Share yuk !

GAMEFINITY.ID, JAKARTA – Sejalan dengan komitmen untuk terus mendukung ekosistem esports di Indonesia secara menyeluruh dan berkelanjutan, Garena dengan game Free Fire turut berpartisipasi dalam gelaran olahraga terbesar di taraf nasional Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua sebagai salah satu titel cabang olahraga (cabor) esports yang dipertandingkan dalam format eksibisi.

Sejak pendaftaran PON XX Papua untuk Free Fire resmi dibuka pada 20 Agustus silam, telah tercatat lebih dari 17,010 pendaftar yang bergabung dan unjuk kebolehannya masing-masing dalam babak Pra-PON. Setelah pertandingan sengit yang terbagi dalam 3 grup dan satu kelompok wildcard pra-PON, kini telah terpilih 11 tim wakil dari berbagai provinsi yang berhasil lolos ke babak Final PON XX Papua.

Sebelas tim ini berhak untuk berangkat ke Papua dan bertanding secara offline untuk memperebutkan gelar juara dari PON XX Papua. Wakil Papua yaitu Papua Barat tidak akan mengikuti babak Pra PON dan langsung lolos otomatis sebagai tuan rumah.

Berikut 12 tim Free Fire yang akan bertanding di Final PON XX Papua:

  1. DKI Jakarta
  2. Riau
  3. Lampung
  4. Bengkulu
  5. Sumatera Utara
  6. Bangka Belitung
  7. Nusa Tenggara Timur
  8. Sulawesi Tengah
  9. Sulawesi Tenggara
  10. Maluku
  11. Maluku Utara
  12. Papua Barat

Pertandingan berjalan sengit di seluruh grup maupun di wildcard match, di mana Bangka Belitung lolos dengan 41 poin, terpaut 1 poin dengan posisi kedua yaitu Sumatera Utara. TAUHD dari tim Sulawesi Tenggara menjadi pemain unggulan yang berhasil mengumpulkan 20 total point kill, atau kill terbanyak selama babak pra-PON. Perolehan point kill tertinggi berikutnya hanya berkisar pada 10 poin.

Ajang eksibisi Free Fire di PON XX Papua nantinya akan diselenggarakan di Lapangan Hoki & Kriket di Doyo Baru, Jayapura pada 25 September 2021 (Day 1) dan 26 September 2021 (Day 2) dengan masing-masing 5 ronde. Format pertandingan yang digunakan pada saat PON Free Fire yakni Best-of-10 dengan sistem poin mengikuti peraturan umum yang juga berlaku pada turnamen nasional Free Fire lainnya seperti Free Fire Master League Season IV 2021 yang sedang berjalan.

Final PON XX Papua cabang olahraga esports Free Fire dapat disaksilan melalui tayangan live stream pada channel Youtube Official dari Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI).

Share yuk !