Share yuk !

GAMEFINITY.ID, Singkawang – Kasus akibat game online kembali terjadi di Indonesia. Kali ini hingga menewaskan seorang siswi SMP kelas 1 berinisial E. E diduga meninggal karena kecanduan game online.

Sebelum meninggal E terlalu berlarut dalam karakter di game online sehingga tak mengenali identitas dirinya sendiri.

Anak SMP ini berasal dari Desa Pageralang, Kecamatan Kemranjen, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Anak ini dilaporkan meninggal karena adanya gangguan saraf pada otaknya yang diduga berasal dari kecanduan game online pada tanggal 25 Mei 2021.

Bapak Sumadi sebagai Kepala Desa di Desa Pageralang memberikan keterangan bahwa anak ini sempat dibawa ke RSUD setempat untuk mendapatkan perawatan.

“Sempat dibawa ke rumah sakit, namun kemudian korban bersama keluarganya meminta pulang,” ujar Sumadi.

Menurut keterangan Pak Sumadi anak ini sudah kecanduan dengan game online karena terus-terusan bermain game online siang dan malam.

Awalnya, anak berinisial E ini sempat mengeluh tidak enak badan dan dibawa ke RSUD setempat. Namun bukannya membaik justru E lupa dengan identitas dirinya.

Pihak RSUD Banyumas pun membenarkan bahwa anak SMP yang berinisial E ini sempat dirawat di RSUD Banyumas pada tanggal 16-17 Mei 2021. Mereka mengatakan siswi SMP ini mengalami gangguan mental akibat game yang masuk ke dalam katalog WHO bernama ICD-11.

Gangguan mental ini  mendatangkan pola perilaku yang tidak dapat dikontrol atau kehilangan kendali diri dalam bermain game. Penyakit ini telah diklasifikasikan sebagai Penyakit Internasional dalam ICD-11.

Share yuk !