Sambut Apresiasi Gamers, PBESI Hadirkan PUBG Mobile dan Pertandingan Persahabatan Lokapala di Esports PON XX Papua

Fajar Arifin, 25 Agustus 2021

Sambut Apresiasi Gamers, PBESI Hadirkan PUBG Mobile dan Pertandingan Persahabatan Lokapala di Esports PON XX PapuaEsports
Banner Ads

GAMEFINITY.ID, Jakarta – Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI) mengumumkan masuknya PUBG Mobile dalam gim yang akan dipertandingkan dalam Ekshibisi Esports PON XX Papua serta diselenggarakannya pertandingan persahabatan untuk gim Lokapala: Saga of the Six Realms bersamaan dengan ekhsibisi tersebut.

Pertandingan persahabatan Lokapala tersebut sangat ditunggu banyak kalangan. Bukan tanpa sebab, Lokapala adalah game bergenre MOBA yang merupakan gim karya pengembang asli anak bangsa, Anantarupa Studios. Beragam konten seperti karakter, skin dan event banyak terinspirasi dari budaya lokal asli Indonesia. Tak hanya sekedar bermain, gim Lokapala juga menjadi edukasi budaya Indonesia untuk para pemainnya.

Tingginya aspirasi komunitas gim Lokapala dan dukungan kuat dari pemerintah untuk memajukan industri game lokal menjadi alasan diselenggarakannya pertandingan persahabatan Lokapala bersamaan dengan ekshibisi esports PON Papua XX 2021. Ketua Harian PBESI Komisaris Jenderal Pol. Drs. Bambang Sunarwibowo, S.H., M.Hum. menyatakan, “Masuknya Lokapala sebagai friendly match atau laga persahabatan dalam Ekshibisi PON ke XX di Papua tahun 2021, tak lepas dari aspirasi dan antusiasme gamers esports yang ingin gim lokal ini dihadirkan. Hal ini juga merupakan realisasi dukungan PBESI terhadap industri pengembangan gim lokal. Kami percaya, industri gim nasional memiliki potensi yang besar untuk go internasional, sehingga harus selalu kita dukung bersama”

Anantarupa Studios sebagai pengembang gim Lokapala juga sudah menyatakan komitmen penuhnya untuk mendukung gelaran ini. CEO Anantarupa Ivan Chen menyatakan “Saya
mewakili segenap tim pengembang Lokapala berterimakasih kepada PB Esports Indonesia atas dukungannya terhadap Lokapala, game esports pertama buatan Indonesia sehingga Lokapala digunakan untuk pertandingan persahabatan dalam ekshibisi esports PON XX Papua. Jika PON pertama di Surakarta untuk menunjukkan kedaulatan Indonesia di mata dunia, maka hadirnya pertandingan persahabatan Lokapala bersamaan dengan diselenggarakannya ekshibisi esports PON XX Papua merupakan sebuah pernyataan bahwa Indonesia juga berdaulat di dalam industri game esports.”

Pertandingan persahabatan gim Lokapala dijalankan dalam format turnamen nasional. Pendaftaran babak kualifikasi Pertandingan Persahabatan Lokapala sudah dibuka pada 22 Agustus 2021 di platform Garudaku.com. Pertandingannya sendiri akan berlangsung pada 6-7 September 2021. Untuk mempermudah pendaftaran, tim yang mendaftar diperbolehkan berasal dari provinsi yang berbeda. Nantinya, finalis akan diberangkatkan ke Papua untuk memperebutkan hadiah total Rp200.000.000.

Kehadiran esports sebagai cabor eksibisi Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021 itu sendiri merupakan sebuah sejarah. Tahun ini merupakan pertama kalinya esports dipertandingkan sebagai sebuah cabang olahraga di PON. Sebelumnya, PBESI juga telah mengumumkan tiga gim dalam Press Conference hari Rabu (18/8) kemarin, yaitu Free Fire, Mobile Legends dan eFootball PES 2021. Namun demikian, dalam rangka menyambut aspirasi gamers Indonesia dan sekaligus untuk menjaring lebih banyak atlet berprestasi di bidang Esports, PBESI mengikutsertakan PUBG Mobile dalam ekshibisi Esports pada PON ke XX.

Seperti yang diketahui PUBG Mobile merupakan salah satu gim battle royale paling populer di dunia. Aswin Atonie, Country Manager Tencent Games menyatakan, “kami sangat mengapresiasi PBESI yang telah membantu esports untuk pertama kalinya masuk ke PON XX 2020. Tencent Games menyadari bahwa PON merupakan perhelatan olahraga terbesar dan paling prestisius di Indonesia dalam tingkat nasional dan siap untuk mendukung penuh kesuksesan PON XX 2020.”

author avatar
Fajar Arifin

Fajar Arifin a.k.a Wa Brontok, bapac yang aktif bermain gim asal anak dan istri sudah tidur ini masih tetap setia bekerja di industri gim sejak tahun 2015. Di Gamefinity, Fajar berperan sebagai tukang ketik yang menyajikan informasi seputar gim dan Esports. Kalau kamu suka konten dari Fajar, yuk sawer dia melalui link berikut saweria.co/gamefinity

Share Artikel:
Banner Ads

Post Terkait: