arca Patung Buddha di dalam Stupa dengan Armor Stand.

Minecraft kini tersedia untuk Seluler, PC, PS4, PS5, Switch, Xbox One, Xbox Series X/S, dan platform lawas. Update informasi menarik lainnya seputar anime, game, pop culture serta teknologi hanya di Gamefinity. Gamefinity.id menyediakan jasa pengisian top up dan voucher game dengan cara yang mudah dan pastinya terjangkau.

Share yuk !