Share yuk !

GAMEFINITY.ID, Kota Bandung — Perkembangan teknologi merupakan hal yang sangat cepat dan berlalu untuk dirasakan. Siapa sangka, video games sendiri sudah hampir ada sekitar 50 tahun dan jutaan produk video games telah keluar hingga sekarang.

Mungkin saja diantara kalian sudah bermain video games dari zaman keemasan PS1, SNES, atau bahkan SEGA. Namun jangan bangga dan ingin berkata “anak zaman sekarang ga bakal ngerasain” terlebih dahulu. Selain konsol yang telah disebutkan sebelumnya, masih ada permainan atau konsol yang lebih tua. Apakah anda penasaran apa saja? Jika iya, silahkan simak artikel ini lebih lanjut ya.

5. Magnavox Odyssey (1972)

Rilis pertama kali pada September 1972, Magnavox Odyssey menjadi konsol rumahan pertama yang pernah ada. Ide ini pertama kali dicetuskan oleh Ralph H. Baer dan dia telah menghabiskan sekian tahun bersama kerabatnya hanya untuk membuat prototype dari konsol ini.

Beberapa game yang tersedia dalam konsol ini diantara lainnya adalah : Ski, Simon Says, Hockey, Roulette, Haunted House, Analogic, States, Table Tennis, Cat and Mouse, dan Submarine.

4. Galaxy Game (1971)

Game ini diciptakan oleh Bill Pitts dan Hugh Tuck di Stanford University pada September 1971. Waktu tersebut merupakan dimana Syzygy Engineering merilis game arcade bernama Computer Space.

Untuk bermain Galaxy Game, anda perlu membayar sebanyak 10 cents sendiri atau 25 cents bagi 3 player. Game ini disambut dengan baik dan cukup populer oleh banyak kalangan pelajar pada masanya.

Namun sayangnya, Pitts dan Tuck gagal untuk menjadikannya sebagai video games komersil dikarenakan mereka terlalu fokus perbaikan game dan tidak diiringi dengan sisi bisnis.

3. Computer Space (1971)

Computer Space merupakan game arkade ruang angkasa pertama yang pernah dibuat dan game arkade pertama yang berhasil menjadi video game komersil. Game ini dikembangkan pada tahun 1971 oleh Nolan Bushnell dan Ted Dabney yang kemudian menjadi pendiri dari Atari.

Game ini merupakan turunan dari video game komputer berjudul Spacewar! yang rilis pada tahun 1962 dan menjadi game pertama yang dimainkan dengan koin di dunia.

2. Spacewar! (1962)

Dari semua list yang ada sebelumnya, Spacewar! mungkin adalah video game yang paling berpengaruh. Selain itu, game ini juga sangat penting karena dianggap sebagai video game pertama dalam catatan U.S. Library of Congress (LC).

Game ini sangat terkenal diantara kalangan komunitas programmer pada sekitar tahun 1960 dan telah menginspirasi game arcade komersil pertama, yaitu Computer Space.

Spacewar! dikembangkan oleh Steve Russell dengan bantuan Martin Graetz dan Wayne Wiitanen. Game tersebut kemudian diciptakan untuk komputer DEC PDP-1 di Institut Teknologi Massachusetts (MIT). Setelah gamenya rilis, pelajar dan pekerja dari universitas mengembangkan game ini lebih lanjut.

1. Tennis for Two (1958)

Tennis for Two seringkali dianggap sebagai video games paling tua yang dalam catatan sejarah dunia. Game ini diciptakan pada tanggal 18 Oktober 1958 oleh seorang fisikawan Amerika Serikat yang bernama William Higinbotham.

Berbeda dengan yang lain, Tennis for Two merupakan game yang sengaja murni diciptakan untuk tujuan hiburan ketimbang dengan riset akademi yang ada dalam perguruan tinggi.

Jadi, video game mana yang menurutmu paling menarik?

Share yuk !