Share yuk !

GAMEFINITY.ID, Yogyakarta – Seperti yang sudah di bahas di artikel sebelumnya, Jepang merupakan salah satu pencetus banyak developer terbaik untuk game PSP. Banyak sekali game yang dikeluarkan baik dari developer indie maupun triple-A yang akhirnya hanya rilis untuk region Jepang saja. Salah satu latar belakang adanya hal tersebut adalah penjualan PSP yang semakin turun dari tahun ke tahunnya karena kalah bersaing dengan NDS.

Karena banyaknya game PSP yang hanya rilis untuk region Jepang saja, maka kami membuat part 2 untuk daftar ini. Berikut ini adalah daftar kedua untuk game PSP terbaik yang hanya rilis di region Jepang, versi Gamefinity ID.

Baca Juga: 5 Game PSP Terbaik yang Hanya Rilis di Jepang

Wangan Midnight Portable

Game
Wangan Midnight Portable
Genre Racing
Tanggal Rilis  September 27, 2007
Developer  Genki
Patch English  Tidak ada

Wangan Midnight merupakan game racing yang diadaptasi dari anime dengan judul yang sama. Game ini menggunakan latar tempat di daerah Wangan, Jepang sebagai keseluruhan tracknya. Wangan Midnight Portable sendiri adalah versi handheld dari game Wangan Midnight yang rilis untuk PS2.

Datang dari developer Genki yang juga menggarap seri Tokyo Xtreme Racer, game ini membawakan suasana balapan di highway Jepang dengan cukup asik. Tersedia juga banyak entri mobil JDM yang bisa kita pilih dan modifikasi di game ini. Tidak lupa, kita juga akan melawan The Devil Z sebagai bossnya. The Devil Z sendiri adalah Nissan Fairlady 240z yang dimodifikasi secara khusus dan menjadi ikon untuk manga, anime, maupun game dari Wangan Midnight.

Game
Wangan Midnight Portable gameplay

Selain itu, kita juga bisa menemukan banyak mobil-mobil dan karakter dari animenya. Karakter seperti Tatsuya Shima dengan Porche 911 Turbonya dan Reina Akikawa dengan Nissan Skyline GT-R R32nya turut ikut masuk di game ini yang bisa kita lawan nantinya.

Super DanganRonpa 2: Sayonara Zetsubou Gakuen

Game
Super DanganRonpa 2
Genre  Visual Novel
Tanggal Rilis  Juli 26, 2012
Developer Spike Chunsoft
Patch English  Ada

Super DanganRonpa 2 adalah game visual novel yang dirilis oleh Spike Chunsoft. Game ini sendiri adalah sekuel untuk seri pertamanya, DanganRonpa: Trigger Happy Havoc. DanganRonpa 2 sendiri sudah dirilis secara global untuk versi PsVita keatas. Namun untuk versi PSPnya, game ini sendiri sebenarnya tidak mempunyai region global secara resmi.

Sama seperti seri sebelumnya, DanganRonpa 2 mempunyai 2 model gameplay. Mode yang pertama adalah School Life, dimana gameplay-nya akan terbagi menjadi kehidupan sekolah biasa dan Deadly Life section, serta mode kedua yaitu Class Trial.

Game
Super DanganRonpa 2 gameplay

Dalam DanganRonpa 2, kita akan berperan sebagai Hajime Hinata, seorang protagonis amnesia yang menjadi salah satu dari 15 murid pilihan di Kibogamine Gakuen atau Hope’s Peak akademy. Game ini sendiri juga mempunyai stage play yang rilis pada 2017 lalu di Roppongi, Tokyo dan Morinomiya, Osaka.

Genso Suikoden: Tsumugareshi Hyakunen no Toki

Game
Genso Suikoden
Genre  RPG
Tanggal Rilis  Februari 7, 2013
Developer  Konami
Patch English  Ada

Genso Suikoden: Tsumugareshi Hyakunen no Toki atau Suikoden: The Woven Web of a Century adalah seri Suikoden yang rilis eksklusif untuk PSP. Tidak banyak yang tahu bahwa Konami ternyata juga merilis seri Suikoden untuk konsol PSP. Mengingat game ini hanya rilis untuk region Jepang saja. Bahkan, patch English dari game ini juga baru rilis pada 2021 lalu.

Seperti Suikoden Tierkreis yang rilis untuk NDS, Suikoden: Tsumugareshi Hyakunen juga merupakan seri Suikoden yang terpisah dari timeline utama. Game ini berlatar di dunia multiverse “Million World” dan tidak mempunyai hubungan cerita dengan seri Suikoden lainnya.

Game
Genso Suikoden gameplay

Kita akan berperan sebagai protagonis dari desa terpencil bersama dengan 2 teman kita, yaitu Myura dan Zeno. Mereka bertiga akan dilempar ke masa 100 tahun kebelakang oleh karakter misterius bersama Xephon.Di masa lalu tersebut, kita akan berlatih untuk berhadapan dengan monster Centennial nantinya dan mencegah dunia dari kehancuran.

Game mempunyai visual 3d dengan artstyle anime yang cukup mengesankan. Selain itu, pengisi suara dari karakter-karakter di game ini juga merupakan para VA yang cukup terkenal. Protagonis di game ini di dubbing langsung oleh Hiroshi Kamiya, yang terkenal sebagai VA dari Levi di anime Attack on Titan. Selain itu, ada juga Jun Fukuyama, Yuki Kaji, Katsuyuki Konishi, dan juga Marina Inoue yang menjadi VA dari 4 karakter utama lainnya.

Monster Hunter Portable 3rd

Game
Monster Hunter Portable 3rd
Genre  Action-RPG
Tanggal Rilis Desember 01, 2010
Developer Capcom
Patch English  Ada

Monster Hunter Portable 3rd merupakan seri Monster Hunter terakhir yang rilis untuk versi PSP. Untuk seukuran game PSP, Monster Hunter Portable 3rd mempunyai visual yang cukup unggul dibandingkan game-game lainnya. Apalagi game ini juga mempunyai mod berupa HD version yang bisa kalian cari di internet.

Game ini mempunyai mekanik yang kurang lebih sama dengan seri Monster Hunter sebelumnya seperti MH: Freedom dan Freedom Unite. Monster Hunter menggunakan elemen Action-RPG dengan Main Quest dan Side Quest yang sangat banyak untuk mendapatkan looting yang beragam yang bisa digunakan untuk upgrade senjata maupun armor.

Game
Monster Hunter Portable 3rd gameplay

Jika rata-rata game RPG itu mempunyai pembawaan story yang kuat dan kompleks. Seri Monster Hunter adalah game RPG yang kuat di sisi gameplay yang bervariatif dan cocok untuk dimainkan berulang-ulang dan playstyle yang berbeda. Kesederhanaan gameplay-nya namun dengan tingkat kesulitan yang lumayan tinggi membuat game ini menjadi salah satu game wajib yang harus di coba di konsol PSP.

Final Fantasy Type-0

Game
Final Fantasy Type-0
Genre  Action-RPG
Tanggal Rilis  Oktober 27, 2011
Developer Square Enix
Patch English  Ada

Final Fantasy Reshiki atau Final Fantasy Type-0 adalah seri Final Fantasy yang rilis untuk PSP, PS Vita, dan juga PS4. Jika dibandingkan, Final Fantasy Type-0 adalah game dengan visual dan gameplay yang melebihi game-game PSP lainnya.

Game sendiri bercerita tentang perang antara fraksi Militesi Empire dengan Dominion of Rubrum. Fraksi Rubrum adalah negara yang mempunyai basis kekuatan magic dan mempunyai sumber kekuatan utama dari sihir.

Game
Final Fantasy Type-0 Gameplay

Dalam game ini, kita akan berperan sebagai 14 karakter utama yaitu Ace, Deuce, Trey, Cater, Cinque, Sice, Seven, Eight, Nine, Jack, Queen,, King, Machina, dan Rem. Kita akan menggunakan 14 karakter yang tergabung dalam Class Zero ini untuk melawan balik Militesi Empire dan mencegah Rubrum dari kehancuran.

Suka dengan artikel ini? Jangan lupa untuk membaca artikel menarik lainnya hanya di Gamefinity. Tetap menjadi gamer yang sultan dengan top up mudah dan murah di gamefinity.id

Share yuk !