Penerbit Six Days in Fallujah Akui Gamenya Tidak Dapat Dipisahkan dari Politik

Thomas Rizal, 9 Maret 2021

Penerbit Six Days in Fallujah Akui Gamenya Tidak Dapat Dipisahkan dari PolitikGame
Banner Ads

GAMEFINITY.ID, Jakarta – Penerbit Six Days in Fallujah, Victure telah merilis pernyataan yang mengubah pendiriannya tentang game shooter yang akan datang. Game ini sendiri didasarkan pada pertempuran nyata dari Perang Irak.

Akan dirilis akhir tahun ini, game PC dan konsol yang telah lama dikembangkan ini menceritakan kisah Pertempuran Fallujah Kedua (2004), dari perspektif pasukan Amerika yang memerangi pemberontak Irak, serta anggota penduduk sipil kota.

Gameplay shooter militer orang pertama akan menjadi 90 persen dari aksi, dengan 10 persen lainnya berputar di sekitar alur cerita paralel di mana pemain mengambil peran sebagai seorang ayah di Irak yang tidak bersenjata dan mencoba mengeluarkan keluarganya dari kota. Pemain tidak pernah mengambil peran sebagai “pemberontak”.

Terlepas dari kenyataan bahwa cerita permainan diceritakan hampir seluruhnya dari perspektif prajurit AS, CEO Victure Peter Tamte mengatakan dalam wawancara GamesIndustry.biz bahwa Six Days in Fallujah adalah “game yang bukan pernyataan politik”.

Namun dalam pernyataan pada hari Senin (8/3/2021), Victure mengakui bahwa peristiwa Six Days di Fallujah “tidak dapat dipisahkan dari politik”. Victure juga menyebut bahwa gamenya berusaha menceritakan kisah dari berbagai sudut pandang.

“Kami memahami peristiwa yang diciptakan kembali dalam Six Days in Fallujah tidak dapat dipisahkan dari politik,” katanya.

“Kisah-kisah dalam Six Days in Fallujah diceritakan melalui gameplay dan cuplikan dokumenter yang menampilkan anggota militer dan warga sipil dengan pengalaman dan opini yang beragam tentang Perang Irak. Sejauh ini, 26 warga sipil Irak dan puluhan anggota militer telah berbagi momen tersulit dalam hidup mereka dengan kami, sehingga kami dapat membagikannya dengan Anda, dalam kata-kata mereka.”

Tamte sebelumnya mengklaim bahwa lebih dari 100 marinir, tentara, dan warga sipil Irak yang hadir selama Pertempuran Fallujah Kedua telah berbagi kisah pribadi, foto, dan rekaman video mereka dengan tim pengembangan judul tersebut.

“Selama bermain game, pemain akan berpartisipasi dalam cerita yang diberi konteks melalui segmen dokumenter. Setiap misi menantang pemain untuk menyelesaikan skenario militer dan sipil nyata dari pertempuran secara interaktif, menawarkan perspektif perang perkotaan yang tidak mungkin dilakukan melalui media lain.

“Kami yakin kisah pengorbanan generasi ini pantas diceritakan oleh Marinir, Prajurit, dan warga sipil yang ada di sana. Kami percaya Anda akan menemukan permainan – seperti acara yang dibuat ulang – menjadi kompleks,” ,” lanjut Victure.

Six Days in Fallujah awalnya dijadwalkan untuk diterbitkan oleh Konami lebih dari satu dekade yang lalu, tetapi penerbit menarik diri pada tahun 2009 karena sifat kontroversial dari permainan tersebut. Game ini mengundang kritik dari beberapa pihak termasuk veteran militer dan kelompok anti-perang.

author avatar
Thomas Rizal
Update terus isu-isu terkini di GAMEFINITY.ID!
Share Artikel:
Banner Ads

Post Terkait: