PELATNAS Tim Esports Indonesia untuk SEA Games 2021 Resmi Dimulai

emmanuelle, 1 Maret 2022

PELATNAS Tim Esports Indonesia untuk SEA Games 2021 Resmi DimulaiEsports
Banner Ads

Jakarta, 1 Maret 2022 – Pesta olahraga paling bergengsi di Asia Tenggara, SEA Games 2021, Hanoi akan segera bergulir bulan Mei 2022 mendatang. Cabang Olahraga Esports akan mempertandingkan 10 nomor, yakni Mobile Legends, PUBG Mobile – Team, PUBG Mobile – Solo, Free Fire, Arena of Valor, League of Legends Wild Rift – Men, League of Legends Wild Rift – Women, FIFA Online 4, League of Legends (PC) dan Cross Fire.

 

Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI) selaku organisasi yang mewadahi seluruh kegiatan esports di Indonesia membentuk Badan Tim Nasional Esports yang dikepalai oleh RM Ibnu Sulistyo Pradipto. Untuk mencapai prestasi terbaik di ajang SEA games 2021, PBESI juga mengadakan kegiatan Pemusatan Latihan Nasional (Pelatnas) Tim Esports Indonesia di bawah arahan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI). Pelatnas Esports Tahap 1 digelar tanggal 1 – 10 Maret 2022, bertempat di Jeep Station Indonesia, Megamendung, Bogor – Jawa Barat.

Diaz Hendropriyono selaku Dewan Pembina PBESI dalam sambutannya pada pembukaan 20 Esports mengatakan, “Kami semua bangga dengan kehadiran teman-teman (atlet) di sini. Kami semua bergantung dan berharap besar teman-teman bisa membawa emas sebanyak-banyaknya dalam SEA Games Hanoi nanti. Menjadi atlet nasional memiliki kebanggaan tersendiri. Yang bangga tidak hanya keluarga atau teman, tetapi seluruh bangsa Indonesia, kalau bisa menjadi atlet nasional. Jadi berlatihlah terus dan terus, jadi ketika negara untuk hadir teman-teman harus siap, karena itu adalah kebanggaan dan tidak tergantikan.”

 

Program Pelatnas terbagi dalam dua tahap. Tahap pertama akan berlangsung 1-10 Maret 2022, dimana menjadi ajang pelatihan dan seleksi seluruh atlet sebelum terpilih menjadi anggota Tim Nasional. Adapun Pelatnas tahap kedua akan dilaksanakan dari 17 Maret hingga 30 April 2022 dan akan berfokus pada pelatihan para atlet yang dinyatakan terpilih untuk diberangkatkan ke SEA Games 2021 di Hanoi, Vietnam.

 

Selama dalam masa karantina Pelatnas, seluruh atlet akan mengikuti program pengembangan secara pribadi dan Pelatihan (Fisik, Psikologi, Mental, Nutrisi, Strategi dan Analisis), Latih Tanding (Internal dan Eksternal), Evaluasi Atlet dan Tim Pengembangan Intensif (Dalam/ Luar Negeri).

Kepala Badan Tim Nasional Indonesia, RM Ibnu Riza Pradipto, “SEA Games 2021 Hanoi, akan menjadi kesempatan emas untuk membuat nama Indonesia harum di kancah internasional, dan saya yakin atlet-atlet yang terpilih merupakan peraih-peraih emas di ajang SEA Games kelak. Meskipun demikian selama 10 hari ke depan kita akan mengerucutkan jumlah atlet untuk dibentuk menjadi bagian tim nasional esports Indonesia yang diberangkatkan ke Vietnam. Mari bertarung dengan sehat, sportif dan tumbuhkan jiwa ksatriya dalam atlet-atlet sekalian agar nantinya dapat terpilih di Timnas esports dan meraih emas di SEA Games.”

 

Sebelumnya, PBESI telah membentuk Tim Seleksi yang bertugas untuk menyiapkan proses seleksi yang berlangsung sejak Desember 2021. Proses ini melibatkan empat jalur seleksi, yaitu jalur PON, jalur undangan, jalur Kejuaraan Nasional (Kejurnas), serta pilihan pelatih, dan telah menjaring lebih dari 120 atlet dan 10 pelatih untuk seluruh nomor pertandingan. Para atlet dan pelatih terpilih nantinya akan mengikuti pemeriksaan fisik dan mental terlebih dulu sebelum diikutsertakan dalam karantina untuk program pelatihan intensif yang mencakup kemampuan teknis, fisik, psikologi, mental, strategi, analisis, hingga nutrisi.

 

Sebelum diberangkatkan pada Mei 2022, para pelatih dan atlet akan mengikuti tahap finalisasi berupa latih tanding dan persiapan akhir. Atlet yang akan diberangkatkan nantinya berjumlah 66 orang untuk seluruh kategori pertandingan, sehingga total kontingen untuk SEA Games 2021 nanti adalah 76 orang termasuk dengan pelatih.

 

Richard Permana, Pelatih Kepala Tim Nasional, “Dalam sembilan hari ke depan seluruh atlet Pelatnas akan dinilai (scoring) oleh masing-masing coach (pelatih) untuk menjadi wakil Indonesia di SEA Games nanti. Saya harap seluruh atlet peserta Pelatnas dapat menampilkan versi terbaiknya untuk Indonesia.”

 

Pembukaan Pelatnas SEA Games 2021 dihadiri oleh para pemangku kepentingan terkait dalam industri esports nasional, antara lain Dewan  Pembina PBESI Diaz Hendropriyono, Sekretaris Jenderal PBESI Frengky Ong, Wakil Sekretaris Jenderal PBESI Dr. Made Kartikajaya, SE, MM, M.AP, Bendahara Umum Liliana Sugiarto, Wakil Bendahara Umum Diana Sutrisno, Kepala Badan Tim Nasional RM Ibnu Riza Pradipto, Ketua Seleksi Nasional Christian Suryadi, Manajer Tim Nasional Erlangga Putra, Kepala Pelatih Tim Nasional Richard Permana dan Humas Tim Nasional Andrew Tobias.

 

Informasi mengenai Pelatnas SEA Games 2021, serta nama-nama dari para pelatih dan atlet yang terpilih dapat diakses dalam platform resmi PBESI yaitu www.Garudaku.com atau laman sosial media resmi PBESI.

author avatar
emmanuelle
Share Artikel:
Banner Ads

Post Terkait: