Share yuk !

GAMEFINITY.ID, Purworejo – Beberapa hari yang lalu, dua buah konsol PS5 dev kits lengkap dengan controller DualSense sempat muncul di eBay untuk dilelang. Namun, kemunculannya ini tidak bertahan lama karena dalam beberapa jam saja keduanya langsung dihapus.

Hal ini pertama kali ditemukan oleh pengguna Twitter bernama iDCx1337 yang berhasil mendapatkan foto dari kedua PS5 dev kits tersebut sebelum akhirnya dihapus. Konsol PS5 yang sempat muncul di eBay ini adalah PS5 seri DFI-D1000AA dev kit and DFI-T1000AA test kit.

PS5 Dev Kits

Walaupun hanya muncul beberapa jam saja, dalam screenshot yang dibagikan menunjukkan bahwa PS5 dev kits tersebut harganya telah mencapai €2,850 atau sekitar 48 juta Rupiah setelah menerima 12 kali tawaran. Hingga saat ini tidak diketahui siapa yang melelang PS5 dev kits ini dan mengapa eBay menghapus lelang tersebut. Namun, sepertinya eBay menghapus lelang tersebut atas permintaan dari Sony.

PS5 seri DFI-T1000AA test kit yang muncul tersebut bentuknya sangat mirip dengan PS5 yang dijual dipasaran saat ini, hanya saja terdapat label bertuliskan “TEST” pada bagian belakang konsol. Lain halnya dengan seri DFI-D1000AA dev kit, wujud konsol yang satu ini sangatlah besar dengan bentuk yang yang menyerupai huruf V, berbeda jauh dengan PS5 sekarang ini. Bentuk yang seperti ini sebenarnya bertujuan untuk memudahkannya untuk ditumpuk ketika developer menjalankan beberapa stress test.

Konsol dev kits sendiri adalah hardware khusus yang dibuat oleh produsen konsol seperti PlayStation, Xbox, dan Nintendo untuk didistribusikan ke developer game agar mereka dapat mengembangkan dan menguji game mereka. Untuk mendapatkan dev kits ini, developer game harus membayarnya, namun produsen konsol juga terkadang meminjamkan unit dev kits ini secara gratis.

Share yuk !