Share yuk !

Segmen content creator merupakan industri yang sedang tumbuh sangat pesat. Pasalnya, dengan koneksi internet yang sudah semakin cepat dan terjangkau, serta kebutuhan atas konsumsi media sosial yang semakin tinggi, hampir semua orang membuat konten untuk media sosialnya.

Tidak hanya dan menjadi content creator seasonal atau hobbyist, banyak juga di antara mereka yang “keterusan” ingin menjadi content creator serius dan mengais rejeki dari dunia tersebut. Untuk itulah laptop performa tinggi untuk content creation semakin dibutuhkan.

Sebagai produsen utama laptop di Indonesia, ASUS tentu tak tinggal diam. Melihat besarnya potensi di segmen tersebut, mereka menghadirkan seri kreator baru yakni Vivobook Pro 15 OLED (M6500) yang dilengkapi dengan AMD Ryzen dan Nvidia RTX Studio.

Laptop mutakhir satu ini sudah diperkuat oleh prosesor AMD Ryzen™ H-Series yang menawarkan performa tinggi layaknya prosesor laptop gaming. Ia hadir dengan spesifikasi kelas atas yang mewakili kebutuhan segmen yang dituju. Meski demikian, ia tetap terjangkau bagi para kreator dari berbagai industri kreatif.

Sebut saja, prosesor AMD Ryzen™ 5000-Series Mobile Processors dengan 16GB DDR4 RAM konfigurasi dual channel, grafis studio-grade berbasis NVIDIA® GeForce RTX™ 3050 graphics dan storage kencang berbasis PCIe NVMe berkapasitas 512GB.

Sebagai gambaran, laptop dengan performa tinggi dan layar 2.8K OLED dengan NanoEdge serta tingkat kecerahan hingga 600 nits, layar refresh rate hingga 120Hz dan response time 0,2 milisecond merupakan display yang sempurna untuk berbagai aktivitas kreatif.

Tak hanya itu, layar yang digunakan juga sudah PANTONE® Validated untuk rendering warna standar industri, mendukung sertifikasi VESA DisplayHDR™ True Black 600 untuk kontras yang tinggi dan hitam yang pekat, serta color gamut luas 100% DCI-P3 kelas sinema.

Performa Tinggi untuk Membuat Konten

Vivobook Pro 15 OLED (M6500) memungkinkan pengguna melakukan berbagai macam hal dengan lebih cepat dengan dukungan komponen performa tinggi yang ada di dalamnya. Cocok untuk mereka yang baru saja memulai perjalanan di dunia kreatif.

Agar performa tetap terjaga, teknologi thermal ASUS IceCool Plus yang mendinginkan komponen hadir dengan heat pipe dual fan terbaru. Kedua heat pipe dengan ketebalan 8 dan 6 milimeter tersebut sanggup secara efisien mempercepat transfer panas.

Untuk konsumen mainstream yang mencari performa saat bepergian dan di mana saja, Prosesor Mobile AMD Ryzen 5000 U-Series menawarkan perpaduan antara performa dan efisiensi daya yang cukup optimal yang memberikan daya tahan baterai yang luar biasa untuk laptop tipis dan ringan.

AMD Ryzen™ 5 5600H Mobile Processor yang baru menawarkan performa single-threaded hingga 16% lebih baik dan performa multi-thread hingga 14% lebih cepat dibandingkan generasi sebelumnya dan daya tahan baterai hingga 17,5 jam.

Banyak kelebihan yang dibawa oleh prosesor mobile AMD Ryzen 5000 Series. Ini tentu kabar baik bagi para gamer, kreator, maupun kalangan profesional, karena akan mendapatkan prosesor yang lebih powerful. 

Dengan pendinginan yang sudah ditingkatkan dibanding Vivobook generasi sebelumnya, kini CPU dan GPU bisa berjalan lebih nyaman dengan kombinasi daya hingga 85 watt dalam mode Performance tanpa mengalami throttling.

Untuk aplikasi kreatif, tenaga grafis yang tersedia juga sangat memadai. GPU studio-grade berbasis NVIDIA GeForce RTX 3050 yang terpasang sudah menggunakan teknologi arsitektur NVIDIA Ampere yang sanggup menyediakan pengalaman visual terbaik.

Baik digunakan untuk tugas-tugas 3D entry level, video resolusi tinggi hingga live streaming, Vivobook Pro 15 OLED (M6500) dapat memaksimalkan kreativitas pengguna berkat fitur-fitur mutakhir milik GPU. Mulai dari ray-tracing, AI acceleration dan juga memori GDDR6 yang kencang. Dari sisi software, driver NVIDIA Studio yang terinstal juga akan memaksimalkan performa dan stabilitas grafis.

Berikut ini spesifikasi salah satu model ASUS Vivobook Pro 15 OLED (M6500) yang beredar di pasaran Indonesia:

Main Spec. Vivobook Pro 15 OLED (M6500)
CPU AMD Ryzen™ 5 5600H Mobile Processor (6-core/12-thread, up to 4.2GHz)
Operating System Windows 11 Home
Memory Dual channel 16GB DDR4-3200
Storage 512GB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 SSD
Display 15.6-inch, 2.8K (2880 x 1620) OLED 16:9 aspect ratio, 120Hz refresh rate, 600nits HDR peak brightness, 100% DCI-P3 color gamut, 1,000,000:1, VESA CERTIFIED Display HDR True Black 600, 1.07 billion colors, PANTONE Validated, Glossy display, 70% less harmful blue light, Screen-to-body ratio: 84%
Graphics AMD Radeon™ Graphics, NVIDIA® GeForce® RTX™ 3050 Laptop GPU, 4GB GDDR6

AMD Radeon™ Graphics, NVIDIA® GeForce® RTX™ 3050 Ti Laptop GPU, 4GB GDDR6

Input/Output 1x USB 3.2 Gen 1 Type-A, 1x USB 3.2 Gen 2 Type-C, 2x USB 2.0 Type-A, 1x HDMI 1.4, 1x 3.5mm Combo Audio Jack, 1x MicroSD card reader
Connectivity Wi-Fi 6 (802.11ax) (Dual band) 2*2 + Bluetooth 5
Camera 1080p FHD 30fps camera with privacy shutter
Audio Smart Amp Technology, Built-in speaker, Built-in microphone, harman/kardon certified audio systems
Battery 70WHrs, 3S1P, 3-cell Li-ion
Dimension  35.98 x 23.43 x 1.89 ~ 1.99 cm
Weight 1.8Kg
Colors Quiet Blue
Price Rp15.299.000 (Ryzen™ 5 5600H + GeForce® RTX™ 3050)
Warranty 2 tahun garansi global 

 

Sebagai gambaran, berikut ini hasil performa pengujian ASUS Vivobook Pro 15 OLED (M6500) dengan spesifikasi di atas:

Layar Sempurna untuk Visual 

Pengguna ASUS Vivobook Pro 15 OLED (M6500) bisa menikmati dunia visual dengan layar terbaik. Layar super terang 600 nits dengan bezel tipis yang digunakan memiliki cakupan color gamut yang sangat luas mencapai 100% DCI-PR untuk menyajikan warna-warna yang sangat tajam.

Buat yang butuh akurasi warna, layar ini juga sudah mendapatkan sertifikasi PANTONE® Validated dengan nilai kalibrasi Delta-E  di bawah dua untuk memastikan akurasi warna kelas profesional. Sertifikasi VESA DisplayHDR True Black 600 menandakan bahwa layar bisa menghadirkan warna hitam yang benar-benar gelap. Sebaliknya, kontras rasio yang tinggi hingga 1.000.000:1 membuat detail bisa tetap muncul di kondisi skenario gelap.

Layar juga mendukung fitur perawatan kesehatan mata dengan sertifikasi dari TÜV Rheinland yang memastikan emisi sinar biru berbahaya bisa lebih ditekan hingga 70 persen. Ini memastikan mata tetap terjaga meskipun sedang menatap layar dalam waktu yang cukup lama.

Konektivitas Lengkap Mendukung Produktivitas

Vivobook Pro 15 OLED (M6500) memiliki fitur pendukung produktivitas lewat sejumlah port input-output yang disediakan. Mulai dari konektivitas USB Type-C yang mendukung DisplayPort, microSD card reader dan port HDMI 2.1 yang mendukung output ke monitor eksternal hingga resolusi 4K 120Hz.

Ada pula port USB 3.2 Gen 1 Type-A dan USB 2.0 sehingga pengguna tetap bisa menghubungkan seluruh perangkat eksternal mereka. Dengan demikian, melakukan import, export, share dokumen sampai memproyeksikan pekerjaan kini dapat dilakukan dengan lebih cepat dan nyaman.

Terakhir, laptop terbaru ini juga sudah mendukung teknologi WiFi 6 untuk konektivitas ultra cepat dan stabil di manapun penggunanya berada.

Fitur Audio dan Video Lengkap

Untuk kualitas audio yang tinggi, seri Vivobook Pro memiliki sistem suara stereo yang disertifikasi oleh ahli audio di Harman Kardon. Fitur ini memberikan suara yang kuat dan jernih sebening kristal, dan memberikan hiburan dan komunikasi yang luar biasa imersif. 

Suara multi-dimensi yang mendalam dari Dolby Atmos® memanjakan pengguna saat menikmati hiburan favorit mereka dengan tata suara yang bergerak di sekitar mereka untuk realisme yang menakjubkan dalam musik, film, dan TV. 

Sistem smart amplifier yang dibuat menggunakan sebuah high power amplifier yang dapat meningkatkan volume speaker hingga 350% jika dibandingkan dengan amplifier standar dengan distorsi yang minimal.

Untuk pengalaman video conference yang lebih baik, pada laptop ini tersedia webcam resolusi FullHD 1920×1080 30fps yang mendukung ASUS 3D Noise Reduction (3DNR) Technology. 

Sebagai informasi, 3DNR mampu secara signifikan meningkatkan kejelasan gambar video dengan algoritma unik. Teknologi ini mampu mempertajam gambar dan melakukan real-time noise removal untuk memastikan semua tampak lebih jelas dan tajam saat video call. Tak hanya itu, ada juga beberapa webcam effect baru yang hadir di aplikasi MyASUS untuk menghadirkan pengalaman video call ke level yang lebih lanjut.

Untuk mengetik, keyboard ASUS ErgoSense berukuran penuh menawarkan pengalaman mengetik yang memuaskan dengan pantulan dan pergerakan optimal yang dihitung dengan presisi yang disetel dengan baik. Tombol tersebut memiliki travel distance sejauh 1,4 mm dan permukaan tiap tombol memiliki cekungan sedalam 0,2 mm untuk kenyamanan dan akurasi penempatan jari.

Terakhir, permukaan laptop menyimpan ribuan bakteri yang berpotensi berbahaya. Untuk menjaga kebersihan, seri Vivobook Pro 15 OLED (M6500) dilindungi oleh lapisan ASUS Antibacterial Guard — perawatan permukaan yang mencegah berkembangnya bakteri dan kuman-kuman. 

Antibacterial Guard telah terbukti secara ilmiah untuk menghambat pertumbuhan bakteri lebih dari 99% dalam 24 jam, memastikan permukaan laptop tetap bersih dan sehat lebih lama, dan mengurangi penyebaran bakteri yang berpotensi berbahaya melalui kontak fisik dengan jari.

Terbaik untuk Content Creator

Pengguna yang bermaksud untuk memulai perjalannya menjadi kreator konten profesional bisa memulainya dari ASUS Vivobook Pro 15 OLED (M6500). Dari sisi spesifikasi dan performa, laptop ini sudah lebih dari cukup untuk mereka, sebelum menjadi lebih serius dengan menggunakan laptop ASUS creator series lain seperti Zenbook Pro 14 Duo OLED ataupun Zenbook Pro 16X OLED.

Fitur-fitur yang tersedia, mulai dari panel layar ASUS OLED, audio berkualitas dengan Harman Kardon dan konektivitas lengkap akan membuat proses produktif akan menjadi lebih lancar. Dengan perangkat seperti ini, hanya kreativitas penggunanya lah yang akan menjadi limitasi.

Share yuk !