Share yuk !

GAMEFINITY.ID, BANDUNG – Satu lagi platform live stream gaming jatuh, kali ini menimpa Nimo TV. Penonton live stream gaming di Indonesia dikejutkan dengan pengumuman bahwa salah satu platform streaming andalan mereka itu akan tutup akhir April ini.

Tapi tenang, Nimo TV tidak akan tutup sepenuhnya, melainkan hanya kanal gaming-nya. Tetap saja ini memicu kekecewaan bagi penonton live stream gaming di sana.

Nimo TV hadir secara resmi di Indonesia pada Oktober 2018. Berarti, sudah lebih dari tiga tahun Nimo TV telah menghibur penontonnya dengan konten live streaming game. Bahkan platform ini menjadi alternatif bagi penggunanya dari layanan serupa seperti Twitch, Facebook Gaming, dan Mixer (tutup pada Juli 2020).

Dikabarkan pula pemilik Nimo TV, Huya, memutuskan untuk mematuhi kebijakan pemerintah China yang semakin kejam menindak perusahaan teknologi. Salah satu pemegang saham terbesar, Tencent, juga berencana untuk meleburkan perusahaan dengan DouYu. Namun rencana tersebut ditolak oleh pemerintah China karena berpotensi memicu monopoli.

Platform ini menyediakan wadah bagi streamer untuk melakukan live stream bermain game populer seperti PUBG, Mobile Legends: Bang Bang, Valorant, dan Minecraft. Nimo TV juga pernah menjadi platform resmi live stream beberapa event esports seperti MPL ID dan PUBG Mobile Pro League Indonesia.

Nimo TV juga tersedia di berbagai negara lain seperti Malaysia, Filipina, Thailand, Turki, dan Amerika Serikat.

Penyebab Kanal Gaming Nimo TV Ditutup

Nimo TV Watch Together

Agree Cory, Marketing Manager Nimo TV Indonesia, menjelaskan dalam wawancaranya dengan Kompas.com bahwa pihak perusahaan melakukan perubahan internal dan strategi untuk penonton Indonesia. Belum diketahui lebih lanjut seperti apa perubahan strategi yang dimaksud.

Akan tetapi, penonton Nimo TV masih dapat menikmati live stream berbagai topik lain seperti gaya hidup dan hiburan di luar gaming.

Tentu saja streamer yang sudah terbiasa melakukan live stream di kanal gaming Nimo TV harus mempertimbangkan untuk berpindah ke platform lain seperti Twitch untuk melanjutkan aktivitasnya.

Kanal gaming Nimo TV dijadwalkan tutup pada 30 April 2022 mendatang.

Baca juga: Streamer Twitch Tamatkan Elden Ring Tanpa Terkena Hit

Share yuk !