Share yuk !

GAMEFINITY.ID, Jakarta – Teka-teki game esports mana saja yang akan diperlombakan di SEA Games Vietnam 2021 akhirnya mulai terkuak. Rumor yang beredar, akan ada 6 judul video game yang akan dipertandingkan. Ada dua game pengganti dari nomor yang sebelumnya dipertandingkan di SEA Games Filipina 2019, yakni Free Fire dan FIFA Online 4 yang menggantikan posisi Dota 2 dan Tekken 7.

Rumor masuknya Free Fire sebagai salah satu nomor Esports yang diperlombakan di ajang dua tahunan itu diembuskan oleh manajer divisi Free Fire Team NXL, Fisal Junior. Pada akun Instagramnya @nxlfisaljunior46, Minggu (29/11) Fisal mencantumkan screen capture dari game yang akan dipertandingkan di SEA Games 2021. Salah satunya adalah Free Fire.

Vietnam sebagai tuan rumah sekaligus komite memang berhak memilih judul game yang akan diperlombakan. Keputusan ini tentu menimbulkan pro dan kontra di antara para penggemar. Salah satunya terkait jumlah pemain dari negara-negara yang memainkan game yang diperlombakan.

Sekadar informasi, FIFA Online 4 adalah game PC yang dipublikasikan oleh Garena di wilayah Asia Tenggara,. Namun di beberapa negara termasuk Indonesia, game tersebut masih belum dirilis dan masih dalam versi FIFA Online 3. Adapun Dota 2 sebenarnya mempunyai jumlah pemain yang cukup banyak di Asia Tenggara. Jika seandainya diganti dengan Free Fire, maka pasti akan menimbulkan reaksi dari para komunitas, meski komunitas Free Fire kini juga menjadi game yang sedang berkembang pesat.

Kabarnya, empat game lain yang akan dipertandingkan ialah Starcraft 2, Hearthstone, Arena of Valor, dan Mobile Legends: Bang Bang. Starcraft 2 sendiri kurang populer di Asia Tenggara, namun di Vietnam mempunyai banyak pemain profesional. Belum ada pernyataan resmi dari komite penyelenggara SEA Games 2021, yang rencananya akan berlangsung di Hanoi, pada 21 November 2021 hingga 2 Desember 2021. Mari kita lihat, apakah akan ada perubahan nomor game yang dipertandingkan lagi yang akan menguntungkan tuan rumah atau tidak.

Esports sendiri menjadi salah satu nomor baru yang dipertandingkan di pesta olahraga se-Asia Tenggara itu. Nomor ini baru mulai dipertandingkan secara resmi pada 2019, setelah sebelumnya sempat menjadi demonstration event di Asian Games Jakarta-Palembang 2018.

Share yuk !