Selama Pandemi, Unduhan dan Transaksi Voucher Game Online di Indonesia Meningkat

Thomas Rizal, 24 November 2020

Selama Pandemi, Unduhan dan Transaksi Voucher Game Online di Indonesia MeningkatEsports
Banner Ads

GAMEFINITY.ID, Jakarta – Unduhan game dan transaksi voucher online di Indonesia mengalami peningkatan selama pandemi COVID-19 berlangsung. Unduhan games online naik 75 persen pada kuartal I/2020 dibanding tahun sebelumnya, dengan transaksi voucher menempati peringkat ke-12 di pasar gaming dunia dengan total pemain aktif 62,1 juta orang, yang diprediksi mencapai 100 juta tahun ini.

Fenomena itu memberikan manfaat signifikan terhadap peningkatan transaksi digital yang terjadi selama pandemi. Salah satunya penjualan voucher online games dari layanan Payment Point Online Bank (PPOB) milik PT Reksa Transaksi Payment Point atau Ottopay yang meningkat rata-rata 10 kali lipat.

“Kami melihat bahwa online games yang semakin banyak penggemarnya selama masa pandemi ini akan menjadi lebih dari sekadar hobi, tetapi juga menumbuhkan potensi pemain game aktif yang nantinya berkontribusi dalam turnamen Eports,” kata Product Business Manager PT Reksa Transaksi Sukses Makmur, Tommy Renato, dikutip dari ANTARA.

OttoPay melihat tren e-sports sebagai peluang untuk membantu mitra perusahaan yang sebagian besar UMKM, dengan memanfaatkan fitur PPOB khususnya voucher online games agar dapat meningkatkan pemasukan mitra selama pandemi. Sejak Januari hingga Oktober 2020, kenaikan transaksi dari penjualan voucher online games mencapai 82% atau rata-rata 10 kali lipat. Hingga Oktober, peningkatan mitra aktif terjadi sebanyak 400 persen, dengan momen paling signifikan pada bulan Mei 2020 yang mencapai 68 persen.

Dari lonjakan transaksi voucher online games oleh Mitra OttoPay yang tersebar di seluruh Indonesia, tercatat peningkatan paling besar terjadi di lima wilayah, yaitu DKI Jakarta (2.500 persen), Jawa Timur (1.800 persen), Sulawesi Selatan (1.300 persen), Banten (750 persen), dan Jawa Barat (540 persen). Melalui fitur PPOB voucher online games ini, Mitra OttoPay bisa menawarkan voucher untuk Free Fire, Mobile Legend, Ragnarok, AOV, Speed Drifters, dan Battle Grounds.

Dari semua games tersebut, Free Fire adalah yang paling banyak diminati dan menguasai lebih 70 persen dari keseluruhan transaksi voucher. Dengan aktifnya mitra perusahaan dalam transaksi PPOB selama masa pandemi, OttoPay juga makin aktif mendampingi mitranya sehingga proses transaksi berjalan kian optimal. OttoPay optimistis masa pandemi bukan penghalang bagi mitra UMKM untuk memperluas bidang usaha, sebab industri e-sport, games online, dan UMKM dapat saling mendukung dan menjadi sebuah solusi di masa pandemi ini.

author avatar
Thomas Rizal
Update terus isu-isu terkini di GAMEFINITY.ID!
Share Artikel:
Banner Ads

Post Terkait: