Share yuk !

GAMEFINITY.ID, Kota Batu – Arena of Valor International Championship atau biasa disebut AIC akan memulai rangkaian acaranya pada bulan Juni 2022 ini. Sebelum memasuki helatan salah satu turnamen AoV terbesar di tingkat internasional ini, mari kita ulas apa saja yang perlu diketahui. Disini, kita akan membahas hal-hal tersebut.

Tim yang Berpartisipasi dalam Gelaran AIC 2022

AIC Team | Garena AOV Indonesia
Tim-tim yang Berpartisipasi dalam Gelaran AIC 2022 | Garena AOV Indonesia

Pada AIC 2022 ini, akan ada 16 tim dari 10 region yang berbeda. Thailand, Vietnam, dan Cina Taipei mendapatkan jatah 3 slot, sementara region lainnya hanya mendapatkan 1 slot. Indonesia sendiri sebenarnya dapat mengirim 2 perwakilan, namun Archangel kalah saat Grand Final SEA Wild Card Qualifier yang membuat A Dope Team, perwakilan dari Malaysia, lolos ke AIC 2022. Berikut daftar tim peserta AIC 2022.

Vietnam: Saigon Phantom; V Gaming; Team Flash

Thailand: Bacon Time; Talon Esports; Valencia CF Esports

Cina Taipei: Bikertopia Esports; ONE Team; MAD Team

Indonesia: Dewa United Esports

South Asia Qualifier: Starry Hope (Myanmar)

SEA Wild Card Qualifier: A Dope Team (Malaysia)

Brasil: Influence Rage

Europe Qualifier: Nova Esports

Turkey Qualifier: Kaos Next Rüya

Arabia Cup: YaLLa Esports (Uni Emirat Arab)

Baca Juga: Dukungan Playstation 4 Akan Segera Dimatikan

Format Turnamen AIC 2022

AIC Knockout | Garena AOV Indonesia
Sistem Knockout pada Gelaran AIC 2022 | Garena AOV Indonesia

Turnamen kali ini akan dibagi menjadi 3 fase, yaitu fase grup pertama dan kedua, serta fase knockout. Fase grup pertama dijadwalkan akan bertanding pada 16 – 17 Juni 2022. Fase ini akan membagi 16 tim menjadi 4 grup dengan format pertandingan Best of 1. Berikut adalah pembagian grup fase pertama:

Grup A:

Nova Esports (Europe Qualifier)

Starry Hope (South Asia Qualifier/Myanmar)

Talon Esports (Thailand)

Team Flash (Vietnam)

Grup B:

ONE Team (Cina Taipei)

Saigon Phantom (Vietnam)

Valencia CF Esports (Thailand)

YaLLa Esports (Arabia Cup Qualifier/Uni Emirat Arab)

Grup C:

A Dope Team (SEA Wild Card Qualifier/Malaysia)

Bikertopia Esports (Cina Taipei)

Dewa United Esports (Indonesia)

Influence Rage (Brasil)

Grup D:

Bacon Time (Thailand)

MAD Team (Cina Taipei)

Kaos Next Rüya (Turkey Qualifier)

V Gaming (Vietnam)

Setelah semua pertandingan di fase grup pertama selesai, 3 tim teratas dari sebuah grup akan maju ke babak fase grup kedua. Sementara itu, tim di peringkat terakhir akan tereliminasi.

Pada fase grup kedua, 12 tim yang lolos akan dibagi kembali menjadi 4 grup. Pertandingan akan dijalankan dengan format Best of 2. Setiap match memiliki poin sama dengan sepakbola, yaitu 3 poin memenangkan pertandingan, 1 poin untuk imbang, dan yang kalah tidak akan mendapatkan poin.

Mulai dari fase ini juga aturan global ban pick akan diberlakukan. Dua tim teratas akan maju ke babak knockout dan tim peringkat terakhir akan terliminasi. Jadwal untuk fase grup kedua ini akan dihelat pada 18 – 19 Juni 2022

Untuk fase knockout masih tetap seperti biasa. Menggunakan sistem Double Elimination Bracket memiliki arti yang kalah masih akan tetap dapat melaju ke final sebelum kalah untuk kedua kalinya.

Untuk knockout match pertama akan diselenggarakan dalam format Best of 5, sementara match selanjutnya akan menggunakan format Best of 7. Tentu saja pada fase ini juga berlaku global ban pick. Fase ini dijadwalkan hadir pada 23 Juni hingga 10 Juli 2022.

Prize Pool

AIC Prizepool | Garena AOV Indonesia
Prizepool untuk Turnamen AIC 2022 | Garena AOV Indonesia

Sebagai sebuah penyemangat, tahun ini prize pool dari AIC 2022 naik 2 kali lipat dari tahun sebelumnya. Tahun ini, total prize pool yang ada mencapai angka $2 juta. Pemenang akan mendapatkan hadiah sebesar $700.000 sementara runner-up akan mendapatkan setengahnya yaitu $350.000. Untuk peringkat ketiga dan keempat sendiri akan mendapatkan masing-masing $200.000 dan $100.000.

Berikut adalah daftar pembagian hadiah untuk peringkat lainnya:

Peringkat 5-8: $40.000

Peringkat 9-16: $10.000

Final MVP: $30.000

Best Line-Up: $13.000

Dan sebagai tambahan informasi, bahwa hadiah sebesar $315.000 telah dibagikan untuk pemenang regional qualifier.

Baca Juga: Krafton Mengutus Detektif Swasta Ke Rumah Dataminer PUBG

Berikut di atas merupakan sebuah guide untuk menyambut gelaran AIC 2022. Nantikan berita lainnya terkait Arena of Valor International Championship di Gamefinity.id!

Share yuk !