Share yuk !

GAMEFINITY.ID, Jakarta – Pertumbuhan luar biasa ditunjukan oleh industri game melalui eSports. Pertahunnya, eSports menunjukan angka pertumbuhan yang luar biasa terutama dari segi peningkatan penikmat eSports. Tingginya penikmat eSports tersebut tentu saja berkontribusi langsung terhadap pertumbuhan pendapatan para stakeholder yang berkecimpung dalam industri ini.

Brand tentu saja melihat potensi besar ini demi menjangkau target marketnya. Mereka akhirnya berani berinvestasi dalam angka yang cukup besar di industri eSports. Bahkan ada sebuah data yang memprediksi jika eSports akan memiliki jumlah penikmat setara 2 kali lipat penduduk Indonesia.

Data tersebut kami dapatkan dari Newzoo, sebuah perusahaan analisa industri game. Sejak 2016, peningkatan signifikan dari segi penikmat eSports sudah mulai terlihat. Baik dari segment penikmat eSports casual ataupun enthusiast. Antara tahun 2016 ke 2017, ada peningkatan sebesar 19,3% pertahunnya. Di tahun 2017, tercatat ada 192 juta orang penikmat eSports kasual dan 143 juta penikmat eSports kelas enthusiast. Sehingga total penontonnya menjadi 335 juta di tahun 2017.

Pertumbuhan Audience eSports Global (Foto: Istimewa/Gamefinity.id)

Sayangnya, di tahun 2018 tingkat pertumbuhan eSports tahun ke tahun menurun di angka 13,8%. Di tahun tersebut, tercatat ada total penikmat eSports sebesar 380 juta orang baik dari segmen kasual maupun enthusiast.

Nah yang paling menarik, di tahun 2021 Newzoo memperkirakan jika pertumbuhan penikmat eSports akan tumbuh sangat pesat bahkan mencapai 14%. Jumlah penikmat eSports ini diperkirakan akan mencapai total 557 juta orang. Angka tersebut tentu saja sangat fantastis bahkan bisa dibilang sudah setara dengan 2 kali lipat penduduk Indonesia.

Di Indonesia sendiri eSports sudah cukup bertumbuh begitu pesat. Newzoo juga pernah merilis data jika eSports Indonesia per Januari 2019 sudah berkontribusi pendapatan sekitar USD 1.084 juta atau setara dengan Rp. 15 triliun.

Share yuk !