Share yuk !

GAMEFINITY.ID, Purworejo – Kalian mungkin sudah tau kalau sekarang VGA menjadi barang yang langka. Bagaimana tidak, dengan stok yang terbatas dan harga yang sudah tidak masuk akal, membuat kita para gamer kesulitan mendapatkannya.

Langkanya VGA salah satunya disebabkan oleh maraknya penambang cryptocurrency akhir-akhir ini. Naiknya harga cryptocurrency membuat para miner berbondong-bondong memborong VGA dalam jumlah banyak.

Menurut laporan terbaru dari Jon Peddie Research, diperkirakan sebanyak 700 ribu VGA diborong oleh para miner di awal tahun 2021 saja. Jumlah ini merupakan sekitar 25% dari seluruh VGA yang dijual. VGA yang diborong oleh miner ini adalah VGA kelas atas dan menengah yang bernilai sekitar $500 juta atau sekitar 7,2 triliun Rupiah.

VGA

Laporan ini hanya diperkirakan dari para miner besar yang mempunyai mining farm, bukan dari orang yang ikut-ikutan mining saja dalam skala kecil.

Menanggapi hal ini, AMD dan Nvidia mempunyai sikap yang berbeda. Nvidia bergerak cepat dengan meluncurkan VGA khusus mining yang diberi nama Nvidia CMP (Cryptocurrency Mining Processor). Selain itu, Nvidia juga membatasi hash rate di sebagian besar VGA RTX 30 series. Di sisi lain AMD tidak melakukan apapun dan menganggap para miner juga merupakan pelanggannya juga.

Namun, mining bukan satu-satunya penyebab VGA menjadi langka dan harganya naik. Pandemi COVID 19 juga memaksa banyak pabrik tutup dan mengganggu produksi komponen dari pembuat VGA. Selain itu hadirnya scalper juga sangat meresahkan dan memaksa kita membeli VGA dengan harga yang mahal.

Share yuk !