Lebih dari 40 Ribu Peserta Terdaftar di Piala Presiden eSports 2021 untuk Speed Chess, Mobile Game Catur Terbesar di Indonesia

Contributor, 3 November 2021

Lebih dari 40 Ribu Peserta Terdaftar di Piala Presiden eSports 2021 untuk Speed Chess, Mobile Game Catur Terbesar di IndonesiaEsports
Banner Ads

GAMEFINITY.ID, JAKARTA – Mobile Premier League (MPL), platform mobile eSport terbesar di Asia Tenggara, hari ini mengumumkan jumlah pemain mobile eSport di Indonesia yang mendaftarkan diri untuk bertanding menjadi master Speed Chess MPL di Piala Presiden eSports (PPE) 2021 mencapai total 40.872 peserta. Pencapaian ini semakin mengukuhkan status turnamen Speed Chess yang baru pertama kali digelar di ajang PPE sebagai turnamen mobile game catur terbesar di Indonesia, berdasarkan jumlah peserta.

MPL membuka registrasi untuk turnamen Speed Chess pada 4 Oktober 2021 di platform MPL dan secara resmi menutup pendaftaran pada 25 Oktober 2021. Selain menghadirkan jumlah peserta terbanyak, turnamen yang bertujuan untuk mendukung pertumbuhan pemain eSport profesional dan industri eSport lokal ini juga merupakan turnamen mobile game catur menawarkan hadiah dengan jumlah terbesar, mencapai total Rp200 juta.

Ridzki Syahputera, Country Head MPL Indonesia mengatakan, “MPL sangat bangga dan bersemangat melihat tingginya animo masyarakat Indonesia terhadap turnamen Speed Chess yang kami gelar di Piala Presiden eSports 2021 di mana total lebih dari 40.000 peserta telah mendaftarkan diri. Pencapaian ini juga menunjukkan tingginya minat masyarakat terhadap cabang olahraga catur, serta mobile game berbasis ketangkasan dan turnamen kompetitif yang tersedia setiap harinya di platform MPL. Ke depannya, MPL akan memfokuskan upaya kami untuk memberikan pengalaman catur terbaik kepada para pemain di platform MPL saat mereka bersaing untuk memenangkan hadiah dan bagi penerima gelar pemenang turnamen catur online terbesar di Indonesia.”

Henry Hendratno, Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Persatuan Catur Seluruh Indonesia (PB Percasi) mengatakan, “Turnamen mobile game Speed Chess yang digelar MPL dalam Piala Presiden eSports 2021 merupakan turnamen mobile game catur terbesar yang pernah diadakan di Indonesia. Sebagai organisasi olahraga catur nasional yang mengusung pembinaan serta pengembangan bakat dan kemampuan catur di tanah air, kami sangat mengapresiasi inisiatif yang dilakukan MPL untuk lebih mempopulerkan olahraga catur ke anak-anak muda di seluruh Indonesia lewat game Speed Chess di platform MPL. Kami berharap turnamen ini selain dapat membantu menumbuhkan olahraga catur di tanah air, juga mendukung lahirnya talenta-talenta catur nasional baru.”

Sejak berdiri, Percasi memiliki komitmen untuk senantiasa mendorong pertumbuhan olahraga catur nasional melalui berbagai inisiatif dan kompetisi, baik di tingkat nasional maupun lokal. “Dari seluruh turnamen yang selama ini kami selenggarakan, turnamen mobile game Speed Chess merupakan sebuah terobosan baru yang terbukti mampu mengundang minat ribuan orang. Ini sebuah pencapaian yang luar biasa dalam skala turnamen catur nasional,” tambah Henry.

Lebih dari 40 ribu peserta turnamen Speed Chess di PPE 2021 akan bertanding dengan sistem Battle Arena di mana format permainan akan mempertandingkan partisipan dengan pemain lain yang akan ditentukan secara acak oleh sistem, tanpa batas jumlah pemain lawan. Di babak kualifikasi, para pemain dapat mengumpulkan kemenangan sebanyak-banyaknya, karena peringkat pada klasemen akan ditentukan berdasarkan jumlah kemenangan terbanyak. Delapan pemain terbaik (TOP 8) yang akan diterbangkan secara khusus ke Jakarta untuk berkompetisi secara langsung. Informasi mengenai babak selanjutnya akan dibagikan di akun sosial media dan blog MPL.

Di PPE 2021 yang merupakan ajang eSport pertama dan terbesar di Indonesia, para pemain Speed Chess di platform MPL juga didorong untuk mengusung kompetisi positif yang sejalan dengan komitmen MPL dalam memberikan pengalaman bermain dan berkompetisi secara sportif lewat MPL FAIRPLAY dengan menerapkan prinsip bermain yang adil, aman, dan bertanggung jawab. Selain itu, partisipasi di Piala Presiden eSports 2021 ini juga menghidupkan semangat kampanye #BuktiinLoBisa dimana MPL mengajak pengguna untuk terus bermain, berlatih, dan bertanding hingga berhasil menjadi master di game favorit mereka di platform MPL.

***

Mobile Premier League (MPL) adalah platform eSport berbasis ketangkasan. Dalam aplikasi MPL, pengguna bisa memainkan permainan favorit dalam turnamen dan battle, fantasy sepak dan memenangkan Berlian yang dapat ditukarkan ke GoPay & LinkAja.

Platform MPL memiliki 30 jenis permainan seru. MPL Indonesia beroperasi sejak April 2019 dan telah di-download lebih dari 1 juta pengguna. Saat ini Aplikasi MPL hanya bisa digunakan pada ponsel Android. Aplikasi dapat diunduh melalui link https://mpl.id.

MPL – Main, Tanding, Menang!

author avatar
Contributor
Share Artikel:
Banner Ads

Post Terkait: