Share yuk !

GAMEFINITY.ID, Kota Batu – Liliana merupakan seorang hero AoV yang sudah ada sejak lama. Meskipun tergolong salah satu hero lawas, pamor Liliana sendiri dapat dikatakan masih bersinar hingga saat ini.

Berbagai patch dan hero baru telah dirilis, namun hero Liliana ini masih saja sering dipakai bahkan di scene profesional sekalipun. Terkenal akan burst damage dan mobility di atas rata-rata mage lain yang menjadi alasan Liliana masih sering dipakai.

Namun, kelebihan tersebut dibayar dengan mekanik yang tergolong susah untuk seorang midlaner.

Liliana Class & Role

Liliana Model | Personal Archive
Liliana Model | Personal Archive

Liliana sendiri merupakan hero dengan dua kelas, yaitu seorang mage dan assassin. Hero ini dapat menimbulkan damage dari jarak jauh seperti mage lainnya dan dapat melakukan finishing menggunakan fox mode seperti assassin.

Dalam permainan, hero ini selalu dipakai sebagai seorang Midlaner. Dulu sempat ada yang coba-coba untuk menggunakannya sebagai jungler dan support, performanya jauh di bawah dibandingkan ketika dijadikan sebagai midlaner.

Liliana Skill

Liliana Skill Pasif: Fox Form

Pasif Liliana ini terbagi ke dalam kedua mode miliknya. Ketika di mode “human form” Liliana akan punya ranged attack normal. Sementara itu, ketika memasuki fox form, attack normal milik Liliana akan memberikan magic damage dengan jarak serangan melee. Dalam mode rubah ini juga Liliana mendapatkan tambahan armor dan magic defense.

Liliana Skill 1:

Human Form: Shining Light

Liliana Human Form Skill 1 | Personal Archive
Liliana Human Form Skill 1 | Personal Archive

Liliana akan mengeluarkan serangan berbentuk lingkaran. Lingkaran ini akan memberikan damage kepada musuh. Bila skill ini dapat mengenai 2 atau lebih hero musuh, maka akan ada tambahan damage sebesar 5% dari HP maksimal musuh selama 4 detik.

Fox Form: Foxtrot

Liliana Fox Form Skill 1 | Personal Archive
Liliana Fox Form Skill 1 | Personal Archive

Dalam fox mode Liliana akan memberikan kibasan ekornya dan memberikan damage dalam bentuk fan shape. Normal attack berikutnya akan menghasilkan enhanced attack yang menghasilkan 3 kali serangan beruntun.

Liliana Skill 2:

Human Form: Blinding Light

Liliana Human Form Skill 2 | Personal Archive
Liliana Human Form Skill 2 | Personal Archive

Skill ini memiliki efek stun yang dapat mengontrol musuh dalam sebuah area kecil. Stun yang dihasilkan juga termasuk cukup lama, yaitu 1 detik dengan cooldown yang singkat, 7-9 detik.

Fox Form: Leap of the Fox (Reiki Shot)

Liliana Fox Form Skill 2 | Personal Archive
Liliana Fox Form Skill 2 | Personal Archive

Ketika berwujud rubah, Liliana akan memiliki skill Leap of the Fox. Skill ini akan membuat Liliana melakukan dash ke arah yang ditentukan. Selain menghasilkan damage, ketika skill ini mengenai hero lawan, Reiki Shot akan aktif. Reiki Shot ini adalah bola besar yang memiliki damage super besar, biasa dipanggil “bijuu gamma” oleh pemainnya.

Skill 3: Unpredictable

Liliana Ultimate | Personal Archive
Liliana Ultimate | Personal Archive

Ketika berubah dari human form ke fox form, Liliana akan menimbulkan damage terhadap musuh yang dilewatinya. Berbeda lagi saat berpindah dari fox form ke human form, damage yang ditimbulkan akan ada pada lingkaran pada awal dan akhir skill.

Ketika cast skill, Liliana tidak dapat ditarget dan akan kebal terhadap berbagai damage yang masuk.

Baca Juga: Elyon Segera Rilis di Indonesia dengan Grafis Tinggi

Arcana

Liliana Arcana | Personal Archive
Liliana Arcana | Personal Archive

Arcana yang digunakan berikut bertujuan untuk memaksimalkan potensi yang dimiliki Liliana, yaitu burst damage dan mobility. Untuk variannya tergolong cenderung sama bila kita bandingkan pada arcana top player Indonesia.

Violate 10, Devour 5, Guerilla 5, Flurry 10

Rune

Liliana Rune | Personal Archive
Liliana Rune | Personal Archive

Rune yang rata-rata digunakan juga tergolong mayoritas sama, yaitu menggunakan Holy Thunder. Rune utama ini dapat memaksimalkan output damage dari kemampuan burst milik Liliana. Ada juga sedikit orang yang menggunakan rune utama Curse of Death. Namun Holy Thunder masih lebih direkomendasikan.

Main Rune: Veda -> Mana Refill/Sacred Bead -> Holy Verdict -> Holy Thunder

1st Secondary Rune: Lokheim -> Raging Inferno

2nd Secondary Rune: Lokheim -> Deadly Claw

Item Build

Liliana Item Build | Personal Archive
Liliana Item Build | Personal Archive

Sama seperti item basic seorang mage pada biasanya, Liliana juga berfokus pada pengembangan magic power. Gilded Greave sebagai item pertama atau kedua untuk meningkatkan resistance saat melawan kontrol musuh.

Boomstick, item reguler untuk seorang midlaner, dan bagus untuk fase early game.

Staff of Null untuk dapat meng-counter hero tebal seperti tank, dapat dibeli Spoopy Mask dahulu lalu ke item keempat atau kelima, baru setelah itu dijadikan ke Staff of Null.

Rhea’s Blessing untuk urusan survivability, selain dapat shield saat sekarat, Rhea’s Blessing juga menambah magic life steal. Hecate’s Diadem digunakan untuk memperbanyak magic power milik Liliana.

Yang terakhir ada item survivability seperti BoE dan Arctic Orb.

Buku Yasin alias Holy of Holies dapat dibeli pada fase late game dengan menggantikan slot Boomstick. Bila diperlukan, kalian juga harus membeli item anti-regen, yaitu Tome of the Reaper.

How to Play

Meskipun seorang assassin, Liliana juga merupakan seorang mage yang mempunyai peran sebagai backliner. Jadi, kalian juga perlu menjaga jarak dari musuh ketika bermain Liliana. Manfaatkan human form untuk melakukan poking alias cicil-cicil nyawa musuh.

Ketika berada dalam fox form, Liliana akan mendapatkan bonus armor dan magical defense. Jadi jangan terlalu khawatir saat masuk war, dan juga jangan terlalu barbar. Gunakanlah fox form ini ketika sudah dirasa musuh sudah mulai sekarat nyawanya, jadi kalian tidak perlu menerima banyak damage.

Baca Juga: Cardfight!! Vanguard Dear Days Rilis di Switch & PC

Tidak ada kombo khusus untuk Liliana, penggunaan skill-nya semuanya situasional. Dapat digunakan untuk menyerang, kiting, ataupun kabur dari pertempuran. Juga manfaatkan ultimate milik Liliana untuk menghindari damage yang besar.

How to Play Against

Crowd Control adalah mimpi buruk bagi semua hero lincah, tidak terkecuali Liliana. Hero seperti Veera dan Aleister dapat menjadi contoh mimpi buruk. Veera dapat memulangkan Liliana lewat sekali kombo dan Aleister dapat memberhentikan pergerakan lincahnya.

Satu lagi kelemahannya adalah hero poking yang memiliki jarak serangan lebih jauh seperti Yue, Kahlii, dan Krixi. Ketiga hero tersebut dapat melawan kemampuan poking milik Liliana dalam segi jarak. Yue memiliki jangkauan yang sangat jauh, Krixi yang dapat mengontrol sekaligus memberikan damage, dan Kahlii dengan ultimate-nya.

Dan yang paling penting, adalah jangan biarkan Liliana ganas di early. Hero ini adalah hero dengan efek snowball salah satu yang terbesar di AoV. Bila Liliana dibiarkan makan di early game dapat dipastikan mid-game hingga late game Liliana akan semakin ganas. Sebaliknya, bila Liliana dapat dibungkam di awal, begitu pula yang terjadi hingga akhir.

AoV sering sekali mengadakan event-event yang termasuk loyal untuk para player. Maka player diharapkan jangan ketinggalan event dai AoV. Untuk kemudahan membeli diamond para player AoV dapat langsung top up di Gamefinity.id

Share yuk !