Share yuk !

GAMEFINITY.ID, Bandung – Costume Quest 2 merupakan game RPG buatan Double Fine Productions dan dipublikasi oleh Majesco Entertainment. Game ini pertama kali rilis pdaa 7 Oktober 2014 di PC, Mac OS, dan Linux.

Sinopsis Costume Quest 2, Petualangan untuk Selamatkan Halloween

Game ini merupakan sekuel dari Costume Quest, lebih tepatnya mengambil latar waktu setelah expansion Grubbins on Ice. Si kembar Wren dan Reynold kini mendapati Halloween dalam bahaya. Terlebih, mereka menyaksikan Dr. Orel White, seorang dokter gigi, tengah berbicara dengan Time Wizard dan melakukan penjelajahan waktu.

Keduanya bertemu dengan Everett dan Lucy, teman mereka, versi masa depan. Begitu mereka ikut ke masa depan, dunia kini berubah menjadi sebuah distopia di bawah kuasa Dr. White. Saat itu, perayaan Halloween sudah dilarang, begitu pula dengan trick or treat untuk mendapat permen dan mengenakan kostum.

Wren dan Reynold kini harus menjelajahi waktu demi menyelamatkan Halloween dan mengalahkan Dr. White.

Gameplay Costume Quest 2 (5/10)

Costume Quest 2 sendiri merupakan turn-based RPG yang dapat diselesaikan kurang lebih 7-9 jam. Awalnya, pemain akan memilih di antara Wren dan Reynold sebagai sosok pemimpin. Pemain juga dapat mengakses masa lalu dan masa depan. Masa lalu merupakan waktu sebelum pendirian kampung halaman mereka, sementara masa depan berupa dunia distopia dental.

Gameplay Costume Quest 2 ini kebanyakan berfokus pada eksplorasi, terutama menyelesaikan misi, baik itu trick or treat demi melakukan delivery untuk mendapat misi berikutnya. Pemain juga akan berhadapan dengan monster raksasa sebagai versi gigantic dari si kembar berdasarkan kostum yang mereka gunakan.

Costume Quest 2 combat system
Battle system di Costume Quest dapat dikatakan sangat menyebalkan

Sistem combat di game ini menggunakan turn based. Satu per satu karakter yang dikendalikan pemain akan bergiliran menyerang atau menggunakan kartu creepy treats sebagai power up. Karakter pemain juga harus bertahan dari serangan monster menggunakan menggunakan block atau counter.

Namun, sistem combat di Costume Quest 2 seperti ini sangat menjengkelkan. Saat menyerang, pemain harus menekan tombol sesuai dengan karakter tersebut dengan timing tepat demi damage maksimal, begitu pula dengan block demi meminimalkan damage dari monster.

Saat melakukan counter, pemain harus menekan tombol terus saat monster sedang menyerang. Ini menjadi sangat mengganggu karena pada dasarnya tidak ada isyarat target serangan monster hingga saat itu terjadi.

Terlebih lagi, instruksi beberapa misi cenderung tidak jelas sampai harus berkeliling demi mencari tahu. Ini menjadi momen yang menyebalkan saat bermain game ini.

Control (6/10)

Kontrol di Costume Quest 2 terdapat pergerakan navigasi dan juga untuk membuka semacam jurnal sebagai daftar misi, pemilihan kartu creepy treats, dan peta. Setidaknya ini menjadi standar dalam kontrol. Hal yang kurang hanyalah sering sekali lupa memencet tombol apa untuk mengecek jurnal hingga berakhir memencet tombol esc yang justru merupakan tombol pause.

Graphics (7/10)

Costume Quest 2 visual
Visual di Costume Quest relatif kurang terpoles

Grafik di game ini mengandalkan cel-shaded dan bergaya kartun 3D. Namun, grafik ini hanya standar dan terlihat kurang terpoles, apalagi setiap karakternya. Setidaknya, penggambaran latar tempat sudah cukup bagus, begitu pula dengan objeknya.

Music (6/10)

Saking menyebalkannya selama bermain Costume Quest 2, musiknya menjadi cukup terlupakan. Saat battle saja, musik yang disajikan cukup repetitif hingga mudah bosan.

Addictive (5/10)

Berdasarkan yang sudah disebutkan sebelumnya, game ini menjadi sangat menjengkelkan, terutama dari segi sistem combat-nya. Terlebih lagi setiap side quest sangat tidak bervariasi, membuat Costume Quest 2 lebih cepat membuat bosan. Setidaknya, game ini memiliki misi utama yang cukup menyenangkan hingga ingin cepat menyelesaikannya. Meski begitu, kurangnya instruksi mendetail pada beberapa misi membuat sangat frustrasi.

Baca juga: Epistory Typing Chronicles, Andalkan Ketikan sebagai Combat

Verdict untuk Costume Quest 2

Costume Quest 2 memang memiliki visual kartun yang cocok untuk pemain game kalangan muda. Tema Halloween juga berpotensi mengundang pemain berusia anak-anak. Akan tetapi, gameplay-nya yang menyebalkan justru membuat game RPG ini menjadi titik rendahnya. Belum lagi side quest yang cukup repetitive hingga ingin cepat segera menamatkannya.

Untuk Costume Quest 2, total score yang dapat penulis berikan adalah 5,8.

Costume Quest 2 tersedia di PC, Mac OS, Linux, PlayStation 3, PlayStation 4, Xbox 360, Xbox One, dan Wii U.

Share yuk !