Share yuk !

GAMEFINITY.ID, Tanjung Balai Karimun – Game sendiri mempunyai banyak sekali genre yang bisa dinikmati oleh para pemainnya, mulai dari game petualangan, horror, music, dan masih banyak sekali genre lainnya.

Namun, pernahkah kalian sadar bahwa ada beberapa game yang memiliki visual ceria, seru dan menyenangkan ternyata menyimpan kisah yang cukup membuat hati para pemain terikat emosional yang tinggi. Nah disini kita akan mengulas game-game yang terlihat menyenangkan namun bisa membuat pemain mewek saat mengetahui back storynya, yuk langsung disimak.

Omori

Game ini sebenarnya sudah memberikan peringatan kepada para pemainnya, bahwa akan ada konten yang cukup sensitive dalam game ini. Namun, untuk orang yang memainkan game ini tanpa membaca sinopsis dan juga hanya melihat screenshot game ini saja, kalian akan kaget dengan isi dalam game ini.

Game ini membawa visual yang warna warni dan sangat ceria, Nampak seperti game-game lucu dengan konsep game 2 dimensi. Namun, game ini membawa cerita yang cukup dalam, terutama untuk penderita mental. Game ini merupakan kisah dari penyesalan, depresi dan juga trauma. Jika kalian pecinta game RPG Turn Base yang sangat emosional, game ini cocok untuk kalian mainkan.

Undertale

Ya untuk game yang satu ini tentunya kalian para gamers RPG akut sudah tau soal game ini ya, namun untuk kalian yang baru ingin terjun kedua RPG game, Undertale adalah game yang menghilangkan formula klise pada game RPG saat ini.

Di Undertale kalian akan diberikan opsi untuk interaksi dan berdamai dengan musuh, tidak seperti game RPG pada umumnya yang akan mengharuskan kamu membunuh musuh meskipun mereka terlihat ramah. Ending dari game ini juga akan bergantung dengan apa yang kalian lakukan selama perjalanan kalian didalam game. Dan game ini akan memberikan kalian rasa emosional yang tinggi, tentang, pertemanan, perspektif dan juga mencari tahu siapa monster sesungguhnya.

Ori Series

Game Ori memberikan visual yang sangat berwarna dan ceria, untuk orang-orang yang hanya melihat screenshot dari game ini saja, tidak akan menyangka kalau game ini bisa membuat pemainnya menjadi murung dan bersedih. Dari awal permainan saja kalian sudah akan disuguhkan oleh konflik yang menimpa dua karakter dalam game ini.

Dan melankolia dalam game ini tidak hanya dalam satu game saja, contohnya saja sekuel dari game ini yaitu Ori and The Will of the Wisp. Akan tetap memberikan kalian perasaan sedih, murung selama bermain.

Mother 3

Jika kalian mendengar kata “nitendo” apa yang akan kalian pikirkan?, game keluarga?, hal-hal menyenangkan?, semua pernyataan itu memang benar, namun sebuah pengecualian besar untuk Game berjudul Mother 3 ini, Game JRPG ini memberikan kesan emosional dan sangat tragis kepada karakter utamanya.

Hal yang cukup menarik karena nitendo memberikan suasana baru dalam konsol milik mereka, suasana kematian, emosi dan balas dendam yang selama ini tidak kita temui dalam game seru di nitendo, dan Mother 3 memberikan warna tersebut.

Akan tetapi game ini tidak pernah dirilis untuk luar jepang, bahkan tidak mendapat rilisan ulang seperti game nitendo lainnya, apa alasan nitendo tidak ingin membagikan kisah tragis karakter dalam game ini kepada publik dunia?

The Legend of Zelda: Link’s Awakening ( Spoiler Alert!!)

Game ini awalnya dirilis untuk gameboy, namun kemudian dibuatkan remakenya untuk nitendo switch, di nitendo game ini mendapatkan visual yang imut dan penuh warna, akan tetapi untuk para player lama game ini tentunya akan sangat setuju apabila seri Link’s Awakening ini merupakan seri Zelda yang paling menyedihkan dari seluruh seri.

Walaupun game ini membawa nama Zelda, kalian tidak akan menemukan Zelda sama sekali dalam game ini, akan tetapi kalian akan bertemu dengan karakter baru bernama marin. Dan pada akhir game akan terungkap bahwa semua pulau dan orang yang link jumpai hanyalah ilusi dari mimpi saja.kalian akan dituntun untuk mencari 8 instrumen yang nantinya digunakan untuk membangunkan dirinya.

Dan selama perjalanan kalian akan didekatkan dengan penduduk pulau dan juga marin, dan disaat kalian bangun dari mimpi kalian, semua perjalanan kalian hanya akan menjadi kenangan saja.

Drawn to Life: The Next Chapter ( Spoiler Alert!!)

Game petualangan satu ini akan membebaskan kalian dalam menggambarkan si protagonist melalui fitur touchscreen yang terdapat pada nitendo DS. Untuk gameplay dari game ini sendiri sangat berwarna dan juga lebih terkesan seperti game fantasi untuk anak-anak.

Namun, di ujung dari petualangan panjang yang sudah pemain lewati, pemain akan menemukan sebuah plot twist yang akan membuat para pemain kehilangan semua keceriaan yang sudah dilewati selama bermain. Pasalnya semua petualangan itu terjadi di kepala Mike, seorang bocah yang sedang mengalami koma karena kecelakaan mobil yang terjadi bersama keluarganya.

Ending yang diberikan juga sebenarnya menjadi happy ending karena mike terbangun dari koma dan pemain akan menyaksikan tangis haru dari saudari mike. Akan tetapi, developer juga sudah memuat ending kedua dari game ini, yang mana mike tidak terbangun, melainkan meninggal dan ditangisi oleh keluarganya. Wow.

Night In The Woods

Visual yang diberikan oleh game ini terlihat sangat adem dan terlihat didesain untuk anak-anak, namun siapa sangka ternyata game ini mempunyai cerita sedih yang penuh dengan isu sosial namun disusun dengan sangat baik dan tidak terkesan lebay.

Game ini memberikan sudut pandang tentang beberapa isu serius seperti depresi, axienty, kesepian, dan juga penindasan terhadap kaum kelas bawah dan menengah, yang sudut pandangnya merupakan seekor kucing bernama mae yang baru di DO dari kuliahnya.

Game ini menyuguhkan kualitas emosional tidak melalui jalan cerita dan konflik yang ada, melainkan dari implikasi. Tidak ada sama sekali unsure romansa dan melodrama dalam game ini, melaikan kalian akan mendapatkan ending yang tidak memberikan konklusi yang jelas, akan tetapi jika kalian mengerti isi dari game ini, kalian akan terus dihantui oleh implikasi yang ada.

The Beginner’s Guide

Game ini dibuat oleh developer bernama The Stanley Parable, game ini merupakan yang lumayan lucu, dan tentu saja ekspetasi dari gamer adalah menemukan kelucuan dalam game ini, namun yang didapat hanyalah sakit hati yang sangat mendalam.

Namun, penulis tidak akan memberikan spoiler apapun disini, karena kalian harus bermain game ini dengan situasi dimana kalian tidak tahu apa-apa, baru kalian bisa mendapatkan emosional yang dalam setelah mengetahui isinya.

Dan itu tadi, beberapa game yang terlihat ceria namun memiliki cerita yang cukup tragis dan menyentuh para pemain, terimakasih.

Share yuk !