Perselisihan Riot Games dan Moonton Capai Kesepakatan

Maytiska Omar, 3 April 2024

Perselisihan Riot Games dan Moonton Capai KesepakatanGame
Banner Ads

GAMEFINITY.ID, Jakarta – Moonton dan Riot Games mencapai kesepakatan akan perselisihan mereka mengenai Intellectual Property (IP) pada Selasa, (2/4). Riot Games sebelumnya telah membawa Moonton ke ranah hukum sebanyak dua kali.

Melalui Press Release, Riot Games secara resmi memutuskan untuk menarik tuntutan hukum terhadap Moonton terkait kekayaan intelektual. Mereka juga telah menandatangi perjanjian kesepakatana baru-baru ini.

Riot Games merupakan pengembang Game asal Amerika yang membuat League of Legends yang telah ada sejak 2009. Dalam versi Mobile-nya, ada League of Legends: Wild Rift dengan genre Multiplayer Online Battle Arena (MOBA). Sementara itu, Moonton merilis Mobile Legends: Bang Bang dengan genre yang sama.

Perseteruan Lama yang Terjadi di Antara Dua Developer Game

Riot Games dan Moonton
Mobile Legends Bang Bang dan League of Legends adalah Game yang dipermasalahkan oleh Riot Games dan Moonton Sumber Gamefinity

Perselisihan diantara keduanya dimulai sejak 2017. Riot pertama kali membawa Moonton ke pengadilan karena tuduhan replikasi elemen In-Game dalam Mobile Legends. Namun, kasus tersebut ditolak karena seharusnya kasus ini berada di bawah yuridiksi pengadilian Tiongkok.

Tidak berhenti sampai sana, di tahun 2022, Riot Games kembali menuntut Developer MLBB tersebut di 2022. Kali ini, tuntutannya adalah pelanggaran hak cipta intelektual dan lebih mengarah kepada plagiarisme untuk beberapa elemen yang ada di Mobile Legends.

Namun, lagi-lagi pengadilan Amerika Serikat menolak gugatan tersebut dengan alasan yang sama. Hal ini dikarekan walaupun Riot Game berbasis di Los Angeles, mereka dimiliki oleh perusahaan Tiongkok yaitu Tencent.

Pada tahun 2017, gugatan dari Developer VALORANT tersebut sempat membuat Mobile Legends lenyap dari toko aplikasi. Tidak membutuhkan waktu lama, mereka kembali lagi dengan nama yang berbeda yaitu “Mobile Legends: Bang Bang.”

Akhirnya pada 2024, kedua perusahaan Video Game Online mencapai kesepatakan global untuk berdamai. Segala tuntutan yang dilayangkan kepada Moonton dicabut setelah melalui beberapa komunikasi.

Riot Games maupun Moonton sekarang dapat berfokus untuk mengembangkan Game mereka masing-masing.

Ikuti akun resmi GAMEFINITY di FacebookInstagram dan TikTok untuk mendapatkan informasi terupdate.

GAMEFINITY.ID menyediakan jasa pengisian top up dan voucher game dengan cara yang mudah dan pastinya terjangkau.

author avatar
Maytiska Omar
Share Artikel:
Banner Ads

Post Terkait: