Share yuk !

GAMEFINITY.ID, Yogyakarta – Nintendo Terkenal dengan game-game RPG eksklusifnya seperti Shin Megami Tensei, Dragon Quest, Xenoblade, dll. Salah satu konsol Nintendo yang mempunyai banyak library game RPG adalah Nintendo DS . NDS sendiri merupakan konsol handheld yang pertama kali rilis secara global pada 21 November 2004.

DS sendiri mempunyai arti sebagai Dual Screen yang merupakan inovasi baru dari Nintendo dengan menghadirkan dua layar. Meskipun mempunyai hardware yang terbilang sangat terbatas, konsol ini mampu terjual hingga 154 Juta dan menjadi konsol handheld paling sukses sepanjang masa. Kesuksesan tersebut tentu saja juga berkat game-game di library Nintendo DS yang sangat bervariasi, salah satunya untuk genre RPG-nya. Berikut ini adalah daftar 5 game RPG terbaik yang bisa kalian coba di Nintendo DS, versi Gamefinity ID.

Baca Juga: 5 Game PSP Terbaik yang Hanya Rilis di Jepang

Shin Megami Tensei: Strange Journey

Game
Shin Megami Tensei Strange Journey
Genre Turn-Base, Dungeon Crawler
Developer Atlus
Durasi Gameplay 55 Jam, 71 Jam untuk 100% Complete

Penggemar seri Shin Megami Tensei tentu sudah tidak asing dengan game yang satu ini. Shin Megami Tensei: Strange Journey sendiri adalah game bergenre Turn-Base RPG dan Dungeon Crawling yang pertama kali dirilis pada 8 Oktober 2009 untuk Nintendo DS. Game ini juga rilis untuk 3DS dengan judul Shin Megami Tensei: Strange Journey Redux.

Game
Shin Megami Tensei Strange Journey gameplay

Dalam Shin Megami Tensei: Strange Journey, kita akan berperan sebagai salah satu kru Spesial Task Force. Kru ini dibentuk untuk menyelidiki fenomena aneh di antartika yang disebut dengan Schwarzwelt atau lubang hitam. Sepanjang game, kita akan berperan untuk menyelidiki kebenaran dibalik Schwarzwelt tersebut. Sama seperti game SMT lainnya, game ini mempunyai unsur kuat tentang akhir dunia dan perang antara iblis dan juga malaikat.

Dragon Quest IX: Sentinel of The Starry Sky

Game
Dragon Quest IX
Genre Turn-Base
Developer Square Enix
Durasi Gameplay 49 Jam, 200 Jam untuk 100% complete

Dragon Quest IX adalah seri Dragon Quest yang rilis eksklusif di Nintendo DS pada 11 Juli 2010. Game ini bercerita tentang The Celestrians yang menjadi malaikat pelindung untuk umat manusia. Karakter kita yang merupakan Celestrians baru akan segera diangkat sebagai pelindung untuk sebuah desa bernama Angel Falls. Namun, saat karakter kita sedang mengambil buah fygg di pohon Yggdrasil, terjadi gempa misterius yang menyebabkan kita jatuh ke bumi.

Game
Dragon Quest IX gameplay

Game ini mempunyai mekanik Turn-Base dengan visual yang terbilang sangat bagus untuk ukuran game NIntendo DS. Kita juga bisa merekrut orang untuk masuk ke party kita dan diberikan kebebasan untuk memilih job dari setiap member tersebut. Dunia yang dihadirkan juga cukup luas dan sangat seru untuk dieksplorasi. Terlebih dengan berbagai side quest yang ada, membuat game ini sangat adiktif untuk dimainkan.

Game “Suikoden Tierkreis”

Game
Suikoden Tierkreis
Genre Turn-Base
Developer Konami
Durasi Gameplay 40 Jam, 60 Jam untuk 100% complete

Banyak yang tidak tahu bahwa seri Suikoden juga rilis untuk Nintendo DS dengan judul Suikoden Tierkreis. Game ini pertama kali riis pada 18 Desember 2008 ekslusif untuk NDS. Dalam Suikoden Tierkreis, kita akan berperan sebagai Sieg yang mendapatkan kekuatan magis setelah membuka buku misterius. Sieg dan teman-temannya akhirnya harus terseret pada konflik perebutan buku misterius tersebut.

Game
Suikoden Tierkreis gameplay

Berbeda dengan seri Suikoden lainnya yang kental akan tema politiknya, game ini menghadirkan tema Multiverse. Banyak makhluk di dunia yang berbeda akan saling bertemu untuk mengalahkan The One King, main antagonis yang mempunyai tujuan untuk menyatukan seluruh multiverse menjadi satu dunia.

Sama seperti game Suikoden lainnya, kita juga diberi kebebasan untuk mengumpulkan member party kita dengan jumlah banyak, yaitu 108. Suikoden Tierkreis merupakan game wajib yang harus kalian mainkan di NDS, karena gameplay dan story-nya yang sangat megah dan menarik.

Game “Rune Factory 3”

Game
Rune Factory 3
Genre Action-RPG
Developer Natsume, Marvelous
Durasi Gameplay 24 Jam, 45 Jam untuk 100% Complete

Untuk penggemar seri Harvest Moon, game ini adalah seri wajib yang harus kalian coba di Nintendo DS. Rune Factory 3 adalah game yang menggabungkan elemen bercocok tanam dan beternak ala harvest moon dengan Action-RPG. Game ini sendiri pertama kali rilis pada 22 Oktober 2009 eksklusif untuk Nintendo DS.

Game
Rune Factory 3 gameplay

Dalam Rune Factory 3, kita bisa melakukan aktivitas layaknya harvest moon seperti bertani dan menjalin hubungan dengan NPC lainnya. Namun, kita juga diberi elemen Action RPG dimana kita bisa mengeksplorasi dungeon untuk mengumpulkan berbagai sumber daya dan melawan monster-monster. Game ini memiliki segudang side quest yang seru untuk dijalankan. Bahkan, kita juga bisa mengajak NPC untuk bergabung dalam tim kita dalam mengeksplorasi dungeon.

Ni No Kuni: Wrath of the White Witch

Game
Ni No Kuni Wrath of the White Witch
Genre Turn-Base
Developer Level-5
Durasi Gameplay 44 Jam, 92 Jam untuk 100% Complete

Ni No Kuni merupakan game yang pertama kali rilis untuk PS3 pada 17 November 2011. Game ini dirilis untuk platform-platform besar seperti PS3, PS4, Nintendo 3DS, Nintendo Switch, dan juga PC. Namun siapa sangka, game ini juga rilis untuk NDS yang secara spesifikasi jauh dibawah konsol lainnya. Walaupun dari segi visual versi NDS untuk game ini tentunya mempunya downgrade yang jauh, namun secara gameplay dan cerita game ini terbilang sangat bagus.

Game
Ni No Kuni Wrath of the White Witch gameplay

Ni No Kuni: Wrath of the White Witch bercerita tentang Oliver, seorang anak kecil yang berjuang untuk menyelamatkan ibunya yang koma karena serangan jantung. Saat Oliver menangis, tetesan air matanya menyentuh sebuah boneka pemberian ibunya bernama Drippy yang kemudian bisa hidup. Drippy berkata bahwa dia merupakan makhluk dari dunia sihir yang mempunyai keterkaitan dengan dunia dimana Oliver tinggal.

Oliver dan Drippy kemudian memulai petualangan ke negeri sihir untuk mengalahkan sebuah penyihir jahat bernama Shadar dan juga mencari obat untuk menyembuhkan ibunya. Game ini mempunyai artstyle Studio Gibli yang sangat khas dan indah, ditambah dengan adanya dubbing disetiap cutscenenya membuat game ini sangat berkualitas untuk ukuran game NDS.

Suka dengan artikel ini? Jangan lupa untuk membaca artikel menarik lainnya hanya di Gamefinity. Tetap menjadi gamer yang sultan dengan top up mudah dan murah di gamefinity.id

Share yuk !