5 Bukti Bahwa Game Berguna Di Dunia Nyata

Inuoka Kiryuu, 15 Juni 2021

5 Bukti Bahwa Game Berguna Di Dunia NyataGame
Banner Ads

GAMEFINITY.ID,Bandung – Dalam perkembangan video game bisa di lihat dari berbagai aspek, salah satu nya yang paling terlihat adalah kerealistisan nya, ternyata video game yang terus berkembang mendekati dunia nyata juga punya manfaat untuk dunia nyata dibuktikan dengan berbagai kebutuhan dunia nyata, berikut yang pernah mengaplikasikan manfaat bermain game dari simulasi yang dibuat baik untuk melatih penggunanya maupun untuk mengefisienkan suatu pekerjaan, atau bahkan memanfaatkan besar nya suatu community game untuk melakukan kegiatan yang bermanfaat.

Jadi bisa dibilang bermain game sudah menjadi lebih dari sekedar hobby, apalagi sebuah penyakit kecanduan seperti yang dikabarkan oleh media kalau gamer adalah kumpulan orang antisosial,psikopat,beban masyarakat yang suka meniru kekerasan dalam game. Jadi ini lah 5 dimana video game sudah membantu umat manusia dan dunia untuk lebih maju, untuk itu inilah 5 bukti kalau game berguna di dunia nyata.

1.Untuk Simulasi Latihan Dokter Bedah


Menurut penelitian dari dokter James C. Rosser mengatakan bahwa bermain video game bisa meningkatkan skill operasi, dimana dibuktikan kalau orang yang bermain game lebih dari tiga jam per minggu 37% lebih rendah untuk melakukan kesalahan selama praktek operasi sekaligus berkemungkinan menyelesaikan 27% lebih cepat.

Selain itu ada banyak peneliti yang setuju kalau skill bermain game bisa mempengaruhi performa seorang dokter terutama melakukan suatu hal sangat akurat dan ketepatan yang tinggi, karena itu sebuah perusahaan bernama Level Ex membuat game simulasi untuk dokter, di game ini berbagai simulasi nya di buat dengan akurat supaya dokter bisa benar benar meningkatkan skill nya melalui bermain game.

Dalam melakukan operasi pun bergantung dengan skill dokter agar dapat sukses untuk melakukan operasi dan skill dokter tersebut dapat di tingkatkan dengan bermain game berarti sukses nya operasi bisa bergantung dengan bermain game.

2. Simulasi Latihan Polisi


Dalam game shooter bertema militer atau polisi dibuat realistis mungkin yang nama nya game pasti akan di paksa untuk menembaki musuh, lain hal nya dengan skenario yang di hadapi polisi yang jauh lebih rumit dari itu, karena itu perusahaan bernama Vitra membuat sebuah simulasi virtual reality dalam screen besar untuk melatih polisi menghadapi setiap keadaan yang tidak terduga.

Cara kerja simulator ini adalah memberikan cabang di setiap skenario dari berbagai aksi yang di pilih, simulasi ini bisa melatih beberapa hal seperti mengindentifikasi petunjuk verbal maupun non verbal, mempraktekan aksi sesuai prosedur dan meminimalisir kekerasan, walaupun simulasi ini juga dapat digunakan sebagai latihan menembak, latihan ini dapat melatih koordinasi mata dan tangan tapi yang jelas bahwa manfaat dari game tersebut dapat menyelamatkan nyawa orang yang dalam bahaya.

3.Mendesain Tempat Umum


Sebagai badan bentukan PBB yang khusus menangani pemukiman penduduk yang mempunyai tujuan untuk bisa memberikan lingkungan perkotaan yang ideal untuk masyarakat tapi untuk mendesain daerah perkotaan selalu menjadi tantangan tersendiri karena area yang di desain harus sesuai kebutuhan masyarakat tanpa merugikan siapapun.

Oleh sebab itu Un-Habitat bekerja sama dengan Mojang untuk membuat program bernama Block By Block, program dimana minecraft akan digunakan untuk mendesain berbagai tempat umum yang dibutuhkan masyarakat suatu kota, dengan minecraft semua orang bisa melibatkan ide ide mereka dalam mendesain tempat yang akan mereka gunakan.

Project-project yang berhasil dibuat sangatlah banyak sebagai contoh nya ialah ruang publik di Surabaya, Indonesia. Membangun jalan yang aman bagi siswi di Hanoi, Vietnam. Membangun taman bermain di Mumbai, India. Walaupun program mendesain tempat umum tersebut masih di batasi dengan keadaan lingkungan di dunia nyata tapi yang jelas bahwa game minecraft ini bisa mensejahterakan kehidupan masyarakat di dunia nyata.

4.Untuk Donor Darah


Bandai Namco memutuskan untuk mempromosikan pentingnya donor darah dengan cara yang sangat tidak biasa, untuk merayakan rilis nya Code Vein Bandai Namco bersama dengan palang merah Amerika akan memberikan 1 copy Code Vein secara gratis bagi siapapun yang mau mendonorkan darah nya.

Ide seperti sangatlah bermanfaat bagi banyak orang, menurut palang merah amerika setiap 2 detik seseorang di amerika akan membutuhkan suplai darah, dimana setiap donasi akan membantu setiap 3 orang, dari imbalan untuk pendonor darah adalah game, bisa di bilang keinginan untuk memainkan suatu game sudah memotivasi game untuk membantu banyak orang yang membutuhkan darah.

5.Untuk Terapi Fisik
Olahraga adalah suatu kebutuhan utama untuk tubuh manusia, tapi kalau video game dianggap membuat malas untuk olahraga, sebenarnya ada satu game yang membuktikan bahwa hal itu tidak benar yaitu Wii Fit, Wii Fit berisikan berbagai mini-sport game yang di mainkan menggunakan peripheral bernama Balance Board.

Dengan Wii Fit berbagai macam jenis olahraga yang menyenangkan bisa kita lakukan di dalam rumah, tapi manfaat dari Wii Fit ternyata lebih besar dari itu karena menurut penelitian Dr. Penelope McNulty dikatakan bahwa bermain game sangat efektif di gunakan untuk rehabilitasi pasien Stroke.

Game yang digunakan untuk para pasien Stroke adalah Wii Fit, pertama karena bermain WIi Fit melibatkan aktivitas fisik yang tidak terlalu berat untuk bisa memulihkan fisik pasien, walaupun ada banyak jenis aktivitas fisik lain yang bisa di lakukan, yang membuat Wii Fit lebih efektif adalah karena menyenangkan untuk dilakukan, hasil dari terapi ini juga sudah terbukti memulihkan pasien Stroke dengan menunjukkan perkembangan yang sangat drastis.

author avatar
Inuoka Kiryuu
Seorang Wibu Gamer Yang Suka Bermain Valorant Dan Genshin Impact Dalam Perjalanan Nya Untuk Meraih Kebahagiaan Yang Ia Ingin Capai Walau Penuh Tantangan Ia Tetap Semangat Melewati nya. Mohon Support nya kawan kawan, Bagi yang minat berkenalan Add aja Sosial Media nya.
Share Artikel:
Banner Ads

Post Terkait: