Share yuk !

GAMEFINITY.ID, Denpasar – New World baru saja merilis closed beta-nya ke publik pada tanggal 20 Juli 2021 kemarin. Banyak orang yang berbondong bondong mencoba closed beta test ini mengingat New World ini merupakan game AAA besutan dari Amazon. Beberapa saat kemudian beberapa orang mulai mengeluhkan masalah mereka di game ini.

Tidak main main, yang dipermasalahkan bukanlah sebuah bug di software melainkan kerusakan GPU mereka setelah bermain game ini beberapa jam. Tidak hanya satu orang saja yang mengalami ini, tapi lebih dari 3 orang dalam waktu yang sangat berdekatan, kejadiannya tepat setelah mereka mencoba memainkan closed beta test game New World, dan menggunakan GPU yang sama yakni Nvidia RTX 3090.

Lebih spesifiknya, yang mengalami kerusakan ini kebanyakan dari EVGA RTX 3090 FTW3 tapi walaupun begitu ada kemungkinan ini akan terjadi pada Nvidia RTX 3090 lainnya dan Nvidia RTX 3080Ti (mengingat perbedaan performa antara RTX 3090 dan 3080TI berkisar 5%-15%) lalu bagi para pengguna RTX 3080 dan RTX 3080Ti, mereka mengalami overheat ketika mereka bermain game New World ini, mereka mengatakan bahwa GPU mereka tidak pernah mengalami overheat di game lain kecuali di New World.

Sebagai pengingat kembali, sekitar awal awal perilisan RTX 30 series, banyak juga yang melaporkan bahwa PSU yang mereka gunakan tidak sanggup untuk menjalankan RTX 30 series ini (lebih spesifiknya RTX 3090). Usut punya usut biang keroknya ada pada chip Ampere itu sendiri (codename chip RTX 30-series) dimana sering terjadi spike powerdraw yang sangat tinggi dalam waktu yang sangat cepat sehingga Nvidia merilis sebuah update driver yang berguna untuk menimalisir spike ini dengan cara menurunkan powerdraw dari semua GPU RTX 30 series.

Hal ini berkaitan dengan kejadian di New World dan “bencana” RTX 30 series di awal perilisan. Sepertinya solusi dari Nvidia tidak selalu efektif di berbagai skenario salah satunya di New World ini karena pada New World ini para pengguna RTX 3090 ini entah kenapa sering mengalami powerdraw yang tinggi pada GPU nya bahkan di game menu walaupun framerate yang di dapat emang tinggi di dalam game maupun di menu.

Amazon memberikan pernyataan pada gamers yang menggunakan RTX 3090, mereka menyatakan bahwa kejadian ini tidak akan dialami oleh kebanyakan orang, meskipun beberapa orang tadi telah menyatakan bahwa GPU mereka rusak karena game ini. Amazon akan memberikan update kedepannya untuk memberikan opsi frame limiter untuk meminimalisir kejadian ini.

Jadi, bagi kalian yang menggunakan RTX 3090 dan ingin memainkan game ini sangat disarankan untuk menghidupkan v-sync kalian dan menggunakan frame limiter ini, karena kejadian ini sangat mencekam bagi yang menggunakan RTX 3090. Ini juga dianjurkan bagi kalian yang menggunakan RTX 30 series lainnya walaupun “belum” ada yang mengalami kerusakan ini selain RTX 3090.

Share yuk !