Share yuk !

GAMEFINITY.ID, Salatiga – Platform perpesanan instan berbasis komunitas terbesar, Discord dikabarkan tengah disusupi berbagai malware yang berpotensi membahayakan device pengguna.

Salah satu perusahaan cybersecurity bernama Sophos melaporkan bahwa Discord menjadi target berbagai serangan siber berbentuk malware. Dalam laporan keamanannya, Sophos mendeteksi berbagai malware pada Discord dan serangan malware tersebut kian meluas dalam kurun waktu yang cukup singkat.

Meluasnya malware pada Discord diduga disebabkan oleh sistem penyimpanan berbasis cloud milik Discord yang rentan akan serangan virus.

Setelah file diunggah ke Discord, file tersebut dapat bertahan tanpa batas waktu kecuali jika dilaporkan atau dihapus. Hal ini menyebabkan file yang disusupi malware akan tetap berada pada Discord dan berpotensi meluas pada file-file lainnya.

Berbagai malware yang telah dideteksi oleh Sophos biasanya berbentuk Trojan yang dapat mencuri informasi personal seperti akun sosial media, akun game, bahkan informasi kredensial rekening pengguna.

Seiring berkembangnya jumlah pengguna Discord dalam beberapa tahun belakangan, Sophos menganggap hal tersebut membuat Discord kini menjadi salah satu target utama dalam serangan berbasis siber.

Dengan jumlah user aktif sejumlah 140 juta, maka wajar saja apabila Discord kini dilirik oleh oknum yang tidak bertanggung jawab sebagai sarana dalam menyebarkan malware.

Sophos menghimbau para pengguna Discord untuk lebih berhati-hati terutama dalam mengunduh file yang tercantum dalam pesan maupun server Discord.

Untuk mencegah serangan malware, Sophos menyarankan untuk menggunakan platform penyimpanan cloud pihak ketiga seperti Google Drive untuk berbagi file antar pengguna.

 

Share yuk !