Share yuk !

GAMEFINITY.ID, Jakarta – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) siap ambil bagian dalam perkembangan Esports tanah air. Keputusan tersebut diambil setelah terselenggaranya Simposium Esports Indonesia yang diselenggarakan di Kantor KONI Pusat di Jakarta pada hari ini (3/9/2019).

Simposium tersebut dihadiri oleh para pelaku Industri Esports mulai dari Publisher Game, Payment Gateaway, Tim Esports, bahkan tiga asosiasi game di Indonesia seperti IeSPA, AGI, dan AVGI. Para pelaku Industri Esports tersebut masing-masing memberikan pandangan dan informasi terkait perkembangan dunia Esports tanah air.

Dari hasil simposium tersebut, terumuskan jika ada beberapa tantangan bagi industri Esports seperti persepsi masyarakat terutama orang tua yang masih memandang sebelah mata jika Esports itu tidak baik dan hanya membuang waktu saja. Tidak hanya itu, saat ini Esports juga masih belum menjadi cabang olahraga resmi di Indonesia. Sehingga, kompetisi Esports masih dilakukan secara sendiri-sendiri. Tak hanya dua tantangan tersebut, tentu saja masih ada tantangan-tantangan lainnya yang akan hadir di Industri ini.

Letjen TNI (Purn) Marciano Norman selaku Ketua Umum dari Koni Pusat
Letjen TNI (Purn) Marciano Norman selaku Ketua Umum dari Koni Pusat (Foto: Fajar/Gamefinity.id)

Untuk itu, melalui simposium ini KONI juga mengungkapkan jika pihaknya akan segera membentuk pengurus besar Esports Indonesia. Induk cabang Esports ini akan terbentuk dengan melibatkan berbagai Stakeholder mulai dari Tim Esports Profesional, Developer Game, Media, Event Organizer, dan juga Asosiasi game di Indonesia. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Letjen TNI (Purn) Marciano Norman selaku Ketua Umum dari Koni Pusat.

“KONI bertekat untuk menata persiapan pembentukan pengurus besar Esports Indonesia. Kita bekerjasama dengan Kementerian Pemuda Olahraga, Kementerian KOMINFO, Kemudian dengan Komite Olimpiade Indonesia dan seluruh Stakeholder Esports Indonesia. Dari situ kita yakin perkembangan Esports di Indonesia ini akan membuat suatu langkah yang sangat maju dan Esports ini sebagai organisasi juga akan betul-betul menjadi organisasi yang dicintai oleh anak muda,” ungkapnya.

Tidak hanya berdiskusi tentang Esports saja, di acara simposium ini KONI juga memberikan penghargaan kepada dua tim Esports ternama di Indonesia yakni RRQ TCN dan Evos Capital yang sudah berhasil membawa nama harum Indonesia di kancah internasional. (FA)

Share yuk !