Share yuk !

Bukan hanya nasib seseorang saja yang bisa naik atau bisa turun, bahkan developer game juga bisa bernasib sama demikian. Beberapa game yang ada mungkin telah sukses, namun ada juga beberapa yang telah diambang kebangkrutannya, dan beberapa studio game yang mau bangkrut berusaha agar ia bisa bangkit atau setidaknya tidak mengalami kebangkrutan.

Tentunya kebanyakan studio game yang mau bangkrut akan melakukan usahanya sendiri, yaitu dengan cara menghadirkan game yang diharapkan menjadi andalannya untuk membuat studio tersebut tidak jadi bangkrut. Nah, di artikel ini kami Gamefinity sudah merangkum beberapa game yang dinilai sebagai game penyelamat studio gamenya, maka dari itu yuk mari simak!

1. Crash Bandicoot

Crash Bandicoot merupakan game yang cukup laris dan terkenal dari tahun 1996 hingga saat ini, bahkan Crash Bandicoot adalah game yang telah banyak memiliki sekuel dari beberapa platform yang ada. Game besutan dari Naughty Dog ini merupakan game penyelamat studio Naughty Dog, sehingga tidak heran game ini menjadi salah satu andalannya Naughty Dog.

Sebelum menjadi Naughty Dog, studio tersebut bernama Jam Software dan hanya memiliki studio kecil serta game yang dinilai buruk bahkan oleh kritikus sekalipun, dan dengan itu maka Naughty Dog memiliki ambisius agar ia tidak bangkrut. Naughty Dog pada akhirnya membuat game simple dengan konsep 3D dengan codename Sonic’s Ass game, dan game tersebut yaitu Crash Bandicoot telah berhasil membuat Studio tersebut tidak bangkrut.

2. Cuphead

Berikutnya ada game Cuphead yang merupakan game 2D klasik produksi dari MHDR Studio. Game Cuphead merupakan game yang telah dikembangkan dari tahun 2010 oleh dua bersaudara Chad dan Jared, dan game tersebut adalah game 2D dengan proses pembuatan paling lama, itu semua dikarenakan game tersebut berjalan di frame rate 60 FPS dan membutuhkan waktu 3 kali lipat dari pembuatan kartun.

Beruntungnya game tersebut pada tahun 2014 direspon baik oleh publik, dan dengan itu maka Chad dan Jared memutuskan untuk melebarkan usahanya tersebut dengan rela menggadaikan rumah mereka sendiri. Dan hingga pada akhirnya game tersebut malah bertambah sukses dan kini telah menjadi game yang diadaptasi menjadi serial kartun yang tayang di Netflix.

3. Angry Birds

Siapa yang menyangka, bahwa game ikonik smartphone dan gadget ini merupakan game yang dulunya adalah game yang diragukan sukses oleh salah satu bagian produksi proyeknya yaitu Niklas Hed. Diketahui sebelum adanya Angry Birds, Rovio selaku studio dari game tersebut pernah hampir mengalami kebangkrutan, dan terus berusaha menghadirkan ide-ide game kreatif yang bisa menolongnya.

Rovio memutuskan untuk melakukan konsep dengan Jaakooo Iisalo, sehingga timbullah ide untuk membuat game menarik dan unik yaitu burung bulat yang dikenal sebagai Angry Birds. Pada tahun 2009, Niklas Hed selaku bagian proyeksi game tersebut semakin yakin hingga pada akhirnya menghadirkan game tersebut ke iOS dan Meemo. Dan kini Angry Birds semakin terkenal dan bahkan diadaptasi sebagai movienya sendiri.

4. Final Fantasy

Final Fantasy merupakan sebuah judul game yang ternyata ada fakta dibalik semua itu, diketahui Final Fantasy adalah game yang dinilai sebagai game terakhir karena adanya masalah keuangan, sehingga untuk memperbaiki masalah tersebut maka hadirlah game yang diberi judul Final yang berarti game tersebut adalah Final dari si Creatornya sendiri.

Hironobu Sakaguchi sang creator game Final Fantasy dan juga Studio Square memutuskan menghadirkan game RPG yang merupakan game harapan terakhir mereka. Dan ternyata tidak diduga-duga game harapan terakhir mereka yaitu Final Fantasy mampu menjadi game terlaris dan membuat studio Square semakin besar hingga menjadi salah satu publisher game terbesar yang kita kenal sebagai Square Enix.

5. Life is Strange

Remember Me merupakan game yang diharapkan menjadi game terbaik karena game tersebut adalah game awal karir dari studio Dontnod Games. Namun sayangnya, game tersebut malah menjadi game dengan nilai buruk dan juga kritik yang buruk, sehingga mau tidak mau studio tersebut telah terancam kebangkrutan yang luar biasa.

Tidak mau menyerah dan berusaha dengan dana dan segalanya yang ada, studio Dontnod Games memutuskan mengeluarkan game terakhir mereka yang berjudul Life is Strange. Namun tidak disangka, game story driven ala Telltale Games tersebut malah menjadi game yang diterima baik dan bahkan sampai mendapatkan penghargaan best story di berbagai acara.

Itulah 5 game penyelamat yang kami rangkum menjadi artikel Gamefinity berjudul “Game Penyelamat! 5 Game yang Selamatkan Studio Game dari Kebangkrutan” Semoga artikel ini bisa jadi manfaat untuk kalian dan yang lainnya juga dengan cara share. Jangan lupa baca dan cari artikel kami yang lain di https://gamefinity.id/ 

Share yuk !