Share yuk !

GAMEFINITY.ID, Bandar Lampung – SNK Corporation atau SNK Corp. merupakan perusahaan perangkat keras dan perangkat lunak video game dari Jepang. Menjadi penerus dari Shin Nihon Kikaku yang saat ini juga memiliki judul video game SNK dan platform Neo Geo.

Shin Nihon Kikaku selaku penerus SNK sendiri berdiri pada 22 Juli 1978 oleh Eikichi Kawasaki di Suiko, Osaka, Jepang. Memiliki nama pada awalnya adalah Shin Nihon Kikaku, dan punya arti berupa Proyek Baru Jepang.

Perusahaan ini mengalami perkembangan sedikit demi sedikit, Shin Nihon Kikaku lebih dikenal oleh umum dengan sebutan SNK Corporation dan menjadi nama resmi perusahaan ini di tahun 1986.

Baca Juga : Hatsune Miku: Project Diva, Legenda Vocaloid Dalam Genggaman

Awal Debut SNK Sebagai Pengembang Arcade Machine

SNK atau Shin Nihon Kikaku berdiri pada 1973 mengalami re-organisasi pada atahun 1978 sebagai perusahaan saham dengan nama yang sama, hanya di tambah Corporation dibelakang namanya. Menjadi salah satu perusahaan yang ikut menghadirkan dan pemasaran game koin secara independen.

Pada tahun 1980-an, SNK telah merilis dua judul pertamanya, yaitu Ozma Wars (1979) dan Safari Rally (1980), mendapati peningkatan yang cukup signifikan dalam waktu 1 tahun dengan dibuktikan dengan rilisnya Vanguard.

Game-game tersebut dilisensikan ke Centuri untuk distribusi di Amerika Utara, dan Vanguard menjadi sebagian dari keberhasilan Centuri sebagai distributor game. Cabang di Amerika sendiri dibuka pada 20 Oktober 1981 yang bernama SNK Electronics Corporation.

Bangkrut dan Playmore Corp yang Melambung Tinggi

SNK sebagai pengembang game, mereka berfokus pada industri arcade game yang booming saat itu ditahun 1990-an, tetapi karena minat terhadap arcade game jatuh ke platform konsol rumahan dan portable ditahun 2000-an, mereka tidak mampu menyesuaikan diri dengan market yang terus berubah. Hal ini menyebabkan kegagalan SNK dalam versifikasi ke pasar baru untuk perilisan perangkat kerasnya.

SNK Corporation
Metal Slug – SNK Sebagai Perusahaan Game Dengan Produk yang Memorable

Tepat di 22 Oktober 2001, SNK mengajukan pailit dan penempatan hak intelektual untuk produk yang sebelumnya dilelang. Beberapa game dan hak pengembangan SNK untuk produknya dijual ke beberapa perusahaan lain. Salah satunya BrezzaSoft yang memproduksi franchise The King of Fighters di 2001 dan 2002, kemudian Mega Enterprise  yang turut mengembangkan Metal Slug 4.

Untuk membangun kembali eksistensinya, Playmore mengakusisi BrezzaSoft dan mantan pengembang SNK, serta pengembang Neo Geo yang berbasis di Jepang. pada Juli 2003, Playmore mengakusisi dan mengkonsolidasikan semua entitas kedalam SNK Playmore, hal ini lakukan setelah mendapatkan haknya kembali untuk menggunakan nama SNK dari Aruze.

Drama Sana-Sini Berakhir dengan Hadirnya Nama Baru, SNK Playmore

Pada September 2006 di Tokyo Game Show, SNK Playmore mengumumkan bahwa mereka telah berhenti memproduksi game di Atomiswave yang mendukung  platform arcade Type X2 Taito. Tentunya hal ini memberikan dampak berupa penurunan industri game komersial, dan beberapanya mengalihkan pengembangannya ke game konsumen, salah satunya game asli PlayStation 2, Nintendo DS, Mobile, dan beberapa platform lainnya.

SNK Corporation
King of Fighters XV – SNK Sebagai Perusahaan Game Dengan Produk yang Memorable

Beberapa game yang hadir dan terkenal setelah kebangkitan SNK Playmore sendiri, merupakan game yang trend hingga saat ini. Beberapa franchise-nya seperti Metal Slug Series dan King of Fighters: Maksimum Impact.

Update informasi menarik lainnya seputar game hanya di Gamefinity. Gamefinity.id menyediakan jasa pengisian top up dan voucher game dengan cara yang mudah dan pastinya terjangkau.

Share yuk !