Share yuk !

GAMEFINITY.ID, Jember – Kemendikbud akan mem-blacklist 17 game online agar para pelajar tidak menyalahgunakan kuota belajar yang diberikan oleh pemerintah. Beberapa game online tersebut diantaranya adalah Free Fire, Pubg Mobile serta juga Mobile Legends.

Seperti yang kita ketahui, kuota belajar gratis yang diberikan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk para pelajar dan guru Indonesia, dari tingkat PAUD hingga perguruan tinggi, akan cair pada bulan September 2021.

Kuota gratis ini bertujuan untuk menunjang kegiatan pembelajaran secara daring yang diselenggarakan oleh sekolah masing-masing. Karena tujuannya untuk kegiatan belajar, maka Kemendikbud berinisiatif untuk memblokir beberapa game online agar kuota tersebut tidak disalahgunakan.

Lantas, game online apa saja yang diblacklist oleh pemerintah dalam hal ini Kemendikbud? Simak rinciannya di bawah ini:

8 Ball Pool

Candy Crush

Clash of Clans

Clash of Kings

Clash Royale

Crisis Action

Fifa Mobile Football

Garena

Garena AOV

Garena Free Fire

Growtopia

Lineage Revolution

Lords Mobile: Battle of the Empires

Mobile Legends

PUBG

Roblox

Steam

Maka tak heran, jika nantinya Anda tidak dapat bermain game-game yang telah disebutkan di atas. Anda tidak bisa memainkan game populer seperti COC, Free Fire, Pubg hingga Mobile Legends.

Daftar situs serta game online yang akan diblacklist oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dapat bertambah ataupun berkurang sewaktu-waktu.

Adapun rincian pembagian kuota yang akan diterima oleh pelajar, guru serta dosen di Indonesia adalah sebagai berikut:

• Peserta didik jenjang PAUD: 7GB/bulan

• Peserta didik jenjang pendidikan dasar dan menengah: 10GB/bulan

• Pendidik jenjang PAUD dan pendidikan dasar dan menengah: 12GB/bulan

• Dosen dan mahasiswa: 15GB/bulan

Rincian paket bantuan kuota ini akan cair pada bulan September hingga November 2021. Durasi bantuan kuota bisa saja bertambah, tergantung pada situasi dan kondisi.

 

Share yuk !