Share yuk !

GAMEFINITY.ID, Kota Batu – Musou, mungkin bagi sebagian orang pernah mendengar kata tersebut. Musou merupakan sebuah genre tersendiri. Bagi sebagian orang, mungkin merasa tidak pernah mendengar genre tersebut, namun pernah memainkan salah satu game-nya.

Musou In-image | Fate Extella Link
Salah satu ciri game Musou adalah dikeroyok | Fate Extella Link

Ya, memang Musou ini merupakan salah satu genre game yang tidak sepopuler RPG, namun keberadaannya cukup terkenal dan dianggap oleh sebagian besar gamers. Apa sih itu Musou game? Kenapa banyak orang yang tidak sadar sudah pernah memainkan salah satu game-nya?

Asal dari Nama Musou

Mendengar kata Musou kalian pasti ingat Musou skill dari Dynasty Warrior series. Skill tersebut merupakan sebuah skill pamungkas dari sebuah karakter dalam game Dynasty Warrior.

Meski nama genre ini diambil dari game tersebut, namun asal-usul nama Musou bukanlah sebuah nama skill. Nama Musou diambil dari nama game Dynasty Warrior di PS1 pada versi Jepangnya, yaitu Sengoku Musou yang berarti War of Three Kingdom.

Game Dynasty Warrior yang pertama ini meskipun mengemban nama Musou bukanlah sebuah game dengan genre Musou. Genre dari game tersebut adalah fighting yang memang sedang ngetren di akhir ’90-an.

Barulah ketika Dynasty Warrior 3 rilis dan nama versi Jepangnya berubah menjadi Shin Sengoku Musou, genre Musou ini lahir.

Pengertian dari Genre Musou

Umumnya, genre Musou sendiri merupakan sebuah genre yang identik dengan game yang mengangkat tema negara Cina dalam kisah “Romance Three Kingdom”. Berdasarkan pengertian awal tersebut, sebuah game strategi dari tahun 1980-an yang mengangkat tema yang selaras akan dikategorikan sebagai game Musou.

Namun, seiring berkembangnya zaman, genre Musou sendiri sudah tidak terikat dengan satu tema saja. Hanya bentuk gameplay-nya saja yang pengertiannya masih sama dari zaman Dynasty Warrior 3.

Sebuah game yang memberi pemain kebebasan untuk bertualang di sebuah map tertentu, bertujuan untuk merebut sebuah poin. Hal tersebut dibarengi dengan combat system yang melibatkan banyak pasukan sehingga pemain dapat menghajar satu pasukan hingga dapat menciptakan combo dan kill terbanyak pada tentara musuh.

Kira-kira seperti itulah pemaknaan dari genre Musou yang diadaptasi bila keluar dari temanya.

Baca Juga: Mengenal Lebih Jauh Tentang Game Bergenre Rhythm

Perbedaannya dengan Hack and Slash Lainnya

Musou game pada hakikatnya merupakan sebuah pengembangan dari game hack and slash. Namun, perbedaan terbesarnya ada di dalam jumlah musuh yang dilawan dan objektif dari game-nya.

Game hack and slash lain seperti Ninja Gaiden, atau yang berpadu seperi Genshin Impact tidak memiliki musuh dalam jumlah besar. Pada dua game tersebut, para pemain akan dihadapkan dengan 1 musuh kuat, atau beberapa musuh lemah yang jumlahnya maksimal belasan.

Dalam genre Musou, karena memang temanya adalah peperangan, jumlah musuh yang dilawan pun bisa puluhan hingga ratusan. Karena jumlahnya banyak, pemain lebih ditujukan untuk bermain dengan lebih menikmati kepuasan mengalahkan ratusan orang dalam sekali pukul. Bila dibandingkan dengan Dark Souls, maka Musou ini jauh lebih santai.

Baca Juga: Mengenal Lebih Jauh Game Visual Novel

Berbagai Contoh Game

Musou sendiri berasal dari seri Dynasty Warrior. Oleh karena itu, game tersebut merupakan contoh besar dari genre Musou.

Lalu ada juga saudaranya, yaitu Samurai Warrior yang juga buatan Koei Tecmo. Kedua game tersebut akhirnya bertemu pada game berjudul Warrior Orochi.

Sengoku Basara juga merupakan salah satu game bergenre Musou. Bila juga mengikuti serial Fate, maka juga patut mencoba Fate/Extella dengan inovasi Musou yang tidak harus berjalan jauh dan dapat melakukan teleport.

Bila suka One Piece ada juga game Musou dari serial One Piece berjudul One Piece: Pirate Warrior. Bahkan Legend of Zelda juga mempunyai genre Musou miliknya sendiri, yaitu Hyrule Warrior.

Tak lupa ada Persona 5 Strikers yang merupakan Musou game dari serial Persona yang biasanya merupakan game genre RPG. Dan ada masih banyak lagi yang tidak dapat disebutkan satu persatu.

Share yuk !