Share yuk !

GAMEFINITY.ID, Salatiga – Perkembangan Esports di Indonesia kini memang tengah melesat tinggi. Karir di bidang Esports yang awalnya dinilai sebagai karir yang “tak lazim” sekarang sudah mulai menjadi bidang karir yang mainstream.

Untuk menjaga perkembangan Industri Esports di Indonesia, perlindungan untuk player Esports juga harus dipertimbangkan agar tidak ada kasus perlakuan buruk organisasi Esports terhadap pemainnya. Sekaligus menjaga minat khalayak untuk terjun menjadi player Esports.

Salah satu figur Esports Indonesia yang angkat bicara perihal perlindungan player Esports adalah Donkey. Donkey yang merupakan veteran Esports Mobile Legends mulai mencemaskan kurangnya perlindungan player Esports di Indonesia.

Lewat akun Instagramnya, Donkey menyuarakan kritik dan sarannya tentang perlindungan player Esports di Indonesia. Donkey juga menyarankan agar Indonesia menghadirkan Super Agent untuk pemain Esports Indonesia.

“Dan sejujurnya di Indonesia hak player Esports belum benar-benar dilindungin. Karena belum ada Super Agent seperti di Sepakbola yang ada untuk melindungi player-player tersebut”.

“Gw cuma bela hak-hak player. Nanti kalo kita udah bikin management mau gw pastikan kontraknya pasal-pasalnya gak akan memberatkan player. Dan mereka mempunyai hak untuk memilih lanjut di kita atau pindah ke tim/management lain jika kontraknya habis. Itu yang aku mau perjuangkan dan buktikan”.

“Kita adalah manusia dan kita harus memperlakukan orang lain juga sebagai manusia bukan babu/budak kita. Mereka juga manusia yang mempunyai hak untuk memilih dan berkembang”. Ujar Donkey lewat Insta Storynya.

Talent Management Agency untuk Esports

Saran Donkey perihal Super Agent atau Talent Management Agency memang sangat masuk akal. Kebanyakan para Pro player kurang faham perihal fair agreements dan kontrak. Kehadiran Super Agent memang sangat berguna untuk melindungi player dari kontrak-kontrak yang merugikan.

Tugas dari Agent sendiri adalah merepresentasikan pemain ketika negosiasi kontrak dengan organisasi. Agent bisa mengecek apakah kontrak dari organisasi sesuai dengan apa yang diinginkan player dan tidak merugikan player sama sekali.

Super Agent atau Talent Management Agency untuk Esports memang sudah hadir sejak lama di luar Indonesia. Super Agent di luar negeri tidak hanya menaungi pemain saja, namun juga para streamer dan konten kreator.

Salah satu Super Agent terbesar yaitu Evolved telah bekerjasama dengan berbagai nama-nama besar di bidang Esports baik player maupun streamer. Beberapa pemain dan streamer yang bekerjasama dengan Evolved yaitu xqc, Aui_2000, Daltoosh dan Elevate.

Melihat dari itu, kita berharap tentunya Donkey maupun pihak-pihak lain yang terjun di bidang Esports Indonesia dapat menghadirkan Super Agent Esports di Indonesia. Kehadiran Super Agent Esports dipercaya tidak hanya melindungi para Pro player saja, namun juga turut mengembangkan industri Esports di Indonesia.

Share yuk !