Share yuk !

GAMEFINITY.ID, Bandar Lampung – Playstation Emulator merupakan sebuah Software atau program untuk menjalankan game-game Playstation Series di perangkat yang berbeda atau Cross-Platform.

Playstation Emulator pertama kali hadir pada awal tahun 1998 yang menjadi piranti pejalan   Playstation 1 yang berjalan secara komersial.

Baca Juga : Rekomendasi Emulator Nintendo Series di PC Ramah Interface

Daftar Emulator Terbaik Playstation Series

Seiring perkembangan teknologi, telah banyak emulator yang lebih baik pada tiap generasinya dan tentunya lebih kompatibel dengan perangkat masa kini. Berikut Emulator Playstation Series yang dapat kamu coba.

PCSX2

Playstation Emulator
PCSX2 – Nostalgia Bersama Daftar Emulator Terbaik Playstation Series

PCSX2 menjadi salah satu emulator konsol Playstation 2 andalan para pemain diluaran sana. Menjadi salah satu emulator gratis dan Open-Source yang hadir dengan kompatibilitas dan fitur fungsi menarik lainnya.

PCSX2 dirilis awal pada Maret 2002 yang dikembangkan oleh PCSX2 Team, dan di program oleh beberapa pihak, salah satunya adalah Linuzappz. Hadir untuk platform Windows, MacOS, dan Linux.

Selain itu, PCSX2 menjadi salah satu bahkan satu-satunya emulator yang stabil dan dapat digunakan di perangkat spesifikasi rendah seperti Intel Dual Core maupun Amd seri lawas yang didukung dengan RAM yang cukup.

Sebagai salah satu emulator konsol Playstation 2, PCSX2 hadir di beberapa platform berbeda seperti Windows, MacOS, dan Linux. PCSX2 dapat dengan berfungsi di perangkat dengan arsitektur 32 bit maupun 64 bit hingga series AMD64.

PCSX2 dapat menjalankan hampir sepenuhnya game-game di Playstation 2 dengan cukup baik. Bahkan walaupun sudah ada game Playstation 2 yang telah porting untuk Windows, masih tetap Worth untuk memainkan series tersebut di PCSX2. Salah satu game yang sangat kompatibel hingga mampu berjalan di spesifikasi rendah adalah Harvest Moon: Save The Homeland.

PCSX2 sebagai Emulator konsol tidak memiliki hal rumit dalam set up emulator-nya. Pemain hanya perlu menginstal dan menyiapkan Bios dan beberapa driver pendukung, jangan lupa file ISO game Playstation 2 untuk Running game.

PPSSPP

Playstation Emulator
PPSSPP – Nostalgia Bersama Daftar Emulator Terbaik Playstation Series

PPSSPP merupakan salah satu emulator populer untuk menjalankan game konsol, Playstation Portable. Emulator yang cukup stabil dan memiliki banyak konfigurasi umum demi mendukung jalan dan pengalaman bermain.

PPSSPP dirilis awal pada November 2012 yang dikembangkan oleh PPSSPP Team dengan Henry Rydgard sebagai author-nya. PPSSPP hadir di platform Windows, MacOS, Linux, IOS, Android,  BlackBerry 10, Symbian, Pandora Wii U, dan Raspberry Pi.

Sebagai emulator paling banyak digunakan, PPSSPP dapat juga menjalankan semua series game untuk konsol Playstation Portable. Selain itu, banyak game Playstation Portable yang cukup Worth it dan memorable.

Sama seperti emulator PCSX2, PPSSPP menjadi emulator Open-Source yang dapat dimodifikasi hingga diberi konfigurasi tambahan baik pada emulator-nya, maupun game-nya. Salah satu keunggulan dari PPSSPP adalah kestabilan dan betapa ringannya emulator ini.

PPSSPP dapat berkerja di platform berarsitektur 32-64 bit, ARM, dan ARM64. Memiliki 2 jenis PPSSPP yaitu, PPSSPP Biasa dan PPSSPP Gold.

Emulator PPSSPP sangat stabil dan mampu berkerja dengan sangat baik di perangkat dengan spesifiasi rendah sekalipun. Penulis juga menggunakan PPSSPP untuk bermain Assassin’s Creed: Bloodlines di PC berspesifikasi Intel Dual Core, dengan dukungan RAM 2GB. Assassin’s Creed: Bloodlines dapat berjalan lancar di spesifikasi rendah itu.

Selain di PC, penulis juga menggunakan emulator PPSSPP di Android yang sama-sama memiliki spesifikasi rendah juga. Salah satu game yang dimainkan adalah Naruto Shippuden: Ultimate Ninja Impact, game ini cukup lancar dimainkan di perangkat Redmi 6A dengan dukungan prosesor Mediatek A22.

RetroArch

Playstation Emulator
RetroArch – Nostalgia Bersama Daftar Emulator Terbaik Playstation Series

RetroArch menjadi salah satu emulator rekomendasi penulis selanjutnya. RetroArch sendiri merupakan emulator Cross-Platform yang dapat berjalan di tipe perangkat yang cukup banyak. RetroArch menjadi salah satu emulator dengan interface yang cukup terasa melegakan.

RetroArch pertama kali rilis pada Mei 2010 yang dikembangkan oleh Libretro. Selain itu, RetroArch mampu berkerja antar platform dengan arsitektur yang berbeda-beda. Salah satu arsitektur yang dapat mendukung RetroArch adalah Cell.

RetroArch menjadi emulator yang cukup lawas, walau tidak selawas pendahulunya yaitu PCSX. Selain berfungsi sebagai emulator, RetroArch mampu berkerja sebagai game engines, video games, media players, dan beberapa fitur aplikasi lainnya.

RetroArch dapat digunakan untuk memainkan game-game dari Playstation 3, Playstation Portable, Playstation Vita, Wii, Wii U dan banyak lainnya. Selain untuk memainkan game konsol, RetroArch juga dapat dipakai untuk memainkan game Retro.

RetroArch cukup worth it untuk pemain yang tidak ingin ribet dalam hal memilih emulator. Berkat RetroArch, pemain dapat memainkan game-game Multi-Platform konsol dalam satu program. Mengingat bahwa RetroArch diperuntutkan untuk menjalankan game konsol new gen atau Playstation Series, maka dibutuhkan perangkat berspesifikasi mumpuni dalam menjalankan game dengan hasil maksimal.

ePSXe

Playstation Emulator
ePSXe – Nostalgia Bersama Daftar Emulator Terbaik Playstation Series

ePSXe merupakan salah satu emulator konsol Playstation paling lawas setelah PSEmu. Emulator yang hadir tidak lama setelah rilisnya Playstation 1. Dapat dipastikan untuk ukuran sekarang ePSXe menjadi emulator paling stabil untuk Roms Playstation 1.

Tidak seperti emulator kebanyakan, ePSXe bukanlah program Open-Source terkecuali untuk API dan Plugin didalamnya. Termasuk emulator yang dapat berjalan di spesifikasi paling rendah.

ePSXe rilis awal pada Oktober 2000 yang berarti berjarak 6 tahunan dari rilisnya Playstation 1. Emulator ini dikembangkan oleh ePSXe Software, yang terdiri atas 3 author asli yaitu calb, +_Demo_, dan Galtor. ePSXe dapat berjalan di multi perangkat seperti di Windows, Linux, Android, dan MacOS.

ePSXe tidak membutuhkan perangkat berspesifikasi tinggi untuk menjalankan game-nya. Bahkan untuk Windows dengan spesifikasi Intel Pentium III sekalipun dapat menjalankannya, dan prosesor yang setara dengan Intel Atom dapat menjalankan untuk versi Android-nya.

Sekian rekomendasi emulator Playstation Series yang dapat penulis sampaikan. Emulator diatas telah dipilih dan compare oleh penulis dengan berbagai macam platform, dan juga menggunakan perangkat berspesifikasi paling minimum untuk penggunaan emulator.

Update informasi menarik lainnya seputar rekomendasi dan info seputar game hanya di Gamefinity. Gamefinity.id  menyediakan jasa pengisian top up dan voucher game dengan cara yang mudah dan pastinya terjangkau.

Share yuk !