Share yuk !

GAMEFINITY.ID, Denpasar – Krisis kartu grafis rupanya semakin menjadi jadi, berkat maraknya miners(sebutan orang/kelompok yang melakukan penambangan Bitcoin) yang membuat beberapa manufaktur mulai memangkas masa garansi kartu grafis mereka.

Salah satu manufaktur kartu grafis ternama, MSI. terkuak mulai untuk memangkas masa garansi kartu grafis mereka menjadi 6 bulan saja. Tidak main-main, dari yang awalnya memiliki garansi selama 36 bulan menjadi 6 bulan saja, atau sebesar 90%.

Pada awalnya, MSI memotong masa garansi ini hanya untuk kartu grafis yang dikhususkan untuk para miners, namun baru baru ini MSI menambah listnya ke ranah kartu grafis gaming mereka. Dengan total 19 GPU yang terkena potongan masa garansi. Berikut list kartu grafis tersebut:

Kejadian ini pertama kali terlihat di website resmi MSI di regional Rusia, apakah kejadian ini juga akan terjadi di regional lainnya, penulis tidak dapat meastikannya, dan penulis juga tidak dapat memastikan secara pasti apa penyebab utama manufaktur ini memangkas masa garansi sebanyak itu. Kemungkinan terbesarnya ada pada para miners dan jumlah stock yang berbedar.

Pasalnya, para miners menggunakan kartu grafis ini selama 24 jam sehari, dimana kartu grafis ini tidak di desain untuk kerja selama itu dalam sehari non-stop, penggunaan yang kasar ini dapat memperpendek umur kartu grafis sehingga para miners dapat melakukan perbaikan (atau penggantian kartu grafis yang baru) jikalau kartu grafis mereka rusak di masa garansinya.

Ditambah dengan jumlah stock yang sangat sedikit, membuat manufaktur tersebut kesulitan untuk mencari part untuk bahan perbaikan atau penggantian kartu grafis ditambah kesulitan untuk menutupi permintaan kartu grafis yang besar. Kemungkinan ini membuat manufaktur tersebut memotong garansi agar jumlah yang tersedia di pasaran bertambah. Namun tentu saja penulis itu menurut pandangan penulis.

Yang lebih parah, manufaktur lainnya, Gigabyte regional Rumanian baru saja merilis kartu grafis Gigabyte Nvidia CMP 30HX D6 G6 (gambar diatas)  dengan hanya memiliki garansi selama 90 Hari (3 bulan). Secara teknis CMP 30HX adalah Nvidia GTX 1660 Super yang tanpa video output dan ditujukan untuk para miners, tapi tetap saja, masa garansi selama 90 hari itu kelewatan batas wajar walaupun kartu grafis tersebut khusus untuk mining. Belum diketahui secara pasti apakah Gigabyte Romania akan mengikuti langkah seperti MSI Rusia.

Perlu diingat, masa garansi kartu grafis (ataupun barang elektronik) sewajarnya antara 12 bulan hingga 36 bulan sehingga masa garansi 6 bulan itu sangatlah tidak wajar dan terlalu cepat. Bayangkan saja kalian baru mendapatkan kartu grafis (setelah sulit mencarinya) namun terjadi masalah dalam waktu 7 bulan dan disaat yang bersamaan kalian tidak dapat klaim garansi dikarenakan sudah lewat masa garansi.

Semoga saja kejadian ini tidak terjadi di regional lain. Saran penulis sebelum kalian memberli kartu grafis disarankan untuk lihat masa garansi-nya telebih dahulu dan saran penulis untuk membeli kartu grafis yang garansinya lebih dari 2 tahun dalam kondisi baru.

Share yuk !