Share yuk !

GAMEFINITY.ID, Jakarta – Grand final PUBG Mobile Global Championship (PMGC) 2020 telah berakhir. Tim asal China, Nova Esports keluar sebagai juara, diikuti kompatriotnya 4 Angry Men sebagai runner-up dan Zeus Esports dari Mongolia sebagai runner-up kedua. Dua tim asal Indonesia, Bigetron RA dan Aerowolf Limax berada di posisi 5 dan 13 klasemen akhir turnamen.

Kompetisi yang awalnya direncanakan berlangsung offline di Stadion Coca Coca di Dubai, Uni Emirat Arab diubah menjadi turnamen online, setelah tiga pemain dinyatakan positif COVID-19. Para pemain kemudian berkompetisi dalam isolasi dari kamar hotel masing-masing, menggunakan jaringan internet khusus. Terlepas dari berbagai kendala, penonton rupanya masih menikmati turnamen ini.

Hal ini terbukti dari rekor jumlah penonton, yang mencapai penonton puncak (peak) sebanyak 3,8 juta. Masing-masing pemain dari 16 tim yang berlaga memang menampilkan keahlian mereka yang spektakuler, dengan permainan terbaik dan pertarungan sengit.

Menurut situs statistik Esports Charts, turnamen ini memiliki penonton rata-rata 528.819, dan total waktu tayang 122 jam. Kompetisi ini ditonton selama lebih dari 64 juta jam secara kolektif. Data tersebut termasuk statistik dalam game dari Nimo TV serta penayangan dari platform streaming lain, seperti YouTube, Facebook, dan Twitch.

Setelah memecahkan rekor pada hari pertama, final hari kedua juga mencatatkan puncak penayangan 1,9 juta dan rata-rata penayangan sekitar 1,2 juta. Selama hari ketiga, jumlahnya melonjak lagi dan rekor penayangan puncak mencapai 2,3 juta. Rata-rata penayangan pada hari itu mencapai 1,37 Juta.

Hari terakhir kejuaraan menjadi lebih menarik dalam hal gameplay dan intensitas, yang turut berimbas pada meningkatnya puncak penayangan menjadi 2,9 juta, dengan rata-rata penonton 1,59 juta pemirsa. Angka-angka yang memecahkan rekor ini menunjukkan pertumbuhan PUBG Mobile Esports secara keseluruhan. Tentinya menarik untuk melihat apa yang terjadi di musim 2021.

Share yuk !