Share yuk !

GAMEFINITY.ID, Kota Bandung — Sudah menjadi hal yang lumrah bahwa pembajakan software atau video games terjadi di sekeliling kita, baik dari lingkungan sekolah hingga pelayanan umum. Bahkan banyak penyedia layanan perbaikan pun memfasilitasi dan menjual berbagai produk bajakan dengan harga yang miring dan menggiurkan.

Karena kebiasaan tersebut, banyak orang kurang menyadari betapa merugikannya pembajakan bagi user maupun developer ataupun perusahaan. Baik diselipkannya suatu malware, melanggar hukum legalitas, dan banyak hal lainnya yang tidak akan secara spesifik dibahas pada kesempatan kali ini.

Dengan adanya artikel ini, penulis berharap anda mampu untuk keluar dari zona pembajakan tersebut. Apakah anda siap?

1. Tanamkan Niat dan Kuatkan Prinsip

Sebelum anda melangkah lebih jauh, pastikan anda sudah tekadkan niat dengan bulat untuk mulai “berhijrah” ke jalan yang legal. Karena apabila anda sudah terbiasa dengan pembajakan, mungkin jalan anda kedepannya akan cukup menantang dan berliku-liku.

Anda akan mulai sering tergoda untuk bermain games impian anda secara gratis seperti dahulu kala. Tapi tidak dengan sekarang. Kini anda harus berusaha dan mengeluarkan uang untuk membeli game tersebut secara legal.

Reminder : 1 game legal lebih baik dibanding 100 games bajakan

2. Beralih Ke Game Gratis

Jika anda belum mampu untuk membeli game impian anda, mungkin anda bisa memilih jalan alternatif untuk mencoba game free-to-play atau gratis terlebih dahulu. Diluar sana cukup banyak game free-to-play yang tak kalah asik untuk dimainkan.

Selain mencoba game free-to-play, pastikan juga diri anda up-to-date dengan informasi video games. Karena ada beberapa kesempatan game berbayar akan digratiskan oleh publisher ataupun marketplace dalam waktu yang tertentu seperti di Play Store, Epic Games Store, ataupun marketplace lainnya.

Pro Tips : Jangan lupa claim game AAA gratis

3. Sayangi Perangkat Anda

Sudah bukan rahasia lagi jika banyak device rusak dikarenakan tindakan user yang berbahaya, salah satunya dengan menginstall software secara dari sumber yang illegal dan tidak bisa dibuktikan validitasnya.

Jika anda menyayangi PC atau smartphone anda, anda mungkin tidak akan mencoba mengambil resiko melakukan pembajakan demi melindungi keamanan data maupun fungsi dari device yang anda miliki. Membeli perangkat tersebut bukanlah hal yang murah, jadi sebaiknya anda menjaga baik-baik perangkat yang anda miliki.

Reminder : Legal is safer and better

4. Belajar Berempati

Untuk membuat suatu produk digital bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Perusahaan membutuhkan uang untuk membayar karyawan mereka yang bekerja tiap siang dan malam untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari mereka.

Anda juga akan memahami bahwa mereka yang memberi produk juga manusia, sama seperti anda yang membutuhkan bayaran untuk bertahan hidup. Dengan tindakan anda yang membajak, anda telah merampas hak mereka dan mencuri apa yang seharusnya anda beli.

Jika masih belum mengerti, anda bisa mencoba untuk melakukan simulasi sendiri dari pembuatan sebuah produk. Baik dengan merancang desain UX hingga implementasi produk dengan baris kode pemrograman. Kegiatan tersebut akan cukup melelahkanmu dan memberimu pemahaman tentang rasa letih yang mereka rasakan.

Jadi mau tunggu kapan lagi? Ayo segera langkahkan kaki untuk hijrah sekarang juga. Mari kita katakan, “membeli produk legal adalah jalan ninjaku”! Terdengar keren, bukan? 🙂

Share yuk !