Share yuk !

GAMEFINITY.ID, Kabupaten Malang – Yue, merupakan salah satu hero AoV yang dapat dikategorikan sebagai salah satu hero baru. Meskipun di patch kali ini tidak seganas versi lawasnya, Yue tetaplah seorang hero yang berbahanya.

Pada saat rilisnya Yue menjadi salah satu priority ban dan pick dari tier Diamond hingga Conqueror. Hal ini dikarenakan Yue menjadi salah satu hero harass paling ditakuti oleh archer dan mage. Yue mampu menghasilkan damage besar yang dapat menghabiskan 70% hingga 100% HP musuh dalam sekali atau dua kali skill. Mari kita bahas lebih mendalam tentang hero ini.

Yue Overview

Yue Overview | Personal Archive
Tampilan Hero Yue | Personal Archive

Yue merupakan seorang hero yang termasuk ke dalam kelas mage. Sama seperti sebagian besar mage, Yue memiliki nilai utama dalam attack skill-nya. Hero ini juga memiliki jarak jangkauan skill yang lebih jauh ketimbang hero mage lainnya.

Dalam permainan Yue biasanya akan ditempatkan sebagai seorang midlane. Role ini dinilai cocok untuknya karena Yue sendiri dapat melakukan clear lane dengan cepat. Ditambah lagi, hero ini mampu memberikan damage besar dan mampu membantu lane DS maupun Abyssal bila dibutuhkan.

Penggunaan hero ini di role lainnya sangat tidak disarankan, sehingga bila seseorang pick Yue maka otomatis ia akan menjadi midlaner. Berbeda dengan Ryoma dan Veres yang bila di-pick masih ambigu mau ditaruh mana.

Yue Skill

Yue Passive Skill: Borrowed Might

Yue Passive 1 | Personal Archive
Yue Enhanced 1st Skill | Dokumentasi Dzakwan Ahmad
Yue Passive 2 | Personal Archive
Yue Enhanced 2nd Skill | Dokumentasi Dzakwan Ahmad

Pasif dari Yue ini pada intinya merupakan sebuah enhanced version dari skill 1&2 miliknya. Biasanya skill 1&2 milik Yue hanya mengeluarkan 2 kipas, namun pasif Yue memungkinkan dirinya untuk mengeluarkan 4 kipas dalam sekali waktu. Pasif inilah yang membuat Yue ditakuti sejak hasil dari pasif ini dapat membunuh seorang archer atau mage dari sekitar 80%HP mereka.

Pasif ini dapat diaktifkan ketika Yue menggunakan skill 1 atau 2 miliknya dua kali.

Skill 1: Aqua Force

Yue 1st Skill | Personal Archive
Yue 1st Skill | Dokumentasi Dzakwan Ahmad

Skill pertama dari Yue ini dapat dibilang merupakan skill jarak dekat milik Yue. Berbeda dari skill kedua miliknya, skill petamanya ini cocok digunakan untuk menarget dalam jarak dekat. Namun, yang perlu diperhatikan tetaplah target yang disasar harus berada di tengah ketika kedua kipasnya bertemu. Sebelum itu damage yang diberikan tidak akan maksimal.

Skill 2: Mountain Crusher

Yue 2nd Skill | Personal Archive
Yue 2nd Skill | Dokumentasi Dzakwan Ahmad

Mountain Crusher sebenarnya sama dengan yang sebelumnya. Namun, skill ini ditujukan untuk target di jarak jauh. Ketika pasif skill sedang tersedia, skill inilah yang biasa digunakan untuk memberikan damage kepada musuh khususnya backliner seperti archer dan mage.

Ultimate: Rising Wind

Yue Ultimate | Personal Archive
Yue Ultimate | Dokumentasi Dzakwan Ahmad

Dapat dikatakan, ultimate inilah yang membuat inilah yang membuat Yue masih relevan meskipun telah di­-nerf. Ketika digunakan, Yue akan menuju ke arah sebaliknya ketika skill ini diarahkan. Musuh yang ada dalam jarak skill ini juga akan terkena efek knockback dan otomatis berada di jarak optimal untuk skill 2 Yue.

Ultimate ini juga punya pasif yang hanya berefek ketika sudah dipelajari. Pasif tersebut akan membuat Yue mampu melihat map lebih luas sebesar 40%. Hal ini penting mengingat skill 2 Yue yang jangkauannya sangat luas.

Yue Arcana

Yue Arcana | Personal Archive
Yue Arcana | Dokumentasi Dzakwan Ahmad

Fokus arcana Yue ada pada 3 hal yang penting, 3 hal tersebut adalah magic power, magic penetration, dan cooldown reduction.

Magic power dan magic penetration dinilai penting untuk mengangkat power Yue di fase early game. CD Reduction diperlukan semenjak rata-rata gameplay dari Yue adalah skill spam yang bergantung pada CD sebuah skill.

Untuk hal tersebut, dapat disarankan untuk all-in dalam 3 hal tersebut. Arcana yang digunakan:

Violate 10, Sap 10, Hex 10

Bila gaya bermain kalian ada yang memerlukan rotasi lebih cepat, kalian dapat memasukkan arcana movement speed beberapa. Karena pada dasarnya Yue bukan merupakan hero dengan kapabilitas bergerak yang cepat.

Rune

Yue Rune | Personal Archive
Yue Rune | Dokumentasi Dzakwan Ahmad

Rune yang digunakan oleh pemain Yue cenderung sama. Hal ini dikarenakan gaya bermain Yue hanya satu, yaitu mengandalkan skill-nya untuk harassing musuh dari jarak jauh.

Rune utama yang biasa dipakai adalah Holy Thunder untuk memaksimalkan damage output dari seorang Yue itu sendiri. Posisi pembantu Rune utama diisi oleh Holy Verdict untuk memaksimalkan piercing dan Axe of Sacrifice yang menambah damage yang diberikan.

Secondary rune biasanya akan diisi oleh Raging Inferno dan Deadly Claw milik Lokheim yang berfungsi juga untuk memaksimalkan damage milik Yue.

Primary Rune: Veda -> Axe of Sacrifice -> Holy Verdict -> Holy Thunder

1st Secondary Rune: Lokheim -> Raging Inferno

2nd Secondary Rune: Lokheim -> Deadly Claw

Baca Juga: Ditinggal Director, Splinter Cell Remake Terancam Batal?

Equipment

Yue Equipment | Personal Archive
Yue Equipment | Dokumentasi Dzakwan Ahmad

Item milik Yue sebenarnya sama seperti mage pada umumnya. Pertama kali, disarankan untuk membeli item Boomstick karena item tersebut dapat mengangkat damage di fase early. Kalian juga dapat membeli Berith’s Agony untuk menghindari physical damage yang terlalu besar di early.

Untuk sepatu seperti biasanya sesuai dengan kondisi. Bila musuh kalian kuat di early kalian punya dua pilihan. Berhati-hati atau mau adu mekanik karena pada dasarnya Yue di early lumayan kuat. Bila ingin berhati-hati, maka kalian dapat membeli Gilded Greaves yang juga disarankan dipakai bila banyak hero CC. Kalau ingin bermain adu gebuk, maka Flashy Boot atau Enchanted Kicks dapat menjadi pilihan.

Untuk 4 item selanjutnya ada beberapa rekomendasi item pengisi. Item tersebut adalah Hecate’s Diadem, Staff of Nuul, Evil Secret, Arctic Orb, dan Blade of Eternity.

Dari 5 item tersebut kalian dapat memilih 4 di antaranya. Namun, lebih baik bila kalian merotasi saja Artic Orb dan BoE karena dua item itu punya tujuan yang sama untuk meningkatkan survivability Yue yang empuk.

How to Play

Yang perlu diingat untuk pertama kali saat bermain Yue adalah bahwa Yue merupakan salah satu hero dengan defense, HP, dan movement speed terburuk di AoV. Yue sendiri pada dasarnya tidak memiliki pertahanan, nyawa tipis, dan tidak dapat rotasi dengan cepat sehingga pemain perlu berhati-hati dalam melakukan serangan dan rotasi.

Namun, di sisi baiknya, Yue sendiri memiliki skill ultimate yang dapat digunakan sebagai alat penghindar dari para penculik dan punya CD yang dapat dibilang pendek. Yue juga diberkahi dengan burst damage terbesar di AoV saat ini. Archer tanpa magic defense akan mati dengan sekali skill 2 + enhanced skill 2 yang tepat sasaran.

Hal yang menantang dalam bermain Yue adalah positioning dan aiming target di bundaran dimana semua kipasnya bertemu. Positioning penting agar Yue tidak terkena poking dari hero poke seperti Krixi dan Raz. Mengatur posisi sambil menarget musuh akan perlu latihan untuk membiasakan diri.

Ingat, bagaimanapun Yue adalah hero jarak jauh dan akan tidak berguna di jarak dekat.

How to Play Against

Bila kalian melawan Yue, salah satu hero mimpi buruk Yue adalah Batman. Batman mampu memberi damage besar di fase early dan dapat mendekati Yue tanpa ketahuan.

Bila Batman tidak tersedia atau ada hero counter­-nya, maka hero dengan ciri-ciri mampu masuk langsung ke posisi Yue adalah pilihan lain. Hero seperti Paine, Zill, Nakroth, dan Murad dapat menjadi pilihan.

Lalu, bagaimana jika bermain archer? Maka terdapat dua pilihan, yaitu antara pilih archer yang jarak serangnya lebih jauh seperti Elsu atau yang lincah seperti Lindis dan Eland’orr. Archer seperti Valhein dan Yorn akan menjadi makanan empuk Yue karena pergerakannya yang patah patah dan bahkan sesekali berhenti seperti pada pasif Yorn.

Sebagai midlaner kalian dapat bermain dengan hero yang dapat mendekat atau mendekatkan Yue ke kalian. Hero seperti Raz, Tulen, dan D’arcy mampu menghabisi Yue dalam sekali kombo.

Baca Juga: Review Grid Autosport: Sim Wannabe di Mobile

Kesimpulan

Yue merupakan seorang hero mage yang punya speciality harass. Sebagai seorang hero mage Yue hanya kuat di jarak jauh hampir tidak berguna di jarak dekat.

Jika bermain Yue maka yang perlu diperhatikan bahwa Yue merupakan seorang hero glass canon yan sebenarnya. Damage sakit namun dibayar dengan nyawa tipis, tanpa defense, dan jalannya lambat. Kelemahan hero ini terdapat pada hero yang dapat sekali kombo Yue.

Share yuk !