Share yuk !

GAMEFINITY.ID, Bandung The Sims 4 akhirnya resmi menjadi free-to-play. Kabar ini tentu menjadi sambutan gembira bagi penggemar dan juga pemain baru. Namun, beberapa pemain mungkin masih merasa ada yang kurang jika hanya memiliki base game-nya. Apakah ingin menambah pengalaman gameplay dengan DLC expansion pack? Ada 5 rekomendasi expansion pack yang wajib dimiliki.

Patut diingat, daftar ini tidak akan membahas game pack, stuff pack, dan kit.

Seasons (Wajib dimiliki setiap pemain The Sims 4)

The Sims 4 Seasons
The Sims 4: Seasons merupakan expansion pack bertema empat musim

The Sims 4: Seasons dapat dianggap sebagai expansion pack yang wajib dimiliki setiap pemain The Sims 4. Seperti pada judulnya, expansion pack ini memiliki tema musim. Meski tidak menghadirkan world baru, berbagai fitur yang ditawarkan dapat melengkapi fitur yang sudah ada di base game-nya.

Tidak hanya fitur empat musim (musim dingin, musim semi, musim panas, musim gugur) lengkap dengan cuaca dan temperatur, berbagai fitur lain juga menjadi perhatian utama. Hadirnya kalender Event musiman seperti New Year’s Eve dan Winterfest menjadi fitur untuk menambah tampilan kehidupan Sim lebih realistis.

Selain itu, terdapat pakaian untuk cuaca panas dan dingin yang menjadi penting agar Sim dapat bertahan hidup dari gelombang panas atau suhu di bawah nol.

Cats & Dogs

The Sims 4: Cats & Dogs
The Sims 4: Cats & Dogs menjadi expansion pack yang cocok untuk pencinta hewan

Expansion pack ini cocok buat pemain The Sims 4 yang juga menjadi pencinta hewan. Seperti judulnya, Cats & Dogs menghadirkan teman kucing dan anjing yang dapat dipelihara Sim. Pemain dapat mengustomisasi hewan peliharaan tersebut mulai dari spesies, kepribadian, hingga aksesories.

The Sims 4 Cats & Dogs Brindleton Bay
Brindleton Bay, world di The Sims 4: Cats & Dogs

Fitur lain adalah hadirnya pekerjaan dokter hewan di klinik hewan. Tidak hanya itu, Brindleton Bay menjadi world yang hadir di expansion pack ini sebagai kota pantai yang dipenuhi fasilitas untuk hewan.

Jika masih belum puas dengan Cats & Dogs, pemain dapat juga memiliki DLC stuff pack My First Pet Stuff. Namun, DLC tersebut hanya bisa dijalankan jika pemain memiliki Cats & Dogs.

Get Together (Bisa tambah aktivitas sosial untuk Sim di The Sims 4)

The Sims 4: Get Together
The Sims 4: Get Together menambah aktivitas sosial bagi Sim

Expansion Pack The Sims 4 satu ini menonjolkan sosialisasi bagi Sim pemain. Jika pemain ingin menyaksikan Sim-nya aktif secara sosial dengan Sim lain, Get Together menjadi expansion pack yang wajib dimiliki.

The Sims 4 Get Together Windenburg
Windenburg, world di The Sims 4: Get Together yang terinspirasi dari kota ala Eropa

Get Together menghadirkan Windenburg, salah satu world terbesar di The Sims 4. Windenburg menjadi kota berarsitektur modern dan indah berdasarkan kota di Jerman. Aksen ala Eropa di setiap bangunannya menjadi hal menonjol untuk world ini.

Fitur club menjadi fitur yang berguna untuk expansion pack ini. Sim dapat bergabung atau membuat club beranggotakan hingga 8 Sim. Pemain dapat membuat Sim-nya melakukan gathering, menentukan dress code, dan melakukan berbagai aktivitas.

Berbagai item juga membantu Sim pemain melakukan aktivitas sosial, di antaranya bermain dart dan Don’t Wake the Llama. Menjadi DJ dan melakukan dance battle menjadi pilihan bagi Sim untuk berpesta.

Baca juga: The Sims Generasi Baru Resmi Diumumkan: Project Rene

City Living

The Sims 4: City Living
The Sims 4: City Living mengambil tema kehidupan perkotaan

City Living menonjolkan kehidupan metropolitan di The Sims 4. Expansion pack ini menjadi salah satu DLC yang wajib dimiliki bagi pemain yang ingin membayangkan Sim-nya tinggal di perkotaan. Berbagai fitur juga tidak kalah menarik untuk menambah pengalaman gameplay.

The Sims 4 City Living San Myshuno
San Myshuno, world di The Sims 4: City Living yang penuh bangunan pencakar tinggi

San Myshuno merupakan world yang penuh dengan gedung pencakar tinggi dan terbagi menjadi empat distrik. World tersebut memiliki elemen multikultural yang merepresentasikan berbagai budaya.

Sim pemain dapat menyewa dan tinggal di apartemen di San Myshuno. Selain itu, berbagai festival budaya di San Myshuno dapat dihadiri. Jika itu tidak lengkap, karaoke bar dapat menjadi tempat bermain bagi Sim untuk bernyanyi.

Menu makanan pun juga beragam dari berbagai belahan dunia. Semua menu makanan yang tersedia di City Living dapat dibeli di food stalls atau dibuat sendiri di rumah Sim.

Snowy Escape

The Sims 4 Snowy Escape
The Sims 4: Snowy Escape mengambil tema liburan musim dingin dan budaya Jepang

Hadirnya expansion pack Snowy Escape pada akhir 2020 dapat menjadi angin segar bagi pemain The Sims 4. Secara harfiah expansion pack ini terinspirasi dari budaya jepang, terutama world Mt. Komorebi yang terinspirasi dari Gunung Fuji.

The Sims 4 Snowy Escape Mount Komorrebi
Mt. Komorebi,, world di The Sims 4: Snowy Escape yang terinspirasi Gunung Fuji

Seperti namanya, aktivitas di gunung bersalju menjadi fokus utama expansion pack ini. Sim pemain dapat melakukan melakukan ski dan memainkan papan seluncur di salju. Berendam di onsen dan memasak hidangan hot pot menjadi satu lagi fitur yang tidak ingin dilewatkan pemain sama sekali di expansion pack ini.

Snowy Escape menjadi expansion pack bagi pemain yang menyukai budaya Jepang, apalagi yang menyukai elemen liburan musim dingin.

Itulah 5 expansion pack yang wajib dimiliki? Mengingat The Sims 4 sudah menjadi free-to-play, membeli expansion pack dapat menjadi pilihan agar pengalaman gameplay menjadi berwarna. Expansion pack manakah yang ingin dicoba?

Share yuk !