Share yuk !

Di Indonesia, profesi content creator sendiri sudah menjadi sangat umum. Bahkan profesi tersebut menjadi lebih spesifik lagi dan dibagi dalam beberapa platform social media. Melihat perkembangan dan perubahan di pasar, sebagai produsen utama di industri laptop di Indonesia, ASUS tentunya tidak tinggal diam. 

ASUS melihat kebutuhan para content creator yang memerlukan laptop yang sesuai untuk digunakan sebagai daily driver pengguna di segmen tersebut. Tak hanya sekadar laptop biasa, laptop yang ditawarkan pun ada yang berjenis konvertibel serba bisa dan siap digunakan dalam berbagai medan.

Adalah Vivobook S 14 Flip OLED (TN3402), laptop konvertibel terbaru yang dimaksud. Tak tanggung-tanggung, ASUS menghadirkan laptop berkualitas dengan komponen yang tidak perlu diragukan lagi di dalamnya. Mulai dari panel layar sampai prosesornya.

Sebagai contoh, panelnya menggunakan layar 100% DCI-P3 Color Gamut & VESA DisplayHDR™ 600 True Black serta prosesor mobile AMD Ryzen™ 5000 H-Series. Dengan dua komponen utama tersebut, ASUS yakin Vivobook S 14 Flip OLED (TN3402) menjadi laptop yang cocok untuk para content creator yang menggunakan beragam platform social media serta dapat digunakan kapanpun dan di manapun.

Desain Memukau dan Layar Luar Biasa

ASUS Vivobook S 14 Flip OLED (TN3402) adalah laptop berukuran 14 inci dengan berat hanya 1.5 kg. Dengan desainnya yang tipis dan ringan, masing-masing memiliki profil samping kurang dari 19 mm yang menghasilkan bentuk samping yang ramping untuk memenuhi semua kebuuhan anda dari bekerja hingga bermain.

Sesuai namanya, Flip, laptop yang satu ini hadir dengan design 360° hinge eksklusif yang memungkinkan layar dibalik ke posisi apapun sesuai dengan kebutuhan pengguna. Ketahanan desain layer itu sendiri sudah diuji hingga lebih dari 20,000 kali siklus buka/tutup.

Dari sisi panel, ASUS Vivobook S 14 Flip OLED (TN3402) menampilkan layar sentuh OLEH HDR 14 inci rasio 16:10 yang mendukung resolusi 2880 x 1800 dan kecepatan refresh 90Hz. Layar tersebut dijamin sanggup untuk memberikan pengalaman visual yang halus dan tajam kepada pengguna. 

Selain itu, tampilan ASUS Vivobook S 14 Flip OLED (TN3402) juga mendukung rasio contrast 1.000.000:1, waktu respons 0,2ms, kecerahan maksimum hingga 600-nits. Dari sisi warna hitam, tingkat kecerahan hitam pekatnya ada di 0,0005 nits. Ini akan memberikan pengalaman menonton yang lebih cerah dan lebih detail kepada pembuat konten. 

Selain ultrawide color gamut 100% DCI-P3 dan dukungan konten HDR, layar ini juga bersertifikasi VESA DisplayHDR™ 600 True Black dan PANTONE® Validated. Keduanya memastikan warna yang akurat dan reproduksi kontras dinamis yang tinggi. 

Ditambah lagi, panel OLED memancarkan cahaya biru 70% lebih sedikit berbahaya daripada panel LCD dan disertifikasi oleh TÜV Rheinland untuk memastikan bahwa perangkat ini sudah mematuhi standar kesehatan dan kualitas yang tinggi.

Seperti diketahui, cahaya biru menyebabkan ketidaknyamanan visual dan mengganggu kualitas tidur. Dengan mengkalibrasi spektrum, laptop ASUS OLED memancarkan 70% lebih sedikit cahaya biru yang berbahaya. Tidak seperti filter cahaya biru tradisional, pergeseran spektrum berarti akurasi warna tidak diragukan.

Laptop ASUS OLED laptop menghadirkan visual yang sangat detail dan realistis, dengan color gamut 100% DCI-P3 sekelas bioskop.  Warna yang direproduksi pada layar lebih kaya dan lebih jelas: sangat ideal untuk proyek intensif warna.

ASUS OLED laptop juga mampu menampilkan detail yang luar biasa pada pengaturan cahaya yang lebih rendah. Ini berarti anda dapat melihat konten dengan lebih jelas tanpa harus menurunkan tingkat kecerahan; sehingga, mata Anda akan terpapar lebih sedikit cahaya biru.

Yang menarik, layer ASUS OLED juga mampu mempertahankan detail warna dalam tingkat kecerahan apapun, sehingga anda dapat menyesuaikan kecerahan sesuai dengan lingkungan penggunaan anda. Karena tampilan OLED memberikan warna yang akurat dengan kecerahan lebih sedikit, mata lebih sedikit terpapar cahaya biru.

Fitur Khusus Pencegah Burn-In Layar 

Dengan penggunaan yang lama, piksel tertentu pada tampilan mungkin menua, menghasilkan warna yang menurun (burn-in). Untuk mencegahnya, ASUS mengambil langkah-langkah berikut:

  • Laptop secara default menggunakan mode gelap Windows
  • Perlindungan layar OLED default yakni meredupkan layar setelah 5 menit tidak ada aktivitas    
  • Teknologi penyempurnaan burn-in panel Samsung OLED
  • Layar OLED sanggup bertahan selama 7000 jam tanpa mengalami burn-in saat dijalankan dengan brightness di 200 nits.

Algoritma Samsung OLED mendeteksi penuaan pixel dan meningkatan arus yang melewati pixel tersebut. Ini memungkinan pixel yang terdegradasi untuk menampilkan warna yang lebih cerah dan, sebagai hasilnya, menunjukan warna yang dirasakan secara akurat.

ASUS OLED laptop hadir dengan mekanisme OLED Care eksklusif ASUS yang terbukti melindungi layar OLED. Persistensi gambar atau burn-in, pada layar OLED dapat terjadi jika gambar kontrak tinggi statis ditampilkan dalam waktu yang lama.

Untuk menghindari hal ini, Ketika laptop ASUS Anda tidak digunakan lebih dari 30 menit, screensaver yang dirancang khusus akan aktif. Ini secara signifikan akan mengurangi kemungkinan burn-in dengan memastikan seluruh pixel menyala dan gelap secara merata, sehingga melindungi tampilan dari warna yang terlihat berubah dari waktu ke waktu.

Layar sentuh dari Vivobook S 14 Flip juga dilengkapi dengan Corning Gorilla Glass yang memiliki tingkat ketahanan 7H sehingga memberikan ketahanan gores yang lebih baik, visibilitas goresan yang berkurang dan kekuatan yang dipertahankan lebih baik setelah terjadi goresan untuk membantu melindungi tampilan laptop dari kerusakan yang mungkin dapat terjadi saat digunakan.

Spesifikasi Menawan dan Sangat Bisa Diandalkan

Sebagian besar laptop tipis dan ringan hanya dapat menampilkan processor dengan TDP yang rendah karena keterbatasan ukuran dan desain thermal. Namun, berkat teknologi ASUS IceCool, ASUS Vivobook S 14 Flip OLED (TN3402) keluaran terbaru dapat menghadirkan prosesor AMD Ryzen 7 5800H seri H, yang memungkinkan laptop tipis dan ringan tidak lagi berkompromi dengan system kinerjanya. 

Seperti sudah disebutkan, ASUS Vivobook S 14 Flip OLED ditenagai oleh CPU AMD Ryzen 7 mobile 5000 H-seri generasi terbaru yang dibuat melalui proses fabrikasi TSMC 7nm FinFET dan desain arsitektur AMD Zen 3. 

Spesifikasi tertinggi menyediakan hingga 8 core komputasi dan hingga 16 thread, serta cache hingga 12MB untuk kinerja multitasking yang lebih baik. Dibandingkan dengan generasi sebelumnya, CPU Ryzen mobile terbaru menawarkan peningkatan 23% dalam kinerja single-thread secara keseluruhan dan peningkatan 17% dalam peningkatan multi-thread, dalam kondisi perbandingan yang sama.

ASUS Vivobook S 14 Flip OLED menghadirkan memori onboard hingga 8GB DDR4 dan slot SO-DIMM, memungkinkan pengguna dengan mudah meningkatkan kapasitas memori. Untuk penyimpanan, laptop ini dilengkapi dengan slot M.2 dengan SSD hingga 1TB PCle 3.0 NVMe dengan heatsink tembaga untuk transfer data yang lebih stabil.

ASUS Vivobook S 14 Flip OLED menghadirkan keyboard ErgoSense yang mencapai pitch 19,05 mm (jarak antara tengah tombol ke tengah tombol yang berdekatan) sambil mempertahankan banyak tombol fungsi yang umum digunakan, memungkinkan pengguna untuk mengetik dengan nyaman dan akurat.

Keyboard memiliki lampu backlight untuk mengetik dengan nyaman di lingkungan gelap. Selain itu, tombol ASUS Vivobook S 14 Flip OLED memiliki lekukan halus berbentuk piringan 0,2 mm dan key travel 1,4 mm — terpanjang di kelas laptopnya. 

Lekukan berbentuk piring secara halus memandu jari ke tuts dan perjalanan tuts yang panjang memberikan umpan balik yang lebih baik. Bersama-sama, fitur-fitur ini meningkatkan akurasi pengetikan dan meniru kenyamanan menggunakan keyboard PC desktop.

Konektivitas yang Lengkap dan Mumpuni untuk Mobilitas Tinggi

ASUS Vivobook S 14 Flip OLED dilengkapi satu port USB3.2 Gen 2 Tipe C yang mendukung pemindahan data, output tampilan 4K dan pengiriman daya. Selain itu, laptop menawarkan port HDMI 2.0 berukuran penuh, port USB 3.2 Gen 2 Tipe-A, port USB 2.0 Tipe A dan audio combo jack. 

Hal ini memungkinkan Vivobook S 14 Flip OLED (TN3402) dengan mudah menampilkan ke layar 4K 60Hz, menghubungkan ke perangkat penyimpanan atau memperluas koneksi.

Vivobook S 14 Flip OLED dilengkapi dengan teknologi ASUS WiFi Master premium yang memiliki jaringan nirkabel WiFi 6 dual band built-in untuk kinerja transmisi nirkabel yang lebih cepat. Laptop ini juga memiliki fitur WiFi SmartConnect ASUS eksklusif yang memberikan jarak yang lebih jauh, stabilitas dan pengalaman jaringan nirkabel yang mulus bagi pengguna.

Kartu jaringan nirkabel dual band WiFi 6 (802.11ax) menawarkan kecepatan hingga 2.4 Gbps dan memberikan throughput 3 kali lebih tinggi dan 4 kali kapasitas jaringan Wi-Fi 5 (802.11ac). Kartu jaringan juga menggabungkan Bluetooth 5.0 untuk koneksi ke perangkat berkemampuan Bluetooth.  

Performa Terbaik yang Bisa Maksimalkan Pekerjaan 

Vivobook S 14 Flip OLED (TN3402) memungkinkan pengguna melakukan berbagai macam hal dengan lebih cepat dengan dukungan komponen performa tinggi yang ada di dalamnya. Cocok untuk mereka yang baru saja memulai perjalanan di dunia kreatif.

Agar performa tetap terjaga, teknologi thermal ASUS IceCool Plus yang mendinginkan komponen hadir dengan heat pipe dual fan terbaru. Kedua heat pipe dengan ketebalan 8 dan 6 milimeter tersebut sanggup secara efisien mempercepat transfer panas.

Dengan pendinginan yang sudah ditingkatkan dibanding Vivobook generasi sebelumnya, kini CPU dan GPU bisa berjalan lebih nyaman dengan kombinasi daya hingga 85 watt dalam mode Performance tanpa mengalami throttling.

Berikut ini spesifikasi salah satu model Vivobook S 14 Flip OLED (TN3402) yang beredar di pasaran Indonesia:

CPU AMD Ryzen 5 5600H  
Pilihan Tampilan  Layar sentuh 14” 16:10 (2880 x 1800) @ 90 Hz OLED dengan Corning® Gorilla® Glass, kecerahan hingga 600-nit dan 100% DCI-P3 color gamut, bersertifikasi DisplayHDR 600 True Black, PANTONE® Validated, and TÜV Rheinland

14” 16:10 (1920 x 1200) IPS Tampilan NanoEdge Tiga Sisi dengan 85% screen-to-body ratio dan bersertifikasi TÜV Rheinland

Sistem Operasi Windows 11 Pro / Windows 11 Home
Grafik AMD Radeon™ Graphics
memory Hingga 16 GB (8 GB 3200 MHz DDR4 onboard + 1 x SO-DIMM slot)
Penyimpanan Hingga 1 TB PCIe 3.0 NVMe M.2 SSD dengan kecepatan transfer sampai 3500 MB/s
Koneksi WiFi 6 (802.11ax) + Bluetooth 5.2
Kamera Webcam dengan Shutter Fisik Hingga FHD webcam dan teknologi 3DNR 
I/O ports 1 X DC-in (4phi)

1 X USB 3.2 Gen 2 Type-C®

1 x USB 3.2 Gen 2 Type-A

1 x USB 2.0 Type-A

1 x full-sized HDMI 2.0

 1 x 3.5 mm Audio combo jack

Touchpad Teknologi Precision touchpad (PTP) mendukung smart gestur hingga empat-jari

NumberPad 2.0

Audio Bersertifikasi oleh Harman Kardon

Dolby Atoms

Smart Amp 

AI Noise Canceling Audio

Baterai 70Wh lithium-polymer battery 

50Wh lithium-polymer battery (non-OLED)

AC adapter 90W Type-C power adapter 
Dimensi 313.2 x 227.6 x 18.9 mm
Berat Berkisar. 1.5 kg

 

Sebagai gambaran, berikut ini hasil performa pengujian ASUS Vivobook S 14 Flip OLED (TN3402) dengan spesifikasi di atas:

Fitur Spesial yang Bisa Diandalkan

ASUS Vivobook S 14 Flip (TN3402) dilengkapi dengan NumberPad 2.0, tombol numerik bercahaya LED berintegrasi dengan touchpad yang menggantikan kekurangan tombol numerik fisik di laptop ringkas. Sensor satu sentuhan di sebelah kanan dari touchpad mengaktifkan dan menonaktifkan NumberPad, dan ketukan pada ikon di kiri atas memungkinkan Anda memilih salah satu dari dua tingkat kecerahan. 

Anda juga dapat menggesek dari ikon kiri atas ke segala arah pada NumberPad 2.0 untuk mengaktifkan aplikasi Kalkulator di tampilan utama.

Webcam dari ASUS Vivobook S 14 Flip memanfaatkan teknologi 3D noise-reduction (3DNR) yang inovatif. Teknologi ini menghilangkan hingga 94% suara tidak perlu yang secara alami mempengaruhi kamera apapun, terutama dalam kondisi cahaya redup – secara signifikan memperbaikan kualitas gambar tanpa mengorbankan tingkat eksposur atau detail. 

Terakhir, pelindung webcam untuk melindungi privasi pribadi dan informasi bisnis dari peretas juga disediakan. Di laptop ini, ASUS memberikan perlindungan privasi terintegrasi yang bisa dilakukan hanya dengan menggeser tuas di atas webcam untuk privasi.

Kesimpulan

Akhir kata, banyak yang bisa Anda lakukan dengan ASUS Vivobook S 14 Flip ini. Mulai dari berkerja, menggambar, mendesain, bahkan mempresentasikan apapun dalam beberapa mode bisa dilakukan dengan laptop yang satu ini. Tentunya ditambah fitur-fitur menarik yang mungkin tidak Anda temukan dalam laptop-laptop lain, bisa anda temukan di ASUS Vivobook S 14 Flip. Laptop ini juga sudah tersedia di jaringan retail online dan offline di seluruh Indonesia.

Share yuk !