MDL Season 2 Turut Bangun Ekosistem Esports Mobile Legends Tanah Air

Fajar Arifin, 1 September 2020

MDL Season 2 Turut Bangun Ekosistem Esports Mobile Legends Tanah AirEsports
Banner Ads

GAMEFINITY.ID, Jakarta – Moonton sebagai game developer secara konsisten terus menggelar turnamen Mobile Legends: Bang Bang bergengsi. Tersebar di beberapa negara, Mobile Legends Professional League (MPL) terbukti menjadi turnamen esports terpopuler di April lalu, tepatnya di ajang MPL ID Season 5.

Guna membangun ekosistem esports Mobile Legends di Indonesia, Moonton menghadirkan konsep baru yang hanya ada di Indonesia, yaitu Mobile Legends Development League (MDL). Victim Esports menjadi tim yang sukses menjuarai gelaran MDL Season 1 dengan talenta-talenta mudanya. Kehadiran MDL sendiri bertujuan untuk membangun regenerasi pemain dan menjaga ekosistem esports game Mobile Legends: Bang Bang tetap berlangsung. Banyak bintang-bintang yang mewarnai gelaran esports di MPL, namun pertandingan di MDL juga tidak kalah menarik.

Kontribusi Moonton juga tidak berhenti untuk keuntungan game Mobile Legends: Bang Bang semata, namun turut meningkatkan minat dan perkembangan ekosistem di industri esports Indonesia. Saat ini, industri esports di Indonesia tidak dapat dipandang sebelah mata, khususnya game Mobile Legends dan turnamen MPL Indonesia.

Pertama, kehadiran event-event yang diselenggarakan oleh Moonton (MPL & MDL) membuat nama Indonesia kini semakin harum di gelaran esports level dunia, bahkan diakui sebagai turnamen esports terbaik di dunia.

MDL Season 2 sendiri menjadi konsep penting mengingat bintang dan atlet esports harus terus memiliki pemain baru. Namun, hal yang membedakan musim ini dibanding musim kemarin adalah sistem turnamen yang diselenggarakan secara online akibat pandemi Covid-19.

Moonton berkomitmen untuk terus menghadirkan turnamen-turnamen Mobile Legends demi mendukung kemajuan ekosistem esports di Indonesia. Tidak hanya itu, dari turnamen-turnamen yang berlangsung, diharapkan mampu membawa nama Indonesia diakui di ranah esports level dunia.

Gelaran MDL sendiri memang baru berlangsung 2 musim, dibandingkan MPL yang sudah berlangsung selama 6 musim. Meski demikian, MDL Season 2 sudah menarik minat beberapa sponsor, salah satunya Nimo TV. Para sponsor pun mendapatkan keuntungan yang berbeda-beda, meliputi branding di website, studio, hingga muncul di dalam game saat turnamen berlangsung.

Moonton juga berharap dengan kehadiran MDL Season 2, maka akan muncul bintang baru eks-pemain MDL yang akan memperkuat tim-tim besar di MPL musim mendatang. Sukses di sini bukan hanya mampu bertahan, namun mereka dapat unjuk gigi, dan bersaing ketat dengan bintang-bintang MPL. MDL mampu menjadi ajang pembuktian bagi roster-roster muda dan berbakat agar nantinya dapat berlaga di MPL. Seperti namanya, MDL hadir untuk ‘develop’ atau mengembangkan talenta-talenta baru.

Untuk angka penonton sendiri, memang MDL masih jauh dibandingkan MPL. Gelaran MPL tidak henti-hentinya memecahkan rekor jumlah penonton terbanyak dan menjadi turnamen esports terpopuler.

Bahkan, gelaran MPL Invitational 4 Nations Cup juga mendapatkan panggung yang tinggi dengan menjadi turnamen esports terpopuler untuk bulan Juni dan Juli. Meski demikian, MDL Season 2 yang baru berjalan hingga Week 2 masih memiliki potensi untuk menghibur komunitas gamers dan para pegiat esports di Indonesia.

Perubahan terbesar dari MDL dibandingkan musim lalu adalah jumlah tim yang bertanding. Sebelumnya, Season 1 membawa 12 tim yang bertanding, namun kini MDL Season 2 mengubah jajaran peserta menjadi 11 tim.

Untuk segi pertandingan, baik MDL dan MPL sama-sama mengadaptasi sistem turnamen online karena pandemi Covid-19 yang belum kunjung usai.

Mampukah gelaran MDL Season 2 kembali menghadirkan kejutan dan keseruan seperti kemenangan RRQ Sena atas EVOS Esports di El Clasico Week 1? Atau, akan ada kekuatan baru yang mendominasi dan mampu memanjat puncak klasemen?

Terus saksikan pertandingan MDL Season 2 minggu depan pada tanggal 31 Agustus – 2 September 2020 mendatang.

author avatar
Fajar Arifin

Fajar Arifin a.k.a Wa Brontok, bapac yang aktif bermain gim asal anak dan istri sudah tidur ini masih tetap setia bekerja di industri gim sejak tahun 2015. Di Gamefinity, Fajar berperan sebagai tukang ketik yang menyajikan informasi seputar gim dan Esports. Kalau kamu suka konten dari Fajar, yuk sawer dia melalui link berikut saweria.co/gamefinity

Share Artikel:
Banner Ads

Post Terkait: